Keluarga

Bikin Betah Masak, Ikuti 7 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih

Bikin Betah Masak, Ikuti 7 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih

MOMSMONEY.ID - Ingin betah memasak tapi tak nyaman karena miliki dapur yang kotor & berantakan? Coba ikuti cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih seperti yang berikut ini.

Dapur adalah ruangan yang sangat vital keberadaannya. Dapur harus ditata senyaman mungkin agar memasak bisa jadi salah satu kegiatan yang paling menyenangkan. Sayangnya, ada banyak dapur yang kotor dan kurang tertata.

Agar dapur terlihat lebih rapi dan bersih, MomsMoney telah merangkum aneka cara menata dapur supaya anggota rumah nyaman untuk memasak.

Apa sajakah cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih? Melansir dari The Spruce & HGTV, berikut artikelnya.

Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih

Baca Juga: Anti Berantakan, Ini 6 Tips Atur Freezer Supaya Es Tak Menggumpal

Kulkas & freezer

Cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih bisa dilakukan dengan mengatur kulkas & freezer.

Jika kulkasmu sangat berantakan tak pernah dibersihkan sama sekali, maka sebaiknya lewati tahap ini terlebih dahulu.

Namun jika kulkas tak terlalu kacau, Anda bisa mulai menata dapur dengan cara mengeluarkan aneka makanan yang sudah kedaluwarsa dari dalam kulkas. Cukup periksa apa yang perlu dibuang dengan mudah.

Anda juga dapat membuang bunga es yang terlalu banyak dalam kulkas.

Baca Juga: Ingin Kulkas Tetap Awet? Ikuti 7 Cara Merawat Kulkas Supaya Tak Mudah Rusak

Rolling cart storage

Rolling cart storage

Jika dapurmu cukup sempit namun punya banyak barang untuk disimpan, maka cara menata dapur yang paling mudah adalah dengan membeli rolling cart storage.

Rak berjalan ini bisa memuat aneka barang dan mudah di tarik kemana-mana karena memiliki roda. Jangan ragu untuk membeli barang ini untuk kegunaannya yang sangat bermanfaat.

Baca Juga: Tips Awetkan Sisa Daging Kurban di Kulkas Agar Tak Membusuk

Tata rak piringmu

Salah satu cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih bisa dilakukan dengan menata ulang rak piring.

Tempatkan piring-piring yang paling sering digunakan ke rak piring yang paling dekat dengan kompor, atau ke jarak yang mudah dijangkau. Hal ini dilakukan agar saat makanan sudah jadi, Anda tak kelimpungan mencari piring karena sulit dijangkau.

Periksa pantry

Punya pantry di rumahmu? Atau lemari khusus makanan? Jika ya, periksalah pantry tersebut. Cara menata dapur pantry pertama-tama periksa setiap tanggal kedaluwarsa makanan.

Baca Juga: Ini 3 Risiko yang Mengancam Kesehatan Jika Peralatan Dapur Anda Kurang Bersih

Pisahkan makanan & minuman yang mulai mendekati tanggal kedaluwarsa & mana yang masih jauh. Ini berguna supaya keluarga bisa mengutamakan memakan aneka makanan yang mendekati tanggal kedaluwarsa terlebih dahulu.

Namun jika didapati ada makanan yang masa kedaluwarsanya sudah lewat, segera buang.

Bersihkan laci serbaguna

Laci Serbaguna

Baca Juga: Tips Jitu Hilangkan Bau pada Spons Cuci Piring Setelah Masak Hidangan Lebaran

Punya laci serbaguna yang menyimpan segala macam peralatan seperti gunting dan semacamnya di area dapur? Coba bersihkan dan tata ulang semuanya.

Cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih bisa dilakukan dengan mulai memisahkan mana sajakah barang-barang yang ada di dalam laci tersebut yang sudah tak terpakai lagi, misalnya gunting berkarat. Segera buang barang-barang tersebut.

Setelah itu, lihat apakah masih ada barang yang tidak sesuai fungsinya dan berada dalam laci serbaguna tersebut. Pindahkan barang tersebut ke tempat seharusnya.

Tata ulang isi laci agar semua barang tak berantakan di dalamnya.

Pisahkan sendok & garpu

Modular drawer organizer untuk pisahkan peralatan makan

Cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih juga dapat dilakukan dengan menata peralatan makan, termasuk sendok & garpu.

Anda pasti lelah mencari & memisahkan mana pisau buah & mana pisau daging jika tempat peralatan makan terlalu sesak, bukan? Daripada membuang-buang waktu hanya untuk mengorek pisau, belilah modular drawer organizer agar bisa memisahkan sendok, garpu, dan pisau sesuai dengan kategorinya.

Baca Juga: 6 Langkah Bersihkan Dispenser Sendiri Agar Terhindar dari Bakteri
Bersihkan yang belum beres

Cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih yakni dengan memeriksa seluruh ruangan dapur & carilah kotoran yang belum dibersihkan.

Jika masih ada piring kotor di dalam bak cuci, segera cuci dan tata kembali di rak piring. Anda juga dapat menyeka meja dapur & permukaan meja lainnya menggunakan disinfektan agar lebih steril.

Dapur yang ditata & dibersihkan akan berbau harum dan membuat Anda betah memasak.

Itulah sederet cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih yang bisa Moms ikuti agar bisa mendapatkan dapur cantik seperti di restoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News