HOME, Keluarga

Dikenal Efisien dan Hemat Energi, Apa Itu Lampu LED?

Dikenal Efisien dan Hemat Energi, Apa Itu Lampu LED?

MOMSMONEY.ID - Saat mencari atau melihat-lihat lampu di pasaran, mungkin Anda sering mendengar istilah lampu LED. Namun, tahukah Anda apa itu lampu LED?

Lampu LED banyak disebut sebagai jenis lampu yang dapat menggantikan keberadaan lampu pijar atau lampu bohlam biasa. Pasalnya, lampu LED menawarkan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki produk sejenis, misalnya lebih efisien dan hemat energi.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut soal jenis lampu yang satu ini, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 5 Inspirasi Lampu Gantung Minimalis, Rumah Makin Stylish dan Cerah

Apa Itu Lampu LED?

Dikutip dari Which UK, LED merupakan kepanjangan dari light-emitting diode, yaitu komponen elektronik berukuran kecil dan bersifat semikonduktor yang dapat menghasilkan cahaya ketika dialiri listrik.

Jadi, lampu LED berbeda dengan lampu pijar biasa yang menghasilkan cahaya dari pembakaran filamen di dalamnya, sehingga lampu LED cenderung tidak sepanas lampu pijar saat memancarkan cahaya.

Anda dapat menemukan lampu LED dalam berbagai bentuk, mulai dari lampu downlight, lampu strip, hingga string lights untuk dekorasi Natal. Tergantung produknya, variasi warna lampu LED pun beragam, mulai dari warna putih yang standar hingga warna RGB seperti hijau, merah, dan biru.

Kelebihan Lampu LED

Setelah mengetahui apa itu lampu LED, berikut beberapa kelebihan lampu LED dibandingkan jenis lampu lainnya.

Penggunaan energi yang efisien

Salah satu alasan utama mengapa penggunaan lampu LED mulai menggantikan lampu pijar adalah penggunaan listrik dan energi yang efisien. Melansir data dari US Department of Energy, lampu LED rata-rata menggunakan energi sekitar 75% hingga 90% lebih rendah bila dibandingkan dengan lampu jenis lainnya.

Ramah lingkungan

Karena energi yang digunakan cukup rendah dan efisien, lampu LED cenderung lebih ramah lingkungan sehingga lampu ini cocok bagi Anda yang ingin memulai gaya hidup sustainable alias berkelanjutan.

Tidak panas

 Seperti yang sudah disebutkan di atas, lampu LED menghasilkan cahaya dari komponen elektronik di dalamnya sehingga tidak sepanas lampu pijar yang menghasilkan cahaya dari pembakaran filamen. Jadi, lampu LED tidak akan menaikkan suhu ruangan apabila digunakan sebagai lampu rumah. Anda pun dapat menghemat penggunaan kipas angin atau pendingin udara.

Tahan lama

Salah satu kelebihan lampu LED yang cukup menonjol adalah daya tahannya yang sangat awet. Menurut US Department of Energy, lampu LED memiliki daya tahan sekitar 3-5 kali lebih lama daripada lampu tipe CFL (compact fluorescent lamp) dan 30 kali lebih lama dibandingkan lampu pijar. Lumayan awet, bukan?

Baca Juga: Ide Penggunaan Lampu Tumblr Untuk Dekorasi Kamar Aesthetic ala Pinterest

Jenis-Jenis Penggunaan Lampu LED

Karena berukuran kecil, penggunaan lampu LED cukup versatile alias fleksibel dan beragam. Berikut beberapa contoh penggunaan lampu LED:

  • Keperluan industrial dan komersial seperti lampu jalanan dan lampu display di toko dan supermarket
  • Tambahan penerangan di tempat-tempat kecil dan sempit, seperti sekeliling cermin, meja dapur, bahkan tangga rumah
  • Lampu downlight yang biasa digunakan di hunian
  • Lampu hias, misalnya string light yang umum digunakan sebagai dekorasi Natal

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal lampu LED. Bagaimana, tertarik beralih ke lampu yang satu ini? Atau, jangan-jangan Anda malah sudah menggunakan lampu ini di rumah tanpa sadar?

Selanjutnya: Inspirasi Karpet Lantai Minimalis untuk Interior Rumah, Fungsional dan Nyaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News