Bugar

Apa Manfaat Seledri untuk Kolesterol? Ini 5 Bahan Alami Menurunkan Kolesterol

Apa Manfaat Seledri untuk Kolesterol? Ini 5 Bahan Alami Menurunkan Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Apa manfaat seledri untuk kolesterol? Ada juga beberapa bahan alami lainnya yang bisa menurunkan kolesterol yang bisa Anda ketahui.

Selama ini, Anda menjadikan seledri hanya sebagai pelengkap sajian sup atau makanan lainnya dan menjadikannya sebagai bahan utama masakan.

Seledri memiliki fungsi penting untuk menyedapkan masakan serta manfaat untuk kesehatan yang cukup besar. 

Anda bisa mendapatkan manfaat seledri secara optimal dengan mengolahnya menjadi jus seledri. Konsumsi jus seledri secara rutin dinilai mampu memerangi berbagai penyakit. 

Terbukti baik, ternyata manfaat seledri bisa dirasakan untuk mereka yang mengidap kolesterol tinggi.

Hal ini karena kandungan ekstrak heksana di dalam seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, di dalam seledri terdapat kandungan metanol dan etanol yang membuat sirkulasi darah meningkat, sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah.

Untuk mendapatkan manfaat penurunan tekanan darah ini, pakar kesehatan menyarankan, untuk mengonsumsi jus seledri sebanyak satu gelas setiap hari.

Dengan rutin mengonsumsi seledri setiap hari, kadar kolesterol ini akan turun, maka hal ini memengaruhi tekanan darah.

Baca Juga: Apakah Jengkol Menyebabkan Asam Urat? Ini 10 Makanan Sehat untuk Asam Urat

Efek dari senyawa 3-n-butylphthalide juga mengurangi sekresi hormon stres dan melemaskan otot-otot di sekitar pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah.

Salah satu kandungan seledri adalah senyawa kimia 3-n-butylphthalide yang memiliki efek positif pada pengurangan kolesterol jahat dalam aliran darah.

Senyawa tersebut akan membantu sekresi asam empedu atau steroid yang berperan dalam menurunkan kolesterol.

Daun dan batang seledri juga memiliki banyak serat dan air sehingga sayuran ini sudah pasti baik untuk pencernaan.

Tidak hanya itu, berdasarkan penelitian oleh para ahli dari University of Singapore, dihasilkan fakta bahwa rutin makan daun seledri membantu mencegah datangnya hipertensi.

Konsumsi daun seledri juga memberikan nutrisi anti peradangan seperti antioksidan berupa flavonoid dan polifenol.

Berbagai kandungan antioksidan ini membantu tubuh melawan paparan buruk dari radikal bebas dan stres oksidatif.

Hal ini mencegah datangnya kanker, penyakit jantung, radang sendi, infeksi ginjal, infeksi hati, asam urat, sindrom iritasi usus besar, serta infeksi saluran kemih.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini 5 Makanan Penambah Berat Badan untuk Anak

Cara membuat jus seledri untuk menurunkan kolesterol

Cara mengolah daun seledri untuk kolesterol adalah dengan dijus. Anda dapat membuat jus seledri dengan mudah.

Berikut ini cara membuat jus seledri untuk kolesterol tinggi: 

1. Pertama, bersihkan satu ikat seledri dengan air bersih.

2. Potong bagian akar dan daun dari seledri.

3. Tambahkan 100 cc air dan blender sampai seledri hancur.

4. Untuk menambah rasa, Anda juga dapat menambahkan satu sendok madu ke dalam jus seledri Anda.

5. Anda dapat minum satu gelas per hari.

Ingatlah, penurunan tekanan darah tidak bisa dicapai hanya dengan jus seledri tanpa perubahan pola hidup yang menyeluruh. 

Pola makan sehat rendah garam dan rendah lemak jenuh serta olahraga rutin wajib menjadi bagian dalam program penurunan tekanan darah Anda.

Waspadai juga efek samping dari seledri yang dapat menimbulkan alergi. Gejala yang bisa muncul berupa reaksi kulit, gangguan pencernaan, dan masalah pernapasan.

Selain itu, mengonsumsi apigenin (kandungan dalam seledri) terlalu banyak dapat menurunkan kesuburan.

Satu lagi, dalam meracik jus seledri sebaiknya tidak ditambah pemanis. Sebab menambahkan gula dapat memicu kenaikan kadar gula darah dan kolesterol semakin parah.

Kebanyakan orang dengan kolesterol tinggi memiliki gaya hidup yang tidak sehat dan juga tidak rutin berolahraga.

Misalnya, sering mengonsumsi makanan berlemak jenuh, mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, dan jarang berolahraga.

Meski demikian, kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan, alias mewarisinya dari orang tua.

Baca Juga: Jangan Dikonsumsi Berlebihan, Ini Daftar Makanan yang Memiliki Kalori Tinggi

Selain manfaat seledri yang bisa menurunkan kolesterol, dilansir dari Mayo Clinic, ada ada beberapa bahan alami lain yang bisa menurunkan kolesterol, antara lain: 

1. Biji rami

Biji rami berasal mengandung asam alfa-linolenat (ALA) yang lumayan tinggi. Zat yang masih tergolong asam lemak omega-3 ini dikenal mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Nah, penyakit jantung acap kali dihubungkan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Menurut penelitian, efek pencegahan penyakit jantung dari biji rami juga berdampak pada penurunan kadar kolesterol.

2. Beras ragi merah

Bahan fermentasi yang satu ini mengandung zat monacolin K yang cukup tinggi. Zat tersebut ternyata identik dengan bahan aktif yang terkandung dalam obat penurun kolesterol, yaitu lovastatin.

3. Bawang putih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, dan mencegah pengerasan dinding pembuluh darah (aterosklerosis).

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi bawang putih langsung. Jika tidak menyukai rasanya, Anda dapat mengonsumsi suplemen bawang putih yang berupa kapsul atau tablet.

4. Jahe

Studi tahun 2014 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Penelitian lain tahun 2008 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Anda dapat menambahkan jahe mentah ke dalam makanan atau meminum air rebusannya.

5. Kacang kedelai

Kacang kedelai maupun produk olahannya, seperti tahu, susu kedelai dan tempe adalah sumber protein yang rendah lemak.

Artinya, bahan makanan yang satu ini bisa dijadikan pengganti makanan berlemak seperti daging sapi. Dengan begitu kolesterol secara keseluruhan dalam makanan dapat berkurang. 

Bagi penderita kolesterol tinggi, kadar kolesterol bisa diturunkan dengan cara memperbaiki gaya hidup yang tidak sehat, di antaranya:

1. Memangkas lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh banyak terdapat pada jeroan, gorengan, makanan cepat saji, dan daging olahan. Sedangkan lemak trans biasanya terkandung dalam margarin dan kue.

Untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda disarankan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat.

Konsumsi lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada penderita kolesterol tinggi.

Sementara itu, lemak sehat juga dapat menurunkan kolesterol sekaligus mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Oleh karena itu, mulailah mengurangi konsumsi jenis makanan yang meningkatkan kolesterol dan memperbanyak makanan yang menurunkan kadar  kolesterol.

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Sederet Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan

2. Memperbanyak serat

Konsumsi serat yang terkandung dalam biji-bijian, gandum utuh, dan buah-buahan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Bakteri baik yang hidup di dalam usus memanfaatkan serat larut air sebagai nutrisi, yang kemudian berperan dalam menurunkan kadar kolesterol.

Suatu penelitian juga memperlihatkan bahwa memperbanyak asupan serat dapat mencegah risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Jadi, konsumsilah berbagai jenis sayuran penurun kolesterol yang kaya akan serat, jika Anda ingin menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam darah.

3. Olahraga

Selain membuat tubuh tetap bugar, olahraga secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Dalam sebuah studi, olahraga aerobik dan latihan beban selama 12 minggu terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada wanita yang kelebihan berat badan.

Olahraga secara rutin juga membantu penurunan berat badan dan menghambat pembentukan kolesterol di dalam tubuh.

Disarankan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit selama lima kali seminggu, untuk mendapatkan manfaatnya dalam mengurangi kadar kolesterol.

Itulah beberapa manfaat seledri untuk kolesterol yang bisa Anda ketahui dan juga beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kolesterol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News