Santai

Jangan Dicukur Semua, Kenali 4 Fungsi Rambut Kemaluan Ini Dulu yuk

Jangan Dicukur Semua, Kenali 4 Fungsi Rambut Kemaluan Ini Dulu yuk

MOMSMONEY.ID - Tak banyak yang tahu, ternyata ini lo beberapa fungsi penting rambut kemaluan.

Munculnya rambut kemaluan bukanlah tanpa alasan. Rambut yang tumbuh di area vital tersebut memiliki manfaat dan fungsi vital bagi area kemaluan.

Walau sesungguhnya rambut kemaluan merupakan hal normal yang dimiliki manusia, tak sedikit yang merasa tidak nyaman dan ingin menghilangkannya.

Sebelum menghilangkan rambut kemaluan atau merasa malu karena memilikinya, kenali dulu, yuk, beberapa fungsi rambut kemaluan yang harus diketahui berikut:

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Ini lo 4 Penyebab Kenapa Kondom Bisa Rusak

Proteksi dari bakteri dan pathogen lain

Rambut kemaluan memiliki fungsi yang sama dengan bulu mata dan bulu hidung. Fungsi utamanya untuk menyaring dan menangkap kotoran, bakteri, dan mikroorganisme untuk tidak masuk ke area genital.

Selain itu, folikel rambut bisa menghasilkan sebum, minyak yang mencegah bakteri berkembang biak.

Laman Health Line menyebutkan, penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri seperti STI, UTI, vaginitis, dan infeksi jamur juga dapat dihindari karena ada rambut kemaluan.

Tanda pubertas

Fungsi lain dari rambut kemaluan adalah sebagai penanda pubertas seseorang. Rambut kemaluan akan mulai muncul ketika seseorang sudah mengalami masa pubertas.

Dengan begit,u seseorang akan dianggap sudah dewasa secara seksual karena munculnya rambut kemaluan sebagai tanda pubertas.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Atasi Mood Swing Saat PMS, Cek di Sini

Meningkatkan hasrat seksual

Siapa yang menyangka bahwa rambut kemaluan memiliki fungsi untuk meningkatkan hasrat seksual. Rambut kemaluan memiliki hubungan dengan feromon yang mampu memengaruhi mood seseorang.

Melansir dari laman Health Shot, rambut kemaluan bisa menyaring feromon yang terkandung di area genital perempuan. Hal tersebut ternyata berguna untuk membantu meningkatkan hasrat seksual seseorang.

Mengurangi gesekan

Fungsi utama dari rambut kemaluan adalah membantu untuk mengurangi gesekan yang terjadi di kulit. Terutama, saat melakukan kegiatan intim dengan pasangan.

Gesekan juga mudah terjadi dalam aktivitas sehari-hari yang bisa saja melukai kemaluan, terutama dari gesekan dengan baju yang bisa menimbulkan risiko iritasi. 

Selain itu, rambut kemaluan juga memiliki fungsi untuk menjaga area genital tetap hangat.

Nah, itu tadi adalah beragam fungsi dari rambut kemaluan yang ternyata penting untuk melindungi area genital perempuan maupun pria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News