Santai

Cicip Beragam Soto Racikan Pak J di Soto Pak J, Ada Soto Betawi Bakar

Cicip Beragam Soto Racikan Pak J di Soto Pak J, Ada Soto Betawi Bakar

MOMSMONEY.ID - Kedai Soto Pak J di Modernland jadi tujuan mereka yang lapar di Kota Tangerang. Menu andalan adalah soto betawi bakar. 

Soto Pak J hampir selalu ada pembelinya. Lebih lagi, kalau Anda datang pas jam makan siang, kursi di kedai ini penuh orang.

Kedai ini memang jadi tujuan para karyawan kantor sekitar untuk makan siang. Lokasi yang tidak jauh dari beberapa sekolah dan menu yang relatif aman diterima semua umur, tampaknya jadi pertimbangan orang untuk datang ke Soto Pak J. 

Vivi, istri Pak Johny alias J yang adalah pemilik kedai, mengatakan, seluruh menu yang ditawarkan memang dibuat untuk semua kalangan pengunjung.

"Kami ingin mulai usia anak-anak sampai orang yang sudah tua bisa makan di sini," kata dia. 

Baca Juga: Lidah Bergoyang di Rumah Makan Goyang Lidah Morowali

Nah, karena jadi tujuan orang untuk makan siang, tentu saja, rasa makanannya harus enak pula. Seperti apa sih, menu yang bisa diterima semua kalangan ini? 

Mencermati daftar menu, ada soto betawi bakar, oseng-oseng daging, serta soto campur yang jadi favorit pengunjung. Coba pesan tiga menu itu.

Anda bisa bebas menentukan porsi makanan, mau yang porsi besar untuk sharing atau porsi reguler yang cukup disantap sendiri saja.  

Sembari menunggu makanan disiapkan, bisa ngemil otak-otak ikan yang langsung disediakan saat duduk. Seporsi otak-otak di sini, banderolnya Rp 30.000 isi 5 biji. 

Baca Juga: Ngopi Mantap di Warung Kopi Asiang yang Legendaris di Pontianak

Dagingnya renyah

Mari tengok semangkok soto betawi bakar yang sudah sampai di meja. Menurut Vivi, menu ini paling laris dipesan pengunjung. Aroma rempah-rempah menguar kala mangkuk soto ini mendarat.

Harum daging sapi yang dibakar juga tercium  hingga ke hidung. Anda akan melihat semangkuk soto berisi kuah dan irisan daun bawang, potongan tomat dan emping melinjo. Bersamaan dengan mangkuk kuah ini, disajikan piring berisi daging sapi bakar. 

Kuah soto yang berwarna putih itu terasa gurih bercampur manis. Berbeda dengan kuah soto lain, Vivi bilang, ia menggunakan campuran krimer untuk kuah agar berasa gurih, jadi bukan santan atau susu. 

Kuah soto yang gurih ini, memang pas sebagai pengiring daging bakar yang disajikan terpisah tadi. Cobalah santap dengan nasi hangat.  Satu porsi soto betawi bakar yang porsi  besar dibanderol  Rp 57.000.

Sembari menyantap soto betawi, tak ada salahnya diiringi dengan oseng-oseng daging. Vivi menjelaskan, menu ini merupakan tumisan daging, dengan irisan tomat yang ditaburi daun bawang. Untuk oseng daging porsi reguler, Anda harus merogoh kocek Rp 42.000.

Baca Juga: Pecak Mpok Minun Bikin Lidah Berdecak

Meski namanya oseng daging, rasanya tak kalah dengan soto betawi bakar. Saat Anda melahapnya, daging sengkel ini  empuk dan lembut. Tak ada perlawanan saat digigit dengan kuah soto dan nasi.

Masih belum puas? Ada menu lain yang juga banyak dipesan, yakni soto campur. Rasanya mirip soto betawi bakar, kecuali dagingnya disajikan dalam mangkuk soto, alias tidak dibakar lebih dulu. 

Jangan lupa, campurkan perasan jeruk limau dan sambal, biar rasanya lebih menggigit, ya.

Vivi menuturkan  menu soto yang mereka sajikan di resto Soto Pak J, sebenarnya sama dengan rasa soto betawi pada umumnya. "Hanya beda porsi saja," ucapnya.

Selain itu, Vivi juga berupaya menyajikan menu  yang lebih sehat karena tidak mengunakan pemanis buatan serta minyak yang berlebihan. "Jadi, diusahakan rendah kolesterol," celetuk Vivi sambil tersenyum.

Baca Juga: Jajal Gurihnya Sop Iga Sapi Haji Yati

Selain aneka soto tadi, Vivi bilang, sate ayam juga jadi pilihan para pembeli yang datang. Di dapur, mereka meracik bumbu kacang sendiri untuk sate ayam itu. "Bumbu kacangnya itu racikan sendiri," kata Vivi.

Jika Anda ingin mencicipi soto racikan Pak J ini, warung mereka buka setiap hari, mulai jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

Soto Pak J
Kompleks Ruko Modernwalk Blok MW No.12 Modernland, Tangerang 
Telp 081210953103
Koordinat GPS: -6.19936824146797

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News