Cara Menghilangkan Kutu Kasur agar Tidur Lebih Nyaman

Reporter: Kania Paramahita
Selasa, 03 Agustus 2021 | 11:20 WIB
Cara Menghilangkan Kutu Kasur agar Tidur Lebih Nyaman

ILUSTRASI. Proses menghilangkan kutu kasur membutuhkan waktu dan kesabaran, namun hasil yang didapatkan sepadan. KONTAN/Yuthi Fatimah

MOMSMONEY.ID - Kutu kasur atau tungau merupakan salah satu serangga kecil yang dapat merugikan manusia. Pasalnya, kehadiran kutu kasur di tempat tidur dapat menyebabkan berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal akibat digigit kutu.

Untungnya, kutu kasur bisa dihilangkan. Proses menghilangkan kutu kasur sebenarnya membutuhkan waktu dan kesabaran, namun hasil yang didapatkan toh sepadan. Anda tidak harus takut digigit kutu saat sedang tidur dengan nyaman.

Nah, jika Anda sedang mencari cara untuk mengatasi kutu kasur yang mengganggu, simak artikel ini. Dilansir dari Healthline, WebMD, dan U.S. Environmental Protection Agency (EPA), berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan kutu kasur.

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Mengusir Nyamuk di Rumah

Tanda-tanda keberadaan kutu kasur

Sebelum menghilangkan kutu kasur, Anda perlu memeriksa tanda-tanda tertentu untuk memastikan keberadaan kutu kasur.

Salah satu tanda yang paling terlihat adalah adanya bentol-bentol atau area gatal di tubuh Anda yang sebelumnya tidak ada saat Anda pergi tidur. Jika hal tersebut terjadi, cobalah untuk memeriksa kasur dengan menyeluruh.

Beberapa hal lain yang menandakan keberadaan kutu kasur antara lain:

  • Bercak atau noda darah kecil di sprei atau sarung bantal
  • Kotoran kutu berupa bercak gelap di sprei, kasur, sarung bantal, dan tembok
  • Kulit mati atau telur kutu di lipatan tersembunyi kasur
  • Bau tajam yang khas dari kutu kasur

Karena kutu kasur berukuran sangat kecil, mereka bisa menyelinap keluar-masuk melalui celah kecil dengan mudah. Anda bisa mencoba mencari kutu kasur di tempat-tempat yang kecil dan jarang terjangkau seperti lipatan kasur, sela-sela sofa, ranjang, dan lain-lain.

Jika Anda memang menemukan tanda-tanda keberadaan kutu kasur, maka Anda bisa memulai proses untuk menghilangkan kutu kasur.

Baca Juga: Terapkan Cara Ini Untuk Mengusir Tikus di Rumah

Editor: Kania Paramahita
Terbaru