HOME, Keluarga

5 Cara Membersihkan Karpet Tanpa Vacuum Cleaner

5 Cara Membersihkan Karpet Tanpa Vacuum Cleaner

MOMSMONEY.ID - Membersihkan karpet tanpa vacuum cleaner sebenarnya bukan hal yang mustahil, lo, moms.

Pasalnya, sebelum vacuum cleaner menjadi barang umum di rumah, orang tua atau kakek-nenek kita pun sudah sering menggunakan alat-alat tertentu untuk membersihkan karpet.

Karena itu, jangan terintimidasi oleh tips kebersihan rumah yang selalu menyarankan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet. Ada beberapa alat sederhana yang bisa digunakan untuk membersihkan karpet tanpa vacuum cleaner atau penyedot debu.

Dirangkum dari The Spruce, The Housewire, dan Oh So Spotless, berikut beberapa cara untuk membersihkan karpet tanpa vacuum cleaner.

Baca Juga: Moms, Coba Cara Ini untuk Menghilangkan Bekas Ompol dan Bau Pesing di Kasur

Sapu

Yup, sapu merupakan alat pembersih klasik yang juga bisa digunakan untuk membersihkan permukaan karpet.

Gunakan sapu dengan ujung kaku untuk membantu mengangkat debu dan kotoran dari karpet dengan sempurna. Bersihkan karpet dengan gerakan searah untuk meminimalisir kerusakan pada permukaan karpet karena gesekan dari ujung sapu.

Pemukul rotan

Alat yang satu ini memang sudah umum dimiliki sebagian besar rumah tangga di Indonesia. Pemukul rotan yang berbentuk seperti raket ini sering digunakan untuk memukul-mukul permukaan kasur untuk menyingkirkan debu.

Nah, moms juga bisa menggunakan pemukul rotan untuk membersihkan karpet dari debu dan kotoran. Caranya, tinggal gantungkan karpet di luar rumah dan pukul-pukul permukaan karpet untuk melepaskan debu dan kotoran.

Sikat

Selain sapu dan pemukul rotan, sikat juga merupakan alat klasik yang biasa digunakan untuk membersihkan karpet.

Untuk memudahkan proses bersih-bersih, gantungkan karpet di atas gantungan yang kokoh dan sikat permukaannya dengan bulu sikat yang kaku. Sebaiknya lakukan proses ini di luar rumah untuk menghindarkan isi rumah dari debu yang beterbangan.

Selama proses bersih-bersih, jangan lupa untuk sering-sering menyingkirkan debu dan kotoran yang mungkin tersangkut di bulu sikat.

Baca Juga: Terapkan Langkah Ini Untuk Membersihkan Rumah Pasca Isoman Covid-19

Sticky roller

Moms yang memiliki hewan peliharaan pasti tahu alat sticky roller yang biasanya digunakan untuk mengangkat bulu-bulu hewan.

Sticky roller atau lint roller juga bisa digunakan untuk membantu mengangkat debu dan kotoran yang menempel di karpet. Jika memungkinkan, gunakan sticky roller dengan ukuran besar supaya memudahkan proses bersih-bersih.

Cuci

Terakhir, moms bisa mencuci karpet untuk membersihkannya secara menyeluruh. Moms bisa mencuci secara manual atau menggunakan mesin cuci, tergantung kenyamanan.

Namun, tidak semua jenis karpet bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Periksa label pada karpet untuk memastikan apakah jenis karpet yang akan dibersihkan bisa dicuci menggunakan mesin cuci.

Jika karpet terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam mesin cuci, moms bisa memasukkannya ke laundry yang menawarkan jasa membersihkan karpet.

Nah, itu tadi 5 cara untuk membersihkan karpet tanpa bantuan vacuum cleaner. Hanya karena tidak memiliki alat canggih, bukan berarti kegiatan bersih-bersih harus terhenti. Selamat mencoba!

Selanjutnya: Catat, Ini Cara Mudah Untuk Membersihkan AC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News