HOME, Keluarga

Bersihkan Bekas Stiker di Kaca Dengan 3 Cara Mudah Ini

Bersihkan Bekas Stiker di Kaca Dengan 3 Cara Mudah Ini

MOMSMONEY.ID - Membersihkan bekas stiker yang masih menempel di kaca memang susah-susah gampang. Pasalnya, bahan perekat yang terdapat pada stiker terkenal bandel dan sulit dibersihkan dengan cara biasa. Permukaan kaca yang halus dan bersih pun jadi kotor karena bekas stiker.

Untungnya, ada beberapa cara sederhana dan mudah yang bisa Anda coba untuk membersihkan bekas stiker di kaca. Metode ini bisa Anda gunakan di berbagai benda berbahan kaca, seperti kaca jendela, toples kaca, hingga cermin.

Dilansir dari The Spruce, bhg.com, dan hunker.com, berikut 3 cara untuk membersihkan bekas stiker di kaca.

Baca Juga: Moms, Coba Cara Ini untuk Menghilangkan Bekas Ompol dan Bau Pesing di Kasur

Rendam dengan air hangat

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah merendam gelas atau toples kaca selama 15-30 menit ke dalam air hangat yang dicampur dengan sedikit sabun pencuci piring.

Jika area yang akan dibersihkan tidak bisa direndam seperti kaca jendela dan cermin, Anda bisa membasahi bekas stiker tersebut dengan air, kemudian tutupi dengan handuk atau kain basah. Tunggu sekitar 30 menit.

Setelahnya, sebagian bekas stiker yang menempel di kaca akan lepas dan rontok dengan sendirinya. Gunakan benda tumpul yang tipis seperti ujung kartu plastik untuk menggosok permukaan kaca dan merontokkan sisa stiker yang masih menempel.

Hindari menggunakan benda tajam seperti pisau untuk mengambil sisa stiker karena dapat menggores permukaan kaca.

Jika cara ini masih belum berhasil untuk membersihkan bekas stiker di kaca, coba 2 cara di bawah ini.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Karpet Tanpa Vacuum Cleaner

Gunakan rubbing alcohol

Rubbing alcohol atau isopropyl alcohol umumnya digunakan untuk keperluan medis. Anda bisa memperolehnya di apotek atau toko obat terdekat.

Nah, rubbing alcohol yang kerap disebut sebagai alkohol gosok ini dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas stiker di kaca.

Caranya, tuangkan alkohol ke kain, handuk, atau tisu, kemudian tekan-tekan ke area yang ingin dibersihkan. Pastikan area bekas stiker cukup basah supaya alkohol dapat menembus lapisan perekat stiker dan bisa dibersihkan dengan mudah.

Tunggu selama kurang lebih 10 menit, kemudian gosok permukaan kaca dengan kain, handuk, atau tisu. Anda bisa mengulangi proses pembersihan selama beberapa kali sampai bekas stiker hilang dengan sempurna.

Gunakan minyak

Terakhir, Anda dapat menggunakan minyak untuk menghilangkan bekas stiker di kaca. Anda bisa memilih jenis minyak mana pun yang ada di rumah, seperti minyak goreng, minyak zaitun, baby oil, bahkan bahan makanan lainnya yang berminyak seperti selai kacang atau mentega.

Oleskan minyak di area bekas stiker, kemudian tutupi dengan plastik yang ditempelkan dengan selotip kertas untuk menahan tetesan minyak yang mungkin saja menetes ke bawah.

Tunggu selama kurang lebih 30 menit, kemudian gosok permukaan kaca menggunakan benda tumpul. Untuk membersihkan sisa minyak, gunakan air sabun atau cairan pembersih kaca.

Mudah, kan menghilangkan bekas stiker di kaca? Selamat mencoba, ya!

Selanjutnya: Cara Menghilangkan Kutu Kasur agar Tidur Lebih Nyaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News