HOME, Keluarga

Mau Beli Vacuum Cleaner Portable? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Mau Beli Vacuum Cleaner Portable? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

MOMSMONEY.ID - Vacuum cleaner merupakan salah satu alat kebersihan rumah tangga yang banyak digunakan karena penggunaannya yang mudah dan praktis.

Jika dulu vacuum cleaner identik dengan tabung berat dan selang panjang, saat ini sudah banyak variasi vacuum cleaner yang beredar di pasaran. Salah satu model vacuum cleaner yang populer adalah jenis portable atau cordless yang tidak memerlukan kabel saat digunakan.

Vacuum cleaner portable banyak digemari karena menawarkan beragam kelebihan dan keuntungan dibandingkan versi berkabelnya. Namun, vacuum cleaner jenis ini tentu juga memiliki sejumlah kekurangan yang perlu Anda perhatikan.

Nah, jika Anda ingin membeli vacuum cleaner portable, ada baiknya Anda memahami kelebihan dan kekurangannya. Dirangkum dari Which UK dan Crew Care NZ, berikut kelebihan dan kekurangan vacuum cleaner portable.

Baca Juga: Catat 3 Rekomendasi Vacuum Cleaner Cordless untuk Bersih-Bersih Rumah

Kelebihan Vacuum Cleaner Portable

Lebih ringan

Mungkin sudah menjadi rahasia umum bila vacuum cleaner portable cenderung memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan vacuum cleaner berkabel. Rata-rata vacuum cleaner portable memiliki bobot sekitar 1-3 kilogram, sehingga mudah dibawa-bawa dan tidak memberatkan penggunanya.

Tidak dibatasi panjang kabel

Kelebihan vacuum cleaner portable yang utama adalah penggunaannya yang tidak memerlukan kabel, sehingga Anda bisa menggunakan vacuum cleaner ini di seluruh sudut rumah tanpa dibatasi panjang kabel. Bahkan, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner portable untuk membersihkan tempat-tempat “sulit” dengan mudah, seperti mobil, tangga, dan tirai jendela.

Tidak tergantung listrik

Karena tidak menggunakan listrik, Anda pun tidak perlu khawatir saat listrik mati ketika Anda sedang menggunakan vacuum cleaner portable. Asal baterainya masih ada, Anda bisa meneruskan kegiatan bersih-bersih dengan lancar.

Cocok untuk kebutuhan tertentu

Vacuum cleaner portable cocok untuk Anda yang tinggal di rumah berukuran kecil atau memiliki daya listrik yang rendah sehingga tidak kuat mengangkat daya listrik vacuum cleaner berkabel. Selain itu, vacuum cleaner ini juga cocok untuk Anda yang menginginkan kepraktisan karena desain dan bobotnya yang tidak merepotkan.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Karpet Tanpa Vacuum Cleaner

Kekurangan Vacuum Cleaner Portable

Kapasitas baterai terbatas

Karena menggunakan baterai, tentu penggunaan vacuum cleaner portable tergantung pada kapasitas baterainya. Vacuum cleaner portable memiliki rentang waktu penggunaan yang berbeda-beda, mulai dari 10 menit hingga 45 menit tergantung mode pemakaian yang digunakan.

Butuh waktu untuk mengisi baterai

Berbeda dengan vacuum cleaner berkabel yang bisa digunakan terus-menerus, vacuum cleaner portable perlu waktu untuk mengisi baterainya sehingga tidak bisa selalu digunakan. Waktu pengisian baterainya pun bervariasi, mulai dari satu hingga belasan jam.

Kapasitas tangki debu cenderung lebih kecil

Desain ramping dan portabel membuat vacuum cleaner portable cenderung memiliki kapasitas tangki debu yang lebih kecil dari versi berkabel. Rata-rata vacuum cleaner portabel memiliki kapasitas tangki debu sebesar 600 hingga 700 ml, sehingga Anda perlu sesekali mengosongkan tangki debu bila membersihkan area yang luas.

Daya hisap cenderung lebih rendah

Vacuum cleaner portable yang mengandalkan daya dari baterai tentu tidak sekuat vacuum cleaner berkabel saat mengisap debu dan kotoran di permukaan rumah. Jadi, Anda perlu memastikan permukaan yang Anda bersihkan sudah bersih dengan sempurna saat menggunakan vacuum cleaner portable.

Cenderung lebih mahal

Vacuum cleaner portable memang memiliki beragam varian dan ukuran, namun harganya cenderung lebih mahal daripada versi berkabelnya sehingga Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan dan budget saat akan membeli vacuum cleaner portable.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan vacuum cleaner portable yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Alat Pel Model Spray Mop, Mengepel Lantai Makin Mudah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News