Santai

Gurihnya Sroto ala Kota Hujan di Soto Khas Sokaraja

Gurihnya Sroto ala Kota Hujan di Soto Khas Sokaraja

MOMSMONEY.ID - Yang lagi di Bogor dan kangen sroto sokaraja, mampir di Soto Khas Sokaraja yang ada di Cibinong, yuk.

Salah satu kuliner otentik nusantara yang berkuah dengan bahan dasar kaldu daging adalah sroto. Menu khas Banyumas, Jawa Tengah cocok disantap dalam segala suasana. 

Sroto Sokaraja, demikian olahan daging yang diguyur kuah ini umumnya disebut

Nah, di Bogor, Jawa Barat ada warung sroto yang populer dengan kenikmatannya. Namanya Soto Khas Sokaraja yang beralamat di Jalan Raya Bogor KM 47,5 Cibinong, Bogor. 

Warung sroto ini sudah berdiri sejak tahun 2012. Meski tempatnya sederhana dan tak begitu luas, sroto ini sudah jadi langganan para pegolf yang sedang mengayunkan stiknya di lapangan golf yang ada di Sentul, Bogor.

"Kalau buat yang golf biasanya order saja di sini. Lalu nanti disajikan di lapangan golf di Sentul," terang Kento, pengelola warung Sroto Khas Sokaraja. Para pelanggan dari Sentul itu, minimal pesan 100 porsi.

Baca Juga: Cicip Kopi Lokal di Togu Coffee Roastery

Kenikmatan sroto ini diakui oleh Purwanto, seorang pembeli yang mengaku asal Banyumas, Jawa Tengah. 

"Obat kangen kampung halaman. Malahan ini lebih enak ketimbang yang pernah saya makan di kampung saya," terang pria berkepala plontos itu seraya mengelap mulutnya dengan tisu. 

Kris, pengunjung yang lain juga mengakui kenikmatan sroto racikan Kento. Sebagai warga pendatang asal Yogyakarta, awalnya Kris agak ragu mencoba sroto. 

"Agak aneh saja, ada menu kayak soto gini kok dicampur sama sambal kacang. Eh ternyata enak, akhirnya jadi pelanggan," kata Kris sambil tertawa. 

Sejauh pengamatan Kontan, warung sroto ini memang tidak melulu langsung penuh sekalipun kursi dan meja yang disiapkan hanya menampung 10 sampai 12 pembeli. 

Tapi memang pembeli datang dan pergi, jadi ya tak pernah sepi. Antara pembeli yang dimakan ditempat dan dibawa pulang, cukup seimbang. 

Baca Juga: Cicip Beragam Soto Racikan Pak J di Soto Pak J, Ada Soto Betawi Bakar

Nah langsung pesan, yuk!

Untuk menunya, Anda bisa pilih sroto daging sapi atau daging ayam. Untuk sroto daging sapi, Anda bisa pesan hanya daging saja atau bisa campur dengan jeroan. Jeroan yang dipakai adalah babat. 

"Kalau mau sroto ayam, kami sudah siap sejak jam 8 pagi. Tapi kalau mau sroto daging baru siap jam 9 pagi," terang Kento ramah. 

Dalam semangkok sroto daging sapi campur babat olahan Kento terdiri dari potongan daging sapi dan potongan babat, tauge, daun bawang, potongan ketupat, kerupuk, irisan daun bawang, dan taburan bawang goreng. 

Sementara sambal kacangnya disajikan terpisah. Setiap porsi sroto akan mendapatkan semangkok sambal kacang. 

Kuah sroto ini sekalipun dipanasi terus di panci berukuran besar tapi ketika disajikan tak begitu panas. Meski begitu tidak mengurangi kenikmatannya, justru makin cepat bisa dinikmati. 

Baca Juga: Jajal Gurihnya Sop Iga Sapi Haji Yati

Meski tidak terlalu panas dan tampilannya begitu sederhana, aroma kaldunya begitu kuat. Aroma itu semakin wangi dan kuat karena berpadu dengan aroma bawang goreng. Benar-benar bikin tak sabar untuk menyendoknya. 

Benar saja, kuahnya segar banget. Gurih, kaldunya kuat sekali. Dagingnya juga empuk dan lembut. Daging dan kuah   benar-benar menyatu dengan bumbunya. 

Irisan babat di dalamnya juga gurih dan terasa kriuk, yang pasti sudah bebas prengus, ya. 

Biar makin klop jangan lupakan bumbu kacangnya. Tuang saja bumbu kacang sesuai selera ke kuah sroto lalu campur rata. 

Sensasi gurih bercampur bumbu kacang, benar-benar unik. tetap segar dan ada sensasi sedikit pedas. 

"Kalau mau ada pedasnya tinggal tambah bumbu kacangnya. Memang tidak terlalu pedas hanya nambah kekuatan rasa saja," ujar Kento. 

Baca Juga: Cicip Kuliner Khas Nusantara di Kedaung Kalula, Ciputat

Rebus tiga jam

Kento menerangkan, daging sapi di dalam sroto empuk karena dia merebusnya minimal 3 jam. Daging yang digunakan bagian sengkel. 

Sementara kuah yang gurih dan bening karena dia hanya menggunakan tulang sumsum. Tidak ada campuran lemak pada kuahnya.

Oh iya, Anda bisa memilih karbonya, mau ketupat ataupun nasi ya. Jika memilih ketupat maka akan disajikan bercampur dalam isian sroto yang lain. Sementara jika memilih nasi akan disajikan terpisah. 

Kalau Anda mau lebih kenyang, sebaiknya pesan nasi saja karena porsinya lebih banyak ketimbang pesan dengan ketupat.

Sroto Khas Sokaraja
Jl. Raya Bogor Km 47,5 Nanggewer Cibinong Bogor
0813-2791-1522
Koordinat GPS: -6.5113106,106.7719176,12

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News