HOME, Keluarga

Ini 3 Risiko yang Mengancam Kesehatan Jika Peralatan Dapur Anda Kurang Bersih

 Ini 3 Risiko yang Mengancam Kesehatan Jika Peralatan Dapur Anda Kurang Bersih

MOMSMONEY.ID - Peralatan dapur bersentuhan langsung dengan makanan yang akan kita konsumsi. Untuk itu, peralatan dapur perlu dijaga kebersihannya.

Kebersihan peralatan dapur wajib untuk menjadi yang utama. Namun apabila dapur Anda termasuk ke dalam jenis dapur kotor, maka Anda perlu tahu beberapa risiko yang mengancam kesehatanm. Peralatan-peralatan ini meliputi: wajan, pisau, cerobong asap, dll.

Karenanya, berikut MomsMoney berikan risiko apa sajakah yang akan terjadi pada anda jika peralatan dapur yang digunakan kurang bersih.

Melansir dari Haute Coutellerie, Facilities Management Journal, dan Food Safety berikut liputannya!

Baca Juga: Promo J.CO 8-14 November 2021, BOGO Treat Buy 1 Get 1 Choco Forest Frappe Rp 40.000

Adanya Kontaminasi

Kontaminasi terjadi ketika kebersihan baik pada tangan anda maupun peralatan dapur yang digunakan kurang diperhatikan kebersihannya.

Bakteri Escherichia Coli dan Salmonella Enterica yang memicu datangnya penyakit diare dan sakit perut ini adalah jenis bakteri yang sering ditemukan di dapur.

Dapur Kotor

Bakteri-bakteri tersebut ditemukan pada 25% makanan dan peralatan dapur. Sementara bakteri Listeria dapat ditemukan pada sekitar 10% dari peralatan dapur tersebut.

Perlu diketahui bahwa bakteri Listeria Monocytogenes menurut Wikipedia merupakan penyebab dari penyakit Listeria. Penyakit ini merupakan akibat dari mengosumsi makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut.

Untuk menghindari adanya kontaminasi, pisahkan peralatan dapur seperti pisau dan alas ketika digunakan untuk memotong daging dengan memotong buah. Penggunaan alat dapur yang sama untuk pemakaian yang berbeda akan menimbulkan adanya kontaminasi yang berakibat buruk pada kesehatan.

Baca Juga: Promo Mingguan J.CO 8-14 November 2021, 1 Box Donat dan 1 Liter JCoffee

Ventilasi yang buruk

Ventilasi yang buruk menyebabkan terperangkapnya gas atau aroma hasil masakan di dalam rumah. Akibatnya, anda dapat berisiko keracunan gas akibat ventilasi yang buruk.

Peralatan dapur yang wajib dibersihkan untuk memperbaiki ventilasi ini adalah cerobong asap.

Cerobong asap perlu dibersihkan berkala agar dapat mengalirkan udara atau gas bekas hasil masakan ke luar rumah. Ini juga gunanya agar rumah tidak memiliki aroma bau menyengat dari apa yang telah kita masak.

Baca Juga: Rice Cookermu Rusak? Simak 4 Cara Agar Rice Cooker Awet dan Tahan Lama

Kuman yang tumbuh di makananmu

Kuman akan tumbuh di makananmu jika kamu memasak dengan suhu yang tidak tepat. Anda harus tetap menjaga makanan dalam suhu 60°C atau lebih setelah dimasak.

Jika anda tidak segera memakan makanan setelah beres dimasak, maka ada baiknya anda untuk menjauhkan makanan tersebut dari suhu bahaya (yakni suhu sekitar 4 - 60°C) agar kuman tidak berkembang biak.

Kuman akan berkembang pesat ketika makanan berada pada sumber panas seperti slow cooker, chafing dish, ataupun warming tray.

Itulah 3 risiko yang akan terjadi jika anda kurang memperhatikan kebersihan peralatan dapur. Jangan sampai anda mengorbankan kesehatan anda hanya karena ketidaktahuan akan hal-hal yang akan mengancam kesehatan perut dan tubuhmu.

Selanjutnya: Promo Burger King, Dapatkan Menu Terbaru King’s Chicken dengan Diskon GoPay dan OVO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News