Keluarga

Listrik Boros? Tenang, Begini Cara Menekan Tagihan Listrik di Rumah Anda

Listrik Boros? Tenang, Begini Cara Menekan Tagihan Listrik di Rumah Anda

MOMSMONEY.ID - Mengetahui cara menekan tagihan listrik di rumah akan sangat berguna untuk menghemat pengeluaran bulanan Anda.

Saat waktunya membayar tagihan listrik, pernahkah Anda kaget dengan tagihan yang tiba-tiba melonjak tinggi? Atau, justru pulsa token listrik Anda akhir-akhir ini cepat habis? 

Mungkin, Anda banyak menggunakan peralatan yang banyak membutuhkan listrik. Sehingga, listrik di rumah Anda cukup boros.

Tentunya, di rumah Anda memiliki peralatan elektronik yang selalu menyala, seperti kulkas dan pemanas air. Jenis peralatan listrik seperti ini seharusnya memiliki sistem hemat energi untuk menekan konsumsi listrik yang berlebihan. 

Nah, peralatan elektronik yang terus menyala ini bisa menjadi penyebab tagihan listrik Anda naik signifikan, lo.

Sebab, meski tak banyak daya listrik yang dibutuhkan, jika Anda gunakan setiap hari maka akumulasi dalam satu bulan juga akan menjadi tagihan yang terasa besar. 

Baca Juga: Harus Tahu! Inilah 3 Hal yang Akan Terjadi Pada Kulit di Malam Hari

Peralatan apa saja yang membuat penggunaan listrik tinggi?

Sebelum mencari tahu cara menekan tagihan listrik, ada baiknya Anda mengetahui peralatan elektronik apa saja yang mengonsumsi cukup banyak listrik. 

Melansir Decor Tips, berikut jenis peralatan listrik yang mengonsumsi cukup banyak listrik:

  • Rol kabel atau perpanjangan colokan listrik. Peralatan ini biasanya dibiarkan tetap menyala dan terhubung dengan sumber listrik. Meski tak Anda gunakan, rol kabel atau perpanjangan colokan listrik tetap mengonsumsi daya listrik selama terhubung dengan listrik. 
  • Peralatan elektronik seperti tablet, alat pencukur jenggot, komputer, dan lampu. Peralatan ini juga tetap menggunakan energi listrik meski dalam kondisi mati. 
  • Membiarkan charger Anda terhubung ke sumber listrik juga menjadi penyebab tagihan listrik boros. 
  • Peralatan elektronik, seperti mesin cuci, mesin cuci piring, kulkas, dan microwave, yang tidak bisa Anda cabut sewaktu-waktu. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Moisturizer Terbaik dengan Kandungan Ceramide, Cobain Yuk!

Begini cara menekan tagihan listrik Anda

Setelah mengetahui peralatan atau kebiasaan apa saja yang membuat tagihan listrik Anda naik, berikut cara menekan tagihan listrik di rumah.

Kunci utama untuk menekan tagihan listrik di rumah adalah Anda harus bijak dalam penggunaan energi listrik.

Misalkan, Anda harus membangun kebiasaan untuk mematikan lampu saat tidak digunakan. Anda juga sebaiknya mematikan seluruh peralatan elektronik saat akan meninggalkan rumah. 

Membangun kebiasaan baik untuk menekan tagihan listrik di rumah perlu Anda lakukan dengan konsisten.

Setiap kali Anda selesai mengisi ulang daya gawai, seperti HP, laptop, atau tablet, cabut dari sumber listrik. Jika Anda tak menonton televisi, apalagi menjelang tidur, jangan lupa cabut kabel TV dari sumber listrik. 

Sama seperti rol kabel dan perpanjangan colokan listrik, tekan tombol untuk memutus daya listrik kapanpun Anda bisa.

Demikian cara menekan tagihan listrik di rumah supaya tak boros. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News