Bugar

Kenali 5 Efek Samping Mengonsumsi Teh Chamomile Secara Berlebihan

Kenali 5 Efek Samping Mengonsumsi Teh Chamomile Secara Berlebihan

MOMSMONEY.ID - Efek samping mengonsumsi teh chamomile secara berlebihan perlu Anda ketahui terlebih dahulu, agar tidak membahayakan. 

Teh chamomile merupakan teh herbal yang terbuat dari kelopak bunga chamomile, yang masih termasuk keluarga bunga aster. 

Memiliki aroma bunga yang menenangkan, membuat teh ini sering dikonsumsi banyak orang untuk mengatasi kecemasan, membantu tidur, bahkan menenangkan pencernaan. 

Meski begitu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi secukupnya saja. Pasalnya, minum teh chamomile berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang merugikan bagi kesehatan.

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa efek samping mengonsumsi teh chamomile secara berlebihan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini 5 Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Tulang dan Otot

Menyebabkan kantuk yang berlebihan

Teh chamomile memiliki sifat sedatif, yang bisa membuat ibu hamil mudah mengantuk. Ini memang baik bagi ibu hamil yang mempunyai masalah gangguan tidur seperti insomnia. 

Tapi, sebaiknya tidak mengonsumsi teh chamomile terlalu banyak karena dapat menghambat aktivitas ibu hamil dengan rasa kantuk yang selalu muncul. 

Meningkatkan risiko keguguran

Mengonsumsi teh chamomile secara berlebihan dapat meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil. 

Jika terlalu banyak dikonsumsi, teh chamomile dapat bertindak sebagai obat pemicu kontraksi dini yang menyebabkan pendarahan, keguguran, hingga kelahiran prematur. 

Memicu alergi

Teh chamomile berasal dari keluarga bunga aster. Bila ibu hamil mempunyai alergi dengan jenis bunga tersebut, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi teh chamomile. 

Sebab, teh chamomile kemungkinan dapat menimbulkan reaksi alergi yang sama dengan bunga aster. Gejala alerginya termasuk hidung tersumbat, pilek, mata merah yang gatal dan berair. 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini 10 Makanan yang Ampuh Menurunkan Asam Urat

Bisa meniru hormon estrogen

Teh chamomile memiliki sifat yang mirip dengan hormon kehamilan, estrogen. Kelebihan hormon estrogen di dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti perut kembung, badan lemas, hingga kerontokan rambut. 

Bisa berinteraksi dengan obat

Salah satu hal yang perlu kamu ingat saat mengonsumsi teh herbal adalah bahwa minuman tersebut bisa berinteraksi dengan obat lain, dan chamomile tea tidak terkecuali. 

Hindari mengonsumsi teh chamomile bersamaan dengan obat pengencer darah, seperti warfarin, heparin, clopidogrel, ticlopidinem atau pentoxifylline. 

Itulah efek samping mengonsumsi teh chamomile secara berlebihan. Karena belum diketahui keamanan jangka panjangnya, chamomile tea tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News