HOME, Keluarga

Catat, Ini 7 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Vacuum Cleaner

Catat, Ini 7 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Vacuum Cleaner

MOMSMONEY.ID - Vacuum cleaner merupakan salah satu alat elektronik rumah tangga yang cukup berguna karena dapat memudahkan kegiatan bersih-bersih rumah.

Seperti alat elektronik lainnya, vacuum cleaner tentu harus diperlakukan dan digunakan dengan baik supaya awet dan tidak cepat rusak. Namun, banyak pengguna vacuum cleaner tanpa sadar melakukan hal-hal yang dapat merusak alat tersebut saat sedang menggunakannya.

Nah, supaya Anda terhindari dari kesalahan tersebut, Anda perlu tahu hal-hal apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan saat menggunakan vacuum cleaner. Dilansir dari The Spruce, berikut beberapa kesalahan umum saat menggunakan vacuum cleaner.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner, Bersih-Bersih Rumah Tanpa Repot!

Memegang sikat atau pengisap saat masih tersambung ke listrik

Saat ingin memeriksa bagian pengisap atau sikat vacuum cleaner, pastikan vacuum cleaner dalam keadaan mati dan tidak tersambung ke colokan listrik. Pasalnya, sikat atau pengisap vacuum cleaner cukup kuat untuk menarik rambut, merusak pakaian, atau melukai bagian tubuh lainnya. Jadi, pastikan pakaian atau bagian tubuh seperti jari tidak berada dekat-dekat dengan bagian tersebut.

Menggunakan kabel sambungan yang salah

Karena panjang kabel yang terbatas, adakalanya pengguna vacuum cleaner memperpanjang kabel menggunakan kabel sambungan. Namun, Anda harus memperhatikan daya listrik pada vacuum cleaner untuk menentukan jenis kabel yang tepat. Penggunaan kabel sambungan yang tidak tepat dapat menyebabkan vacuum cleaner rusak dan menimbulkan percikan api.

Menarik kabel vacuum cleaner dari jauh

Tak jarang pengguna vacuum cleaner mencabut kabelnya dari jauh karena malas mencabut kepalanya dari stopkontak. Padahal, hal ini berbahaya karena dapat merusak kabel listrik karena ditarik terus-menerus. Sebaiknya, cabut kabel dari kepalanya yang menancap di stopkontak dan periksa keadaan kabel secara berkala untuk memastikan kabel masih berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Mau Beli Vacuum Cleaner Portable? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Menggunakan vacuum cleaner di tempat yang tidak seharusnya

Hindari menggunakan vacuum cleaner di tempat yang tidak seharusnya, misalnya area luar rumah atau di atas permukaan lantai yang basah. Pasalnya, vacuum cleaner tidak didesain untuk dua keperluan tersebut sehingga dapat merusak mesinnya. Pilihlah jenis vacuum cleaner yang memang didesain untuk keperluan outdoor atau lantai basah bila Anda membutuhkannya.

Mengisap benda keras

Jika ada benda kecil dan keras seperti uang koin di atas lantai saat menggunakan vacuum cleaner, sebaiknya jangan hisap menggunakan vacuum cleaner. Pasalnya, barang-barang keras dan tajam seperti uang koin dapat merusak bagian dalam vacuum cleaner. Solusinya, periksa permukaan lantai sebelum menggunakan vacuum cleaner untuk memastikan tidak ada benda-benda kecil yang tercecer.

Mengisap bubuk dalam jumlah banyak

Walaupun vacuum cleaner berfungsi untuk mengisap debu dan kotoran, jangan paksa vacuum cleaner untuk mengisapnya dalam jumlah besar, misalnya ketika ada bedak bayi atau tepung yang tumpah. Pasalnya, bedak atau tepung yang terisap dalam jumlah besar sekaligus dapat menghambat kinerja vacuum cleaner dan membuat mesinnya panas. Sebaiknya, bersihkan secara manual terlebih dahulu dan gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sisanya.

Tidak merawat vacuum cleaner

Tidak jarang orang-orang malas merawat vacuum cleaner miliknya. Padahal, perawatan vacuum cleaner sebenarnya sederhana saja, seperti membersihkan sikat, mengganti atau membersihkan filter, dan mengosongkan tangki debunya. Merawat vacuum cleaner secara rutin dapat membuatnya awet, sehingga masa pakainya akan lebih lama.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang umumnya dilakukan saat menggunakan vacuum cleaner. Bagaimana, apakah Anda pernah melakukan salah satu hal di atas secara tidak sengaja?

Selanjutnya: Dikenal Efisien dan Hemat Energi, Apa Itu Lampu LED?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News