Santai

Jangan Gegabah, Ini 5 Tips Hadapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuh

Jangan Gegabah, Ini 5 Tips Hadapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuh

MOMSMONEY.ID - Sedang banyak dialami pasangan, simak beberapa cara untuk menghadapi kasus perselingkuhan berikut.

Saat kasus perselingkuhan terungkap, banyak para pasangan di dunia nyata yang akan mengalami emosi naik turun.

Tentu saja emosi yang tidak stabil tersebut bisa membuat seseorang jadi sulit untuk mengambil keputusan.

Agar tidak salah dalam mengambil keputusan, coba ikuti beberapa cara untuk menghadapi perselingkuhan ketika terjadi dalam hubungan Anda.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Ini lo 6 Penyebab Pasangan Doyan Selingkuh

Terima perasaan

Cara pertama adalah dengan menerima perasaan yang Anda rasakan. Rasa marah, sakit hati, sedih, takut, tidak percaya, hingga bingung adalah perasaan normal yang muncul ketika terjadi perselingkuhan.

Jangan mengharap agar perasaan campur aduk tersebut bisa pergi dengan mudah. Cobalah untuk menerima perasaan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan tentang hubungan Anda dan pasangan.

Jangan balas dendam

Saat perselingkuhan terjadi, rasa ingin balas dendam pada pasangan bisa saja muncul. Seperti adanya dorongan untuk menjelek-jelekan pasangan bahkan memikirkan untuk berselingkuh juga.

Balas dendam hanya akan memuaskan perasaan sesaat saja. Coba pertimbangkan saran teman terdekat dan juga keluarga atau diri sendiri untuk menghadapi situasi tersebut. Laman Mayo Clinic menyarankan agar coba untuk berfokus pada diri sendiri dan move on.

Baca Juga: Banyak Dialami Selebriti, Ternyata Ada 5 Jenis Selingkuh lo

Beri waktu dan jarak

Jika perselingkuhan terjadi di lingkungan rumah tangga, coba beri waktu dan jarak untuk masing-masing pasangan. Dengan begitu, tindakan-tindakan atau emosi yang meledak bisa dihindari.

Selain itu, memberikan waktu dan jarak untuk masing-masing pasangan bisa membantu untuk merefleksikan perbuatan dan juga keputusan secara bijak. Hindari untuk membuat keputusan secara terburu-buru dan saat emosi tidak stabil, ya.

Bertanggung jawab

Cara yang satu ini tentu saja harus dilakukan untuk menghadapi perselingkuhan ya. Bertanggung jawablah dengan tindakan yang dilakukan terutama jika Anda adalah yang melakukan perselingkuhan.

Jika masih ingin bersama dengan pasangan, jauhi kontak dengan selingkuhan dan akhiri perselingkuhan saat itu juga. Namun, jika pasangan tidak ingin melanjutkan hubungan dengan Anda, maka terimalah keputusan tersebut dengan penuh tanggung jawab juga.

Cari bantuan

Sebelum memutuskan untuk mengakhiri atau melanjutkan hubungan, carilah bantuan jika memang dibutuhkan. Bagi pasangan yang sudah menikah, laman Very Well Mind menyarankan untuk mengunjungi konselor pernikahan.

Konseling pernikahan bisa menjadi penengah untuk mengatasi konflik rumah tangga seperti perselingkuhan. Sebab konselor pernikahan berada di posisi netral dan bisa membantu mendapatkan pandangan tentang konflik yang dialami serta membantu menemukan solusinya juga.

Itulah tadi beberapa cara untuk menghadapi perselingkuhan yang bisa dilakukan saat menemukan pasangan yang berselingkuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News