Bugar

Daftar 12 Makanan yang Banyak Mengandung Kolesterol

Daftar 12 Makanan yang Banyak Mengandung Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa daftar makanan yang banyak mengandung kolesterol dan sebaiknya Anda hindari. Orang yang memiliki kolesterol tinggi perlu menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Orang dengan riwayat atau risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes disarankan membatasi makanan yang banyak mengandung kolesterol, seperti makanan cepat saji, susu, dan keju. 

Kolesterol adalah komponen lemak yang berperan penting untuk menjaga sel dan jaringan tubuh tetap berfungsi. Meski demikian, jumlahnya tidak boleh melebihi batas normal. Kolesterol diproduksi oleh hati dan terbagi menjadi beberapa jenis, yakni kolesterol baik (HDL), trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL).

Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika jumlah HDL lebih dari 60mg/dL, trigliserida kurang dari 150 mg/dL, dan LDL kurang dari 100 mg/dL. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi berisiko terhadap berbagai penyakit, dua di antaranya adalah penyakit jantung dan stroke.

Agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut, kenali jenis makanan yang diketahui dapat memicu kolesterol tinggi demi kesehatan tubuh yang lebih baik. Inilah daftar makanan yang banyak mengandung kolesterol seperti dirangkurm dari Healthline, MEdical News Today dan Mayo Clinic: 

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang banyak mengandung kolesterol pertama adalah makanan yang digoreng. Berbagai makanan yang digoreng mengandung kolesterol tinggi sehingga harus dihindari.

Makanan yang digoreng tinggi kalori dan dapat mengandung lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, konsumsi goreng-gorengan terlalu sering telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Sederet Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan

2. Produk minuman kemasan

Makanan yang banyak mengandung kolesterol lainnya yaitu produk minuman kemasan. 

Berbagai produk minuman kemasan seperti minuman bersoda, jus buah, teh, kopi, serta minuman lainnya memiliki kadar gula pemanis yang tinggi.

Gula pemanis seperti gula pasir atau gula jagung diketahui berhubungan dengan rendahnya kadar kolesterol baik (HDL).

Oleh karena itu, konsumsi gula tambahan perlu dibatasi, maksimum 6 sendok atau 25 gram per hari.

3. Makanan cepat saji

Makanan yang banyak mengandung kolesterol berikutnya adalah makanan cepat saji. Mengonsumsi makanan cepat saji menjadi faktor risiko utama berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Anda yang sering mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kolesterol lebih tinggi, lebih banyak lemak perut, memiliki tingkat peradangan yang lebih tinggi, dan gangguan pengaturan gula darah.

Waspadai juga makanan kemasan seperti kue kering, mayones, kerupuk, makanan beku, dan sebagainya yang menggunakan lemak trans untuk memperpanjang masa kedaluwarsanya.

Bacalah label nutrisi pada kemasan. Cari yang kandungan lemak transnya nihil.

Baca Juga: Apa Manfaat Seledri untuk Kolesterol? Ini 5 Bahan Alami Menurunkan Kolesterol

4. Jeroan

Di Indonesia, banyak orang yang menggemari olahan jeroan alias organ dalam seperti otak, usus, babat, hati, dan sebagainya.

Jeroan memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, apalagi sampai berlebihan, karena tingginya kandungan kolesterol (juga purin pemicu asam urat).

Cara mengolah jeroan dengan menambahkan santan bisa membuat kadar kolesterolnya meroket, sehigga membahayakan kesehatan.

5. Daging olahan

Makanan yang banyak mengandung kolesterol selanjutnya adalah daging olahan. 

Daging olahan seperti sosis, bacon, ham, daging asap, ham, nugget, serta daging olahan lainnya adalah makanan dengan kolesterol tinggi yang harus dibatasi.

Konsumsi daging olahan yang berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan angka penyakit jantung dan kanker tertentu, seperti kanker usus besar.

Sebuah studi menyatakan, 50 gram daging olahan per hari dikaitkan dengan risiko 42 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung.

6. Makanan mengandung karbohidrat

Ketika Anda makan karbohidrat dalam taraf berlebihan, tubuh akan memecahnya seperti gula.

Padahal di balik itu, makan makanan mengandung karbohidrat terlalu banyak karbohidrat olahan justru dapat meningkatkan kolesterol.

7. Seafood

Sebagian jenis makanan laut seperti udang, lobster, hingga caviar juga mengandung kolesterol tinggi. Jika memang ingin mengonsumsinya, jangan sampai berlebihan.

Perhatikan juga cara memasaknya. Paling baik adalah direbus atau dikukus, bukan digoreng.

Jika Anda menyukai makanan laut, pilihlah yang mengandung lemak baik seperti omega-3.

Ikan salmon, sarden, dan tuna yang tinggi akan omega-3 dapat meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik, sekaligus menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) si kolesterol jahat.

8. Susu dan produk olahannya

Susu sapi, yoghurt, dan keju merupakan produk yang mengandung banyak lemak jenuh dan banyak orang yang tidak menyadarinya.

Agar kadar kolesterol terjaga, beralihlah ke produk yang bebas atau sedikit lemak (2 persen), atau pilih susu skim.

9. Minyak sayur

Makanan yang banyak mengandung kolesterol kesembilan adalah minyak sayur. Secara alami, produk nabati tidak mengandung kolesterol.

Akan tetapi, bisa mengandung asam lemak jenuh yang tinggi seperti pada minyak kelapa (coconut oil), minyak kelapa sawit (palm oil), dan minyak inti sawit (palm kernel oil).

Anda tetap bisa memakainya untuk memasak asal tidak berlebihan dan tidak digunakan berulang kali.

Baca Juga: Apa Manfaat Kacang Panjang untuk Asam Urat? Ini 5 Makanan Bisa Menurunkan Asam Urat

10. Makanan mengandung lemak trans

Lemak trans mampu meningkatkan kolesterol yang berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung. Asam lemak trans adalah lemak yang paling buruk sehingga perlu dihindari.

Jika menumpuk dalam jumlah berlebih di dalam tubuh, kejadian penyakit diabetes, penyakit jantung dan stroke tidak bisa dihindari lagi.

Jenis makanan yang dipanggang dalam kemasan, makanan penutup, bahkan beberapa jenis cokelat, berisiko mengandung lemak trans yang buruk untuk kadar kolesterol.

11. Es krim

Es krim umumnya mengandung lemak dan gula, yang menjadikan teksturnya lembut, creamy, dan manis.

Namun, kadar lemak jenuh dan gula yang tinggi di dalamnya jelas memicu pembentukan kolesterol. Bila Anda tetap ingin makan es krim, pilihlah yang rendah lemak seperti sorbet.

12. Makanan penutup

Makanan yang banyak mengandung kolesterol terakhir adalah makanan penutup karena sering ditambahkan banyak gula, lemak, serta kalori yang tidak sehat. 

Kue basah maupun kue kering, es krim, dan sajian penutup lainnya (dessert) juga tak sehat karena cenderung tinggi kolesterol.

Terlalu banyak konsumsi makanan jenis ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan secara keseluruhan, serta dapat menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu.

Penelitian telah mengaitkan penambahan asupan gula dengan obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan kognitif, dan kanker tertentu.

Selain itu, makanan jenis ini sering kali tidak dilengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, mineral, protein, dan lemak sehat. 

Itulah beberapa daftar makanan yang banyak mengandung kolesterol dan sebaiknya segera Anda hindari mulai sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News