Santai

Selain Kelaparan, Ternyata Ini Arti Perut Keroncongan

Selain Kelaparan, Ternyata Ini Arti Perut Keroncongan

MOMSMONEY.ID -  Bukan hal aneh jika tubuh Anda mengeluarkan beberapa jenis suara. Salah satunya adalah perut keroncongan. Pernahkah Anda merasa tidak lapar namun perut tetap keroncongan? 

Melansir Cookist, ada beberapa alasan yang membuat perut Anda keroncongan. Faktanya, suara keroncongan ini tidak hanya suara gemuruh tetapi juga ada suara gemericik. Berikut beberapa alasan perut Anda keroncongan.

Baca Juga: 4 Kekuatan Suci Rembrary Melawan Iblis di Drakor The Heavenly Idol

Apabila Anda mendengarkan suara aneh pada perut setelah makan, kemungkinan itu adalah suara yang berasal dari gerak peristaltik atau otot polos yang berkontraksi untuk mendorong makanan ke usus kecil untuk langsung masuk ke usus besar. 

Perut manusia dapat diibaratkan sebagai mesin cuci, namun isinya bukan pakaian melainkan makanan, cairan yang diaduk bersama dengan oksigen yang masuk saat kita makan. Pergerakan ini yang membuat perut bergemericik. 

Selain itu, stres adalah satu-satunya hal yang dapat membuat perut Anda keroncongan terlepas dari apakah Anda sudah makan atau belum.

Saat Anda masuk ke ruangan yang penuh dengan aroma makanan lezat yang Anda suka, sangat memungkinkan perut Anda juga keroncongan. Ini terjadi karena otak mengirimkan pesan kepada perut untuk melepaskan hormon perangsang nafsu makan yaitu ghrelin. 

Hormon ini bertanggungjawab untuk memberi tahu usus dan perut Anda untuk berkontraksi. Kontraksi ini menyebabkan pergerakan organ-organ tersebut dan menyebabkan gemuruh yang Anda dengar. Ini pada dasarnya adalah rasa lapar yang terdengar.

Alasan lain perut Anda keroncongan adalah saat perut Anda mencerna makanan tertentu seperti kacang polong, kobis, brokoli dan kembang kol. Makanan dengan pemanis buatan seperti soda diet atau permen karet dengan sedikit gula juga masuk dalam kategori ini.

Baca Juga: Moms, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Sayur dan Buah yang Cukup saat Berpuasa

Sehingga perut yang keroncongan bukan tanda sesuatu yang buruk. Umumnya ini merupakan tanda bahwa sistem Anda bekerja dengan baik sehingga tidak ada yang perlu ditakutkan. Namun Anda perlu segera ke dokter jika suara keroncongan diikuti dengan rasa sakit, kembung atau perubahan gerak usus seperti mencret atau tidak bisa buang air besar selama berhari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News