Keluarga

Ini 7 Benda yang Sebaiknya Tidak Anda Bersihkan Memakai Air Bertekanan Tinggi

Ini 7 Benda yang Sebaiknya Tidak Anda Bersihkan Memakai Air Bertekanan Tinggi

MOMSMONEY.ID - Memiliki selang air bertekanan tinggi di rumah bisa menjadi solusi mudah untuk membersihkan area luar rumah yang kotor. Namun, ternyata ada 7 benda  yang sebaiknya tidak Anda bersihkan dengan air bertekanan tinggi. 

Air bertekanan tinggi di satu sisi sangat cepat membersihkan debu atau lumut. Tapi, bagi beberapa benda, tekanan yang dikeluarkan air dapat menyebabkan kerusakan. 

Menurut laman Homes and Gardens, ini 7 benda yang sebaiknya tidak Anda bersihkan memakai air bertekanan tinggi:

Baca Juga: Sebelum Jual Rumah, Yuk Ikuti 10 Aturan Feng Shui Ini Supaya Cepat Laku

1. Jendela

Membersihkan jendela merupakan salah satu pekerjaan yang paling memuaskan, saat Anda melihat jendela kotor cepat menjadi kinclong. Tapi, jangan pernah membersihkan jendela dengan air bertekanan tinggi. 

Air bertekanan tinggi seringkali bisa merusak jendela. Kaca jendela Anda bisa dengan mudah retak bahkan pecah. Air bertekanan tinggi juga bisa merusak segel jendela sehingga membuat rumah Anda mudah berjamur, lembap, dan berlumut.

Cara terbaik membersihkan jendela adalah dengan membuat campuran cuka dengan air atau dengan sabun cuci piring. Kemudian lap menggunakan kain microfiber. 

2. Kendaraan

Jika Anda ingin membuat kendaraan Anda mengkilai dan seperti baru, mungkin Anda pikir menggunakan air bertekanan tinggi bisa menjadi solusinya. Tapi hati-hati, membersihkan kendaraan dengan air bertekanan tinggi bisa menyebabkan kerusakan. 

Mungkin beberapa selang air bertekanan tinggi khusus untuk mencuci kendaraan. Hanya, Anda tetap tidak disarankan menggunakannya kecuali Anda yakin tak akan terjadi kerusakan. 

Selang yang mengeluarkan air bertekanan tinggi bisa meninggalkan bekas garis pada cat kendaraan Anda, menyebabkan karat dan korosi bahkan lebih buruk bisa merusak mesin atau roda gigi. 

Cara terbaik untuk membersihkan kendaraan adalah mencucinya secara manual menggunaan tangan dan spons lembut atau kain microfiber khusus untu kendaraan. Jika Anda benar-benar membutuhkan air bertekanan tinggi jaga jarak minimal 15 cm dari kendaraan. 

Baca Juga: Mana Sofa yang Lebih Cocok untuk Ruangan Kecil? Sofa Gelap atau Sofa Terang?

3. Semen taman

Membuat area khusus untuk tumbuhan adalah ide yang bagus untuk taman di rumah Anda. Anda bisa memiliki area khusus yang terpusah dari area lainnya dengan membuat batas dari semen. 

Area ini mungkin sering kali kotor, dan menggunakan air bertekanan tinggi bisa jadi solusi yang mudah. Tetapi, sebaiknya hindari menggunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkannya. Sebab, air bisa masuk ke taman dan malah merusak tanaman Anda. 

4. Bahan yang terbuat dari kayu

Membersihkan furnitur atau bahan lain yang terbuat dari kayu dengan air bertekanan tinggi dapat membuat kayu terbelah dan pecah. Selain itu, kekuatan yang berlebih dapat menghilangkan lapisan pelindung kedap air yang mungkin pernah Anda gunakan untuk melindungi furnitur Anda. 

Anda juga tidak disarankan membersihkan kayu dengan air mendidih karena dapat membuat kayu menjadi hitam secara permanen. Sebaiknya, Anda membersihkan furnitur kayu secara manual dengan tangan dan gosok selembut mungkin. 

Baca Juga: 10 Cara Bikin Kamar Mandi Anda Harum Sepanjang Hari

5. Lampu taman

Jika Anda memiliki hiasan berupa lampu taman, Anda akan dengan mudah melihat lampu di luar ruangan ini kotor. Apalagi setelah hujan. 

Tapi, meski lampu taman dibuat tahan pada perubahan cuaca ekstrem, tekanan yang sangat besar pada air bertekanan tinggi tetap tak bisa diatasi oleh lampu taman. Selain itu, Anda pasti juga tak mau air masuk ke dalam elemen listrik lampu taman. 

Cara terbaik untuk memembersihkan lampu taman adalah ambil bohlam kemudian lap dengan kain microfiber. Kemudian, bersihkan bagian luar dengan sikat untuk menghilangkan debu, sarang laba-laba, atau serangga mati. Setelah itu, lap dengan kain lembap dengan sabun. 

6. Atap

Atap biasanya menjadi area terakhir yang akan Anda bersihkan. Padahal, atap juga mudah berjamur dan kotor sehingga harus sering dibersihkan. 

Tapi, jangan pernah membersihkan atap menggunakan air bertekanan tinggi. Meskipun, cara ini sangat menggoda untuk Anda lakukan karena sangat cepat untuk menghilangkan debu dan kotoran lainnya. 

Cuma, air bertekanan tinggi bisa membuat atap yang sudah tua mudah rusak dan bocor. Sebaiknya, Anda memanggil ahlinya untuk membersihkan atap rumah Anda.

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem, Simak Cara Membangun Rumah yang Sejuk

7. Kolam renang

Kolam renang adalah lokasi yang mudah berjamur dan berlumut. Ini membuat Anda berpikir untuk membersihkan kolam dengan selang air bertekanan tinggi.  

Ta[i, tekanan yang terlalu besar ini bisa membuat plaster pada kolam rusak dan membuat kolam bocor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News