Bugar

Ibu Menyusui Wajib Tahu, Ini 5 Sayuran yang Bisa Melancarkan ASI

Ibu Menyusui Wajib Tahu, Ini 5 Sayuran yang Bisa Melancarkan ASI

MOMSMONEY.ID - Makanan untuk memperbanyak air susu ibu (ASI) disebut juga makanan laktogenik atau ASI booster dan bisa didapatkan dari beberapa sayuran pilihan.

Makanan laktogenik adalah jenis makanan yang mengandung galaktagog, yaitu senyawa pada tanaman yang bisa merangsang dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Rendahnya produksi ASI dipercaya bisa berdampak buruk pada kesehatan bayi. Untuk membantu meningkatkan produksi ASI, Anda bisa mencoba berbagai sayuran pelancar ASI ini.

Dilansir dari Pregnant Education, inilah beberapa sayuran yang bisa melancarkan ASI dan bisa dikonsumsi secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Penyebab Kanker Darah pada Anak yang Perlu Anda Ketahui

Jelai

Sayuran yang bisa melancarkan ASI pertama adalah jelai. Jelai atau barli merupakan biji-bijian kaya serat yang merupakan salah satu makanan penambah ASI.

Makanan penambah ASI ini bekerja dengan meningkatkan kadar prolaktin dan bisa membantu ibu dalam memproduksi ASI eksklusif untuk bayi. 

Asparagus

Sayuran yang bisa melancarkan ASI kedua adalah asparagus. Asparagus adalah sayuran hijau yang mengandung tinggi vitamin A dan K.

Kedua vitamin ini dikenal sebagai nutrisi yang bisa menstimulasi hormon pendukung produksi ASI. Selain rasanya lezat, sayuran ini mudah diolah, sehingga menjadi rekomendasi menu pelancar ASI yang tepat.

Aprikot

Sayuran yang bisa melancarkan ASI ketiga adalah aprikot. Aprikot jadi salah satu penambah ASI karena mengandung nutrisi penting seperti serat makanan, vitamin A, vitamin C dan potasium.

Makanan untuk memperbanyak ASI agar bayi gemuk ini juga diyakini bisa meningkatkan kadar hormon prolaktin untuk meningkatkan suplai ASI.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Manggis yang Perlu Anda Ketahui, Bisa Mengontrol Gula Darah

Brokoli

Masih dari kelompok sayuran berdaun hijau, brokoli merupakan sayuran yang memiliki banyak nutrisi, seperti vitamin, mineral, serat, hingga komponen bioaktif.

Selain menyehatkan, brokoli juga dipercaya bisa menjadi sayuran pelancar ASI karena dilengkapi dengan fitoestrogen yang ampuh meningkatkan produksi ASI.

Wortel

Sayuran yang bisa melancarkan ASI terakhir adalah wortel. Wortel kaya akan serat yang bisa menambah nutrisi penting, sehingga jadi salah satu sayuran penambah ASI.

Anda bisa makan wortel mentah dengan kulitnya dalam bentuk salad dan sandwich atau memasaknya hingga matang dengan mengombinasikan bersama makanan lain.

Produksi ASI yang rendah sebaiknya jangan disepelekan. Cobalah mengonsumsi sayuran pelancar ASI secara rutin dan jangan lupa berkonsultasi dengan dokter jika produksi ASI Anda rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News