HOME, Keluarga

Tak Jadi Sumber Penyakit, Ini Cara Menjaga Kebersihan Kamar Mandi di Rumah

Tak Jadi Sumber Penyakit, Ini Cara Menjaga Kebersihan Kamar Mandi di Rumah

MOMSMONEY.ID - Dari seluruh area yang ada di rumah Anda, kamar mandi merupakan salah satu tempat yang rawan menjadi sarang kuman dan bakteri.

Jadi, kamar mandi perlu dijaga kebersihannya supaya tidak menjadi sumber penyebaran kuman, bakteri, dan partikel merugikan lainnya, terutama di masa pandemi seperti ini.

Walaupun terdengar merepotkan, sebenarnya menjaga kebersihan kamar mandi tidak sulit, kok. Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan supaya kamar mandi di rumah senantiasa bersih, sehingga makin nyaman digunakan.

Yuk, simak tips untuk menjaga kebersihan kamar mandi di bawah ini!

Baca Juga: 6 Benda di Kamar Tidur Ini Mudah Kotor, Perlu Rutin Dibersihkan!

Ganti sabun batang dengan sabun cair

Dikutip dari Good Housekeeping, salah satu cara termudah untuk menjaga kebersihan kamar mandi adalah dengan mengganti sabun batang dengan sabun cair, terutama untuk mencuci tangan.

Mengapa? Sebab, sabun batang mudah sekali menjadi sarang kuman dan bakteri, sehingga mudah berpindah ke tangan orang lain. Jadi, untuk mencegah penyebaran kuman, lebih baik ganti sabun batang Anda dengan sabun cair di dalam botol pump.

Kurangi kelembapan di kamar mandi

Kelembapan merupakan sumber utama munculnya lumut dan jamur yang dapat mengotori kamar mandi. Tak hanya itu, jamur dan lumut juga menyebarkan spora yang dapat mengganggu kesehatan.

Untuk mengurangi kelembapan di kamar mandi, Anda dapat menggunakan sikat karet atau wiper untuk menyingkirkan embun dan cipratan air yang menempel di dinding. Selain itu, membuka pintu kamar mandi jika tidak digunakan juga dapat membantu mengeringkan kamar mandi dengan cepat.

Baca Juga: Mau Mencoba Decluttering? Ini Tips Mudahnya untuk Pemula

Ganti keset kamar mandi secara rutin

Keset kamar mandi merupakan salah satu benda di kamar mandi yang mudah kotor hanya dalam hitungan hari. Supaya tidak menyebarkan kotoran, kuman, dan bakteri, keset kamar mandi perlu diganti secara rutin.

Mengutip One Happy Housewife, Anda dapat mengganti dan mencuci keset kamar mandi setidaknya sekali dalam dua minggu. Dengan demikian, keset kamar mandi akan terasa seperti baru setiap kali selesai dicuci sehingga Anda tak perlu jijik saat menggunakan keset.

Baca Juga: Ini Benda-Benda yang Mudah Kotor di Ruang Keluarga, Yuk Rajin Bersihkan!

Bersihkan kloset, wastafel, dan bak mandi secara rutin

Sebagai tiga area yang penting di kamar mandi, tak heran bila kloset, wastafel, dan bak mandi cepat menjadi kotor. Jika tidak dibersihkan secara rutin, ketiga area tersebut tentu dapat terlihat kotor dan menjadi sarang penyakit.

Anda dapat mengelap permukaan wastafel setiap kali selesai digunakan. Selain itu, sikat kloset dan bak mandi secara rutin dengan produk kebersihan andalan Anda supaya selalu bersih.

Disinfeksi permukaan kamar mandi bila perlu

Di masa pandemi seperti ini, mendisinfeksi kamar mandi merupakan langkah tambahan yang bisa dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus, kuman, dan bakteri.

Dilansir dari Apartment Therapy, Anda bisa melakukan disinfeksi hanya setelah selesai membersihkan kamar mandi. Gunakan disinfektan dan semprotkan pada beberapa area, seperti pegangan pintu, keran, dan dudukan kloset.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News