Bugar

Daftar 15 Buah Pelancar ASI yang Kaya Nutrisi, Moms Wajib Coba

Daftar 15 Buah Pelancar ASI yang Kaya Nutrisi, Moms Wajib Coba

AndaMONEY.ID - Inilah beberapa buah pelancar ASI yang kaya nutrisi dan bisa Anda coba mengonsumsinya secara rutin.

Ada beberapa buah pelancar ASI yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu menyusui. Salah satunya adalah pisang yang tinggi akan potasium.

Saat menyusui, ibu menyusui membutuhkan sekitar 450 hingga 500 kalori ekstra per hari menurut National Institute of Health.

Jika Anda yang ingin menurunkan berat badan setelah hamil mungkin tidak perlu menambah asupan kalori saat menyusui, tetapi hal ini harus membicarakannya dengan dokter.

Makan berbagai macam makanan juga penting, karena hal ini akan membuat bayi terpapar rasa yang berbeda dan dapat membuatnya lebih mudah menerima makanan padat di kemudian hari.

Baca Juga: Ibu Menyusui Wajib Tahu, Ini 5 Sayuran yang Bisa Melancarkan ASI

Penyebab ASI sedikit

Sebelum ibu menyusui memutuskan untuk berhenti memberikan ASI kepada si kecil, ada beberapa hal yang sebaiknya ibu menyusui perhatikan ketika menyusui bayi.

Mengutip Very Well Family, berikut adalah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab pasokan ASI ibu menyusui sedikit, antara lain: 

1. Pelekatan yang tak tepat

Jika bayi tidak menyusu ke payudara dengan cara dan pelekatan yang benar, maka payudara tidak bisa mengeluarkan ASI dengan baik.

Pengeluaran ASI dari payudara menjadi sinyal untuk memberi tahu tubuh ibu menyusui untuk memproduksi lebih banyak ASI.

Jika Anda tidak yakin apakah bayi Anda menyusu dengan baik, mintalah seseorang mengevaluasi teknik menyusui Anda.

2. Bayi jarang menyusu

Penyebab ASI sedikit yang lainnya adalah karena bayi ajrang menyusu. Kebanyakan bayi baru lahir perlu menyusu setiap 2-3 jam sekali dalam sehari penuh. 

Jika ibu menyusui sering meletakkan bayi ke payudara dan membuatnya menyusu, maka tubuh ibu menyusui akan semakin terstimulasi untuk menyediakan dan memproduksi ASI.

Ibu menyusui juga bisa menyusuinya sesuai permintaan. Setiap kali si kecil menunjukkan tanda-tanda kelaparan, maka berikan ASI.

Jika si kecil sering mengantuk saat disusui, bangunkan setiap 3 jam untuk menyusui. Ini penting terutama selama beberapa minggu pertama kehidupannya.

3. Growth spurt

Saat bayi mengalami growth spurt atau percepatan pertumbuhan, biasanya dia akan memiliki nafsu makan yang banyak dan mungkin tampak lapar terus-menerus.

Selama masa ini, ibu menyusui merasa suplai ASI kurang, namun seiring pertumbuhan bayi, suplai ASI akan terus bertambah.

4. Menyusu terlalu singkat

Penyebab ASI sedikit yang terakhir adalah proses menyusu bayi yang terlalu singkat. 

Setiap kali menyusui, bayi harus menyusu selama kurang lebih 10 menit di setiap sisi payudara. Jika kurang dari itu, maka si kecil tidak mendapatkan cukup ASI untuk tubuhnya.

Baca Juga: Kenali 5 Efek Samping Mengonsumsi Teh Chamomile Secara Berlebihan

Setelah mengetahui penyebab ASI sedikit, ternyata ada beberapa cara menambah pasokan ASI dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah adalah bagian penting dari makanan Anda.

Buah menyediakan antioksidan, mineral esensial, dan serat makanan bagi tubuh. Maka penting untuk mengonsumsi buah-buahan segar untuk memberi nutrisi dan energi.

Dilansir dari Mayo Clinic dan Pregnant Education, inilah beberapa buah pelancar ASI yang kaya nutrisi dan bisa Anda coba mengonsumsinya secara rutin, antara lain: 

1. Jeruk

Buah pelancar ASI yang pertama adalah jeruk. Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik yang sangat dibutuhkan ibu menyusui, bahkan lebih dari saat Anda hamil.

Seperti yang dilaporkan Kids Health, vitamin C memainkan peran penting dalam menumbuhkan gigi dan otot yang sehat pada semua anak, termasuk bayi baru lahir.

Hal ini bisa membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menyusui. Ibu menyusui perlu mengonsumsi sekitar 120 miligram vitamin C per hari atau dua jeruk kecil.

2. Pepaya hijau

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah pepaya hijau. Pepaya hijau adalah varietas muda hijau dari pepaya kuning keemasan.

Pepaya hijau merupakan salah satu galactagogue terbaik, artinya merupakan agen yang menginduksi laktasi.

Enzim dalam pepaya hijau meningkatkan produksi ASI dan juga memberi Anda vitamin penting seperti Vitamin A, B, C, dan E.

Baca Juga: Daftar Obat Lambung di Apotek dan Obat Alami Meredakan Asam Lambung

3. Aprikot

Buah pelancar ASI lainnya adalah apricot yang manis namun mengemas beberapa fitoestrogen serius, yang meniru aktivitas estrogen dalam tubuh.

Fitoestrogen membantu mengatur hormon penghasil susu dalam tubuh dan dapat meningkatkan laktasi. Aprikot kering adalah camilan yang mudah disimpan di tas Anda untuk santap cepat

Aprikot juga kaya akan kalsium, kalium, dan vitamin C dan A, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan yang optimal untuk Anda dan Si Kecil.

4. Alpukat

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah alpukat. alpukat merupakan sumber asam lemak esensial yang kaya seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9.

Asam amino ini penting untuk banyak fungsi tubuh dan membantu Anda menghasilkan ASI yang kaya. Alpukat sangat bagus untuk menjaga gula darah dan kadar kolesterol.

5. Blueberry

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah blueberry. Manfaat blueberry yang menonjol adalah sifat antioksidannya. Blueberry memiliki potensi antioksidan tertinggi dari buah apa pun.

Meskipun jumlah yang melewati ASI sebagian besar tidak diketahui, telah dipastikan bahwa antioksidan memang masuk ke bayi, yang dapat membantu mencegah penyakit pada masa bayi.

6. Stroberi

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah stroberi. Stroberi sangat lezat. Sebagai ibu menyusui, Anda harus memasukkan buah-buahan luar biasa ini ke dalam menu makanan harian.

Mereka penuh dengan zat besi dan membanggakan berbagai vitamin seperti Vitamin C, kalsium, kalium, dan magnesium.

Jika Anda alergi terhadap stroberi, atau seseorang dalam keluarga memiliki riwayat alergi stroberi, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memakannya.

7. Pisang

Kalium sangat penting bagi wanita hamil, tetapi mempertahankan kadar kalium yang tinggi tetap penting saat menyusui. Buah pelancar ASI berikutnya adalah pisang.

Dan sebenarnya, Anda membutuhkan lebih banyak sebagai ibu menyusui, karena akan membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

Melansir Baby Center, jumlah potasium yang disarankan adalah 5.100 miligram. Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 450 miligram potassium.

Tapi, tak berarti Anda harus mengonsumsi dalam jumlah banyak karena mineral penting ditemukan di beberapa makanan, termasuk kentang, yang merupakan pengemas super kalium.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui yang Kaya Nutrisi dan Mengenyangkan

8. Honeydew melon

Buah pelancar ASI lainnya adalah honeydew melon. Saat Anda sedang menyusui, tubuh akan membutuhkan aliran vitamin dan mineral penting yang stabil.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi, pertimbangkan untuk mengonsumsi melon kuning. Anda bisa mengemil buah-buahan ini atau menambahkannya ke makanan penutup di salad buah.

9. Buah Ara

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah buah ara. Buah ara kaya akan banyak mineral seperti mangan, magnesium, tembaga, kalsium, zat besi dan kalium.

Mereka juga merupakan sumber serat, Vitamin K, dan Vitamin B6 yang bagus.

Ini pada dasarnya adalah alasan mengapa sejumlah masakan menggunakan buah ara dalam salad mereka dan banyak perusahaan makanan bayi memasukkan buah ara ke dalam makanan bayi.

10. Mangga

Buah pelancar ASI kesepeuluh adalah mangga. Mangga kaya akan antioksidan dan vitamin K.

Buah pelancar ASI ini memiliki kandungan serat dan kalium juga membantu Anda mengisi kembali nutrisinya. Dan tentu saja, mangga matang benar-benar enak serta manis.

11. Blewah

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah blewah. Blewah kaya akan vitamin K, vitamin B, serat, kalium, magnesium, niacin, thiamin dan folat. Makan buah ini bisa membantu Anda tetap terhidrasi.

Karena kandungan airnya yang tinggi, buah ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh selama menyusui dan bahkan sebaliknya.

12. Sawo

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah sawo. Ini adalah persembahan yang lebih eksotis, tetapi sawo tidak akan mengecewakan dalam hal rasa.

Sawo adalah buah berkalori lebih tinggi yang baik untuk ibu menyusui yang perlu mengisi kalori yang mereka bakar melalui menyusui.

Buahnya juga serat super tinggi, yang akan membantu ibu merasa kenyang dan membantu mencegah sembelit.

Baca Juga: Bukan Hanya Buahnya, Inilah Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

13. Kismis

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah kismis. Faktanya adalah bahwa untuk mendapatkan cukup ASI, tubuh seorang ibu menyusui membutuhkan banyak karbohidrat yang berguna.

Itulah mengapa sebagian besar ibu menyusui sangat tertarik pada makanan manis dan berkalori tinggi, di antara produk favorit seperti manisan, gula, kue, dan berbagai kue kering yang enak.

Ini bukan kebetulan, karena diketahui bahwa permen termasuk dalam kelompok karbohidrat cepat. Karbohidrat jenis ini memiliki kemampuan untuk membelah perut manusia dengan cepat.

Mereka juga meningkatkan kadar glukosa dalam darah wanita. Ini membantu meningkatkan mood emosional, dan produksi energi dalam tubuh ibu menyusui.

14. Kurma

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah kurma. Kurma mengandung triptofan. Triptofan adalah salah satu dari 10 asam amino esensial yang digunakan tubuh untuk membuat protein.

Secara khusus, triptofan berfungsi sebagai prekursor serotonin (neurotransmitter perasaan baik kita). Seratonin mendukung kimiawi laktasi.

Stanfordhealth.org mengungkap buah yang bagus untuk ibu memnyusui yaitu kurma dengan manfaat membantu tubuh menciptakan hormone prolactin.

Prolaktin merupakan hormon yang memberitahu tubuh Anda untuk memproduksi ASI berlebih. Manfaat Kurma untuk ibu menyusui juga kaya kalsium, tinggi serat, dan manis alami.

15. Jeruk Bali

Buah pelancar ASI selanjutnya adalah jeruk bali. Anda, sama seperti jeruk dan buah citrus lainnya, jeruk bali juga mengandung banyak sekali vitamin C.

Seperti sudah banyak diketahui, vitamin C punya peranan penting untuk tubuh Anda dan Si Kecil. Vitamin C disebut-sebut penting untuk pertumbuhan gigi dan otot Si Kecil.

Itulah beberapa buah pelancar ASI yang kaya nutrisi dan bisa Anda coba mengonsumsinya secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News