Gerakkan Bisnis, Kimia Farma Gelar Pelatihan untuk UMKM

Reporter: Jane Aprilyani
Kamis, 16 September 2021 | 23:00 WIB
Gerakkan Bisnis, Kimia Farma Gelar Pelatihan untuk UMKM

ILUSTRASI. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar bazar multi produk di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Pluit, Jakarta Utara.

MOMSMONEY.ID - Pandemi memang banyak meluluhlantakkan lini bisnis di tanah air. Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mempertahankan kondisi perekonomian Indonesia. Salah satunya adalah dengan mendukung para pelaku UMKM. Sejalan dengan upaya pemerintah tersebut, Kimia Farma memberikan dukungan untuk pelaku UMKM melalui Pemberdayaan dan Pendampingan UMKM, Program UMKM Academy Kimia Farma Batch 2.0 tahun ini. 

Program ini bertujuan mendukung tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat, dengan harapan tumbuh kembang pelaku entrepreneur di Indonesia akan semakin berkembang pesat, khususnya di masa pandemi Covid-19. Selain itu juga, Program UMKM Academy ini dibuat untuk mencapai target Pelaku UMKM Naik Kelas di tahun 2021.

Program UMKM Academy Batch 2.0 diikuti oleh 30 pelaku UMKM dari bidang Wellness, Fashion, dan Craft yang telah lolos tahap seleksi dan kurasi. Pelaku UMKM yang juga merupakan Mitra Binaan Kimia Farma ini tengah mengikuti sistem inkubasi bisnis yang menitikberatkan pada upaya perbaikan sistem kelembagaan (capacity building) dan aspek manajerial UMKM yang dilakukan secara intensif serta berkelanjutan dengan melibatkan secara aktif konsultan-konsultan UMKM professional.

Baca Juga: IHSG Ditutup Lunglai Hari Ini, Kamis (16/9)

Selama mengikuti Program, peserta UMKM Academy Batch 2.0 mendapatkan fasilitas berupa modul dan bantuan dalam pengurusan legalitas usahanya. Modul yang akan didapatkan oleh peserta antara lain terkait Entrepreneur Mindset, Business Plan & Strategy, Permodalan, Keuangan, dan Perpajakan UMKM, Digital Marketing, Branding Strategy, Merk, Logo, Tag Line, Packaging, Catching Photography, Sertifikasi dan Legalitas Usaha, Soft Skills Competencies Leadership, Communication and Presentation Skill, Negotiation & Lobbying Skills, dan Business Etiquette.

Sedangkan pengurusan legalitas usaha yang akan dibantu berupa Sertifikasi Merek, BPOM, Halal, UD/CV/PT, dan IUMK/NIB bagi UMKM terbaik dalam kegiatan pendampingan Program UMKM Academy Batch 2.0.

Direktur Umum dan Human Capital Kimia Farma, Dharma Syahputra menyampaikan bahwa berbeda dengan tahun sebelumnya, di program UMKM Academy Batch 2.0, Kimia Farma melakukan pendampingan dengan sistem inkubasi menggunakan pendekatan Day to Day 3P yaitu Proaktif dan Intensif, Praktis dan Aplikatif dan Pendekatan Personil.

Baca Juga: Berkesan Vintage dan Manis, Berikut Inspirasi Kamar Tidur Gaya Shabby Chic

"Program UMKM Academy pada dasarnya dibuat sebagai bentuk implementasi dari Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8, yakni pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif. Oleh karena itu, kami berharap dengan diadakannya kembali program ini dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan Pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya," ujar Dharma Syahputra.

Salah satu pelaku UMKM yang mengikuti Program UMKM Academy Batch 2.0 ini adalah Emmie, pelaku usaha bidang Wellness, Sabun Herbal Famila yang berlokasi di Kalibata Jakarta Selatan.

“Selama pandemi banyak dari kami yang harus menutup usaha kami. Saya sendiri mengalami bagaimana kehilangan pelanggan. Bersama Kimia Farma lah saya mencoba bangkit kembali, dengan mendapatkan kesempatan untuk dapat belajar terkait branding dan marketing bagi UMKM melalui Program UMKM Academy Kimia Farma,” ungkapnya.

Selanjutnya: Ide Dekorasi Rumah dengan Warna Komplementer Biru dan Oranye, Keren!

 

Editor: Jane Aprilyani
Terbaru