Keluarga

Bikin Baju Rusak, Ini 5 Larangan saat Mencuci Pakaian Kotor pada Mesin Cuci

Bikin Baju Rusak, Ini 5 Larangan saat Mencuci Pakaian Kotor pada Mesin Cuci

MOMSMONEY.ID - Beberapa larangan berikut ini wajib dipatuhi saat akan mencuci pakaian kotor pada mesin cuci. Jika tak dipatuhi, pakaian berisiko rusak.

Meski mesin cuci digunakan hampir setiap hari, namun nyatanya masih banyak orang yang mengalami kekeliruan fatal tentang tata cara mencuci.

Kekeliruan ini dapat menyebabkan pakaian rusak, robek, hingga luntur. Tentu Anda tak mau hal ini terjadi, bukan?

Maka dari itu, mari intip beberapa larangan saat mencuci pakaian kotor pada mesin cuci, yang dirangkum dari Food52 dan Family Handyman, berikut ini.

Baca Juga: Ini 7 Benda yang Sebaiknya Tidak Anda Bersihkan Memakai Air Bertekanan Tinggi

Tidak menguji kadar air

Anda dilarang keras menggunakan air berkadar kalsium dan magnesium terlarut dalam jumlah tinggi untuk mencuci pakaian menggunakan mesin cuci. Pasalnya ini akan menyebabkan warna pakaian jadi memudar.

 "Air sadah yang tidak diolah dapat meninggalkan endapan mineral pada pakaian yang dapat memudarkan warna dan kualitasnya dari waktu ke waktu," ucap Tim Dunphy, pakar air di Leaf Home, dilansir dari Food52.

Untuk mencegahnya, Moms bisa menggunakan water softening atau pelembut air yang memang khusus untuk menghilangkan kadar kalsium, magnesium, dan kation logam tertentu pada air di rumah Anda.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu mengecek dan menguji air yang akan digunakan.

Baca Juga: Listrik Boros? Tenang, Begini Cara Menekan Tagihan Listrik di Rumah Anda

Tidak menyatukan semua pakaian yang berwarna

Sangat dilarang dilakukan, menyatukan seluruh pakaian berwarna terang dan gelap dapat mengakibatkan kesalahan fatal. Pakaian berwarna gelap dapat luncur dan mengotori pakaian berwarna terang.

Sebelum memasukkan pakaian ke mesin cuci, pisahkan pakaian yang berwarna gelap, terang, dan putih.

Khusus untuk celana denim, balikkan bagian dalam ke luar lalu cuci dengan air dingin dengan siklus lembut. Keringkan dalam suhu yang rendah agar warnanya tak memudar.

Tidak membiarkan ritsleting terbuka

Salah satu larangan saat mencuci pakaian di mesin cuci ialah dengan tidak membiarkan ritleting celana terbuka. Membiarkan ritsleting terbuka dapat membuat celana robek.

Perhatikan juga kaitan bra saat mencuci di mesin cuci. Kaitan bra yang tidak terjepit dapat menarik kain lain sehingga semua baju yang ada dalam mesin cuci jadi terbelit.

Baca Juga: Selain Kelaparan, Ternyata Ini Arti Perut Keroncongan

Tidak memasukkan detergen langsung ke baju

Kesalahan yang kerap kali terjadi adalah memasukkan detergen langsung ke pakaian. Ini membuat pakaian jadi tak bersih karena detergen hanya akan menggumpal dan tak rata membersihkan seluruh pakaian.

Cara yang benar untuk hasil cucian yang lebih bersih adalah dengan memasukkan pakaian kotor terlebih dahulu, lalu tambahkan air, dan terakhir tambahkan sabun. Jika ingin menggunakan pemutih, tambahkan air terlebih dahulu, barulah cucian yang kotor.

Kancing kemeja harus dibuka

Larangan keras bagi Anda yang suka mencuci kemeja di mesin cuci. Saat akan mencuci, Anda perlu membiarkan kemeja dalam keadaan tak terkancing. Membiarkan kancing kemeja tertutup saat dicuci dapat membuat kancing jadi rusak dan robek.

Hal ini menjadi kebalikan dari ritsleting yang saat dicuci pada mesin cuci, makaharus dalam keadaan tertutup.

Itulah berbagai larangan yang harus dihindari saat mencuci pakaian di mesin cuci. Tips-tips di atas wajib diikuti agar seluruh pakaianmu jadi tak mudah rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News