Catat! Ini 15 Obat Herbal Darah Tinggi yang Ampuh

Reporter: Helvana Yulian
Selasa, 22 November 2022 | 09:00 WIB
Catat! Ini 15 Obat Herbal Darah Tinggi yang Ampuh


MOMSMONEY.ID - Ada beberapa obat herbal darah tinggi yang ampuh untuk menurunkan tekanannya dan bisa Anda coba untuk merasakan manfaatnya. 

Meski tidak bisa disembuhkan, darah tinggi atau darah tinggi tetap bisa dikontrol dengan minum obat dan menerapkan gaya hidup sehat.

Di samping itu, banyak orang juga mencari alternatif lain untuk mengatasi darah tinggi, salah satunya dengan obat darah tinggi alami atau herbal.

Ada sejumlah tanaman yang disebut bisa membantu dan ampuh menurunkan darah tinggi yang sedang Anda alami.

Saat darah tinggi melonjak, penting untuk segera melakukan pertolongan pertama agar membantu menurunkan atau membuat darah tinggi kembali stabil.

Seseorang dikatakan mengalami kondisi ini jika hasil pemeriksaan darah tingginya menunjukkan angka 130/80 mmHg atau lebih. 

Darah tinggi tidak boleh dianggap sepele, sebab kondisi ini bisa menyebabkan jantung dipaksa untuk memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh.

Selain itu, peningkatan jumlah total atau volume darah di pembuluh darahakan menyebabkan organ tersebut bekerja lebih keras, sehingga memicu tekanan pada pembuluh darah meningkat dan berimbas pada meningkatnya darah tinggi.

Baca Juga: Selain untuk Penyedap Masakan, Ini Manfaat Daun Bawang yang Baik untuk Ibu Hamil

Semakin lama, kondisi ini akan memberi beban ekstra pada organ hati dan organ vital lainnya. 

Darah tinggi yang dibiarkan dalam waktu lama dan tidak ditangani dengan tepat bisa memicu kondisi yang lebih parah, seperti penyakit jantung atau stroke.

Namun jangan khawatir, Anda bisa mencoba menurunkan darah tinggi dengan beberapa jenis tanaman atau herbal. 

Dilansir dari Mayo Clinic dan Health Focus, inilah beberapa obat herbal darah tinggi yang ampuh untuk menurunkan tekanannya, antara lain: 

1. Daun basil 

Obat herbal darah tinggi yang ampuh pertama adalah daun basil. Daun basil juga dikenal dengan daun kemangi (Ocimum basilicum).

Daun kemangi memiliki kandungan eugenol yang disebut bisa menurunkan darah tinggi.

Selain itu, kandungan senyawa dalam daun kemangi juga disebut bisa membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga darah tinggi bisa menurun atau kembali normal.

2. Amla

Obat herbal darah tinggi yang ampuh kedua adalah amla. Amla adalah makanan super yang juga membantu menurunkan darah tinggi dengan cara melebarkan pembuluh darah.

Orang yang menderita penyakit jantung dianjurkan untuk mengonsumsi amla mentah saat perut kosong di pagi hari. Jus amla juga bisa menjadi alternatif pengganti amla mentah.

3. Seledri 

Obat herbal darah tinggi yang ampuh ketiga adalah seledri. Selain daun kemangi, Anda juga bisa memanfaatkan seledri untuk menurunkan darah tinggi.

Ada penelitian pada hewan percobaan (tikus) yang menemukan bahwa ekstrak seledri ternyata bisa membantu menurunkan darah tinggi.

Selain itu, mengonsumsi seledri juga disebut bisa membantu memelihara kesehatan pembuluh darah. 

Baca Juga: Apa Manfaat Seledri untuk Kolesterol? Ini 5 Bahan Alami Menurunkan Kolesterol

4. Ashwagandha

Ashwagandha (withania somnifera) dikenal juga sebagai ginseng india. Sering digunakan dalam ramuan Ayurveda dengan banyak manfaat.

Seperti meningkatkan kekebalan, menghilangkan kecemasan dan stres, dan menjaga tingkat darah tinggi tetap terkendali.

Orang dengan kondisi jantung dapat minum segelas air hangat yang dicampur dengan bubuk Ashwagandha untuk merasakan manfaatnya.

5. Buah kiwi

Obat herbal darah tinggi yang ampuh kelima adalah buah kiwi. Kiwi dipercaya sebagai salah satu buah penurun darah tinggi.

Para peneliti menemukan bahwa makan tiga buah kiwi sehari selama delapan minggu dapat menurunkan darah tinggi

Sementara itu, satu porsi kiwi harian juga bisa mengurangi darah tinggi pada orang-orang yang tekanan darahnya meningkat, meski tidak signifikan.

6. Bawang putih 

Pengidap darah tinggi juga disarankan untuk mengonsumsi bawang putih. Mengonsumsi bawang putih disebut bisa menurunkan darah tinggi sistolik dan diastolik. 

Sebab, jenis tanaman yang satu ini bisa membantu menurunkan darah tinggi serta menjaga kesehatan pembuluh darah.

7. Akar kucing

Tanaman akar kucing atau juga dikenal dengan istilah catnip ini seringkali digunakan sebagai obat herbal, termasuk untuk menurunkan darah tinggi.

Serupa dengan daun basil, akar kucing membantu menurunkan darah tinggi dengan cara menghambat reaksi kalsium dalam sel-sel tubuh Anda. 

Anda pun bisa menemukan obat darah tinggi alami ini dalam bentuk suplemen di apotek.

8. Minyak zaitun

Tidak ada salahnya mengganti minyak sawit Anda selama ini dengan minyak zaitun. Pasalnya, minyak zaitun mengandung senyawa polifenol.

Senyawa ini, menurut peneliti dari University of California, dapat melawan peradangan dan menurunkan darah tinggi. 

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun sangat baik untuk tubuh. Polifenol dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan membantu pembuluh darah tetap elastis.

Ini adalah pilihan cerdas untuk lemak sehat. Gunakan sebagai pengganti mentega, minyak sayur, atau minyak kanola dalam masakan Anda saat mengolah makanan penurun darah tinggi.

9. Kayu manis 

Darah tinggi melonjak? Cobalah mengonsumsi kayu manis. Kayu manis disebut bisa membantu menjaga kesehatan organ jantung, termasuk darah tinggi.

Hingga kini belum diketahui apa kaitan antara kayu manis dengan darah tinggi, tetapi mengonsumsi ini bisa membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan darah tinggi. 

10. Jus bit

Berdasarkan sebuah penelitian di jurnal American Heart Association Hypertension, orang dengan darah tinggi yang minum sekitar 8 ons jus bit darah tingginya turun sekitar 10 mmHg. 

Bit bisa menjadi makanan penurun darah tinggi, karena diketahui mengandung zat yang bernama nitrat.

Zat ini dapat diubah menjadi NO (nitrit oksida) di dalam tubuh yang berfungsi memperlebar pembuluh darah. Apabila pembuluh darah melebar, darah tinggi pun kemungkinan akan turun.

11. Chia seeds

Chia seeds kini sedang naik pamor menjadi super food yang diklaim memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya sebagai makanan untuk menurunkan darah tinggi. 

Chia seeds mengandung kalium, magnesium, dan serat yang penting untuk pengaturan darah tinggi.

Penelitian pada jurnal Plant Foods for Human Nutrition, melaporkan bahwa mengonsumsi chia seeds 35 gr setiap harinya selama 12 minggu dapat menurunkan kebutuhan dosis obat darah tinggi.

Baca Juga: Daftar 12 Makanan yang Banyak Mengandung Kolesterol

12. Jahe 

Obat herbal darah tinggi yang ampuh selanjutnya adalah jahe. Pengidap darah tinggi juga bisa menurunkan darah tinggi dengan mengonsumsi jahe.

Tanaman ini sudah lama digunakan untuk membantu menjaga kesehatan organ jantung, termasuk kadar kolesterol dan darah tinggi. 

13. Buah delima

Minum jus buah delima secara teratur dapat membantu mengurangi angka darah tinggi Anda. Tapi, sebaiknya jangan mengonsumsinya dengan menambahkan gula. 

Sebuah studi pada 2012 lalu menemukan bahwa konsumsi jus buah delima berpotensi menurunkan darah tinggi.

Manfaat tersebut akan diperoleh ketika orang dewasa yang sehat minum 330 ml jus delima setiap hari selama empat minggu.

14. Kapulaga 

Obat herbal darah tinggi yang ampuh lainnya adalah kapulaga. Kapulaga juga baik untuk pengidap darah tinggi.

Ada studi yang menyebut bahwa rutin mengonsumsi kapulaga bisa membantu menurunkan darah tinggi.

15. Kacang pistachio

Obat herbal darah tinggi yang ampuh terakhir adalah kacang pistachio. Kacang pistachio mengandung berbagai vitamin dan mineral penting. 

Kandungan dalam kacang pistachio termasuk kalium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan darah tinggi. 

Berbagai buah, sayur, dan makanan di atas dapat menjadi pilihan untuk menurunkan darah tinggi.

Namun, jika ingin mengonsumsi buah dan sayur serta ingin mendapatkan manfaat penurun darah tinggi, sebaiknya konsumsi mentah dan tidak ditambahkan apapun. 

Konsumsinya juga tentu harus dibarengi dengan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan menghindari hal yang meningkatkan risiko meningkatnya darah tinggi. 

Itulah beberapa obat herbal darah tinggi yang ampuh untuk menurunkan tekanannya dan bisa Anda konsumsi secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER