HOME, Keluarga

Bersihkan Setrika yang Lengket dengan Cara Ini, Mudah Dipraktekkan!

Bersihkan Setrika yang Lengket dengan Cara Ini, Mudah Dipraktekkan!

MOMSMONEY.ID - Membersihkan setrika yang lengket kadang dianggap sebagai kegiatan yang merepotkan. Namun, jika tidak segera dibersihkan, setrika yang lengket malah akan menghambat kegiatan menyetrika itu sendiri, moms.

Untungnya, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk membersihkan setrika lengket tanpa harus menggunakan cairan atau alat khusus.

Moms hanya tinggal menggunakan dua bahan saja, yaitu garam dan kertas. Ya, dengan dua bahan yang pasti tersedia di rumah tersebut, moms bisa membersihkan setrika lengket dengan cepat.

Baca Juga: Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Gigi Anda

Dilansir dari Architectural Digest dan Ideal Home UK, berikut cara mudah membersihkan setrika yang lengket dengan garam dan kertas.

Pertama, siapkan garam dan kertas. Garam apa saja boleh digunakan, namun akan lebih baik jika moms menggunakan jenis garam dengan butiran yang lebih besar supaya bisa mengikis kotoran di permukaan setrika dengan lebih baik.

Supaya tidak membuang-buang kertas, Moms bisa menggunakan kertas koran bekas. Namun, jika tidak ada, kertas apa saja bisa digunakan.

Kedua, panaskan setrika sampai hangat. Hati-hati saat memanaskan setrika agar tidak membakar kulit.

Ketiga, taburkan garam secara merata hingga menutupi permukaan kertas. Ukuran kertas bisa disesuaikan dengan alas setrika dengan cara dilipat.

Selain itu, Moms bisa menumpuk kertas menjadi beberapa lapis supaya tidak kusut saat membersihkan setrika.

Baca Juga: Moms, Ini Alternatif Produk Rumah Tangga yang Ramah Lingkungan

Keempat, gosok-gosokkan setrika di atas kertas yang sudah ditaburi garam. Butiran garam yang kasar akan merontokkan kotoran dari permukaan setrika, sehingga setrika akan halus lagi.

Ulangi menggosok setrika beberapa kali sampai semua kotorannya terlepas, lalu cabut setrika dan biarkan dingin.

Kelima, lap permukaan setrika dengan kain yang dibasahi sedikit air untuk membersihkan sisa kotoran dan garam yang mungkin masih menempel di permukaan setrika.

Nah, setelah dibersihkan, permukaan setrika yang lengket kembali mulus dan siap digunakan seperti baru.

Bagaimana moms, tidak sulit kan membersihkan setrika yang lengket? Selamat mencoba, ya!

Selanjutnya: Moms, Ini Tiga Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News