Santai

Cinderella Complex Jadi Topik Hangat, Tanda Sindrom Takut Jadi Wanita Mandiri

Cinderella Complex Jadi Topik Hangat, Tanda Sindrom Takut Jadi Wanita Mandiri

MOMSMONEY.ID - Sering dialami perempuan, inilah penjelasan istilah dan tanda cinderella complex yang menjadi topik perbincangan ramai di media sosial.

Cinderella complex merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan beberapa kualitas yang ada pada perempuan.

Melansir dari laman Wikipedia, cinderella complex merupakan suatu keadaan di mana para perempuan menjadi takut untuk menjadi pribadi yang mandiri.

Baca Juga: Jangan Dicukur Semua, Kenali 4 Fungsi Rambut Kemaluan Ini Dulu yuk

Dalam sejarahnya, istilah ini pertama digunakan oleh seorang penulis bernama Colette Dowling.

Ia menulis buku mengenai ketakutan seorang perempuan untuk menjadi mandiri dengan menggunakan karakter dongeng Cinderella.

Filosofi ini diambil dari kepribadian Cinderella yang merupakan seorang perempuan mandiri, cantik, sopan, pekerja keras, dan bisa melakukan segala sesuatunya sendiri.

Namun, ia merasakan ketakutan dan berniat untuk mengubah situasinya dengan melibatkan bantuan pria atau pangeran.

Baca Juga: 7 Ide Kegiatan Seru Untuk Rayakan Ulang Tahun Sendiri, Tak Perlu Sedih

Pada masa kini, tak sedikit juga perempuan yang mengalami ketakutan untuk bisa hidup mandiri. Akhirnya, tanpa disadari mereka cenderung lebih berani untuk menggantungkan diri mereka pada laki-laki sebagai pacar maupun pasangan hidupnya.

Banyak wanita dengan kepribadian mandiri dan bisa melakukan segala sesuatu seorang diri dalam sekejap ingin mengubah situasinya, agar bisa diurus oleh orang lain karena banyak faktor.

Sehingga, kemudian fenomena cinderella complex muncul dan banyak dialami kebanyakan perempuan

Tanda tanda atau ciri dari sindrom cinderella complex ada beberapa. Dilansir dari laman Health Grades, salah satu cirinya adalah adanya ketergantungan perempuan kepada pasangan karena sulitnya mengambil keputusan dan pilihan.

Selain itu, tanda lainnya adalah adanya rasa cemas dan ketakutan untuk hidup mandiri menurut kebahagiannya karena ia merasa dirinya lemah dan tidak berdaya.

Baca Juga: Jangan Gegabah, Ini 5 Tips Hadapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuh

Selalu ingin berada di zona nyaman dan memiliki kepercayaan diri yang rendah juga bisa menjadi tanda sindrom cinderella complex.

Perempuan dengan sindrom ini juga lebih cenderung sering mendambakan pria seperti sosok pangeran dalam kisah dongeng.

Pangeran ini adalah orang yang bisa menyelamatkan mereka, melindungi, kuat, dan menyediakan segala kebutuhannya.

Hal tersebut adalah naluri alamiah karena orang dengan kepribadian ini sering menunjukkan sikap yang lebih suka diayomi atau diurus oleh orang lain.

Pun laman Health Grades menyebutkan, sindrom ini bisa saja muncul karena akibat dari pola asuh orang tua.

Orang tua tanpa disadari membiarkan anak-anak mereka sehingga mereka berharap memiliki pangeran sebagai mana dikisahkan dalam dongeng untuk merawat mereka.

Itulah tadi penjelasan singkat dan beberapa tanda cinderella complex yang saat ini menjadi rawan terjadi di antara perempuan mandiri. Apakah Anda juga salah satunya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News