HOME, Keluarga

Berkesan Adem dan Klasik, Berikut 4 Ide Penggunaan Lantai Semen di Rumah

Berkesan Adem dan Klasik, Berikut 4 Ide Penggunaan Lantai Semen di Rumah

MOMSMONEY.ID - Lantai semen merupakan salah satu jenis lantai yang populer digunakan di Indonesia selain lantai keramik.

Dibandingkan jenis lantai lainnya, lantai semen memiliki beberapa kelebihan tersendiri. Selain mudah dibuat dan murah karena tidak memerlukan komponen tambahan seperti lantai ubin, permukaan lantai semen yang polos cocok dipasangkan dengan gaya interior apa saja.

Selain itu, lantai semen dapat memberikan kesan rustic ala pedesaan yang kalem. Lantai semen juga cenderung dingin sehingga cocok untuk rumah di negara tropis seperti Indonesia.

Berikut ini ada beberapa contoh penggunaan lantai semen untuk interior rumah. Walaupun menggunakan gaya yang berbeda, semua interior rumah di bawah sama-sama memiliki kesan kalem dan nyaman.

Baca Juga: Jenis-Jenis Lantai untuk Interior Rumah, Jangan Salah Pilih!

Kamar tidur etnik yang homey

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cemcrete (@cemcrete)

Lantai semen memiliki permukaan yang polos dengan warna abu-abu yang netral, sehingga bisa digunakan untuk menyeimbangkan interior ruangan yang ramai.

Kamar tidur di atas menggunakan beragam pola dan warna yang mencolok pada furnitur dan dekorasinya, tapi tampilannya tetap nyaman dipandang karena diimbangi oleh warna abu-abu pada dinding dan lantai semen. Supaya tidak terlalu suram, ada kombinasi warna putih pada sisi lain dinding kamar.

Perpaduan antara pola etnik, warna-warna mencolok, dan lantai semen pun dapat menciptakan kesan adem dan homey yang nyaman bagi penghuni kamar.

Kesan elegan dan minimalis

Karena sangat versatile alias luwes, lantai semen bisa digunakan untuk melengkapi berbagai gaya interior, misalnya gaya minimalis.

Untuk menciptakan kesan minimalis pada ruangan, gunakan furnitur dengan desain simpel dan timeless. Anda juga bisa memadukan furnitur dengan desain yang sedikit mewah untuk menambah kesan elegan pada ruangan.

Sebagai pelengkap, gunakan karpet di lantai untuk mengurangi risiko penghuni rumah yang tergelincir karena lantai semen yang cenderung licin. Tambahkan juga penerangan dalam bentuk lampu dengan cahaya warm white yang lembut. Penampilan ruangan pun terlihat minimalis dan elegan.

Baca Juga: Ide Desain Lantai Keramik Monokrom, Rumah Keren dengan Warna Simpel

Ruang makan ala Japandi yang natural

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by THE GERDÜ (@gerdu.interior)

Lantai semen identik dengan kesan bangunan yang apa adanya dan natural. Jadi, lantai ini sangat cocok dipadukan dengan gaya Japandi yang mengusung kesan natural pada suatu ruangan.

Dapur dan ruang makan di atas menggunakan lantai semen yang halus sehingga menciptakan kesan ruangan yang kasual dan adem. Padukan dengan furnitur dan pernak-pernik kayu dengan finishing natural untuk mempertegas kesan Japandi.

Anda bisa menggunakan furnitur dan pernak-pernik dengan warna-warna netral warm tone atau cool tone sesuai dengan kesan yang ingin Anda timbulkan dalam ruangan. Jangan lupakan pencahayaan alami di dalam ruangan untuk menonjolkan kesan natural.

Ruang keluarga yang nyaman

Lantai semen dapat menciptakan kesan ruangan yang nyaman dan homey, misalnya pada ruang keluarga di atas.

Untuk menciptakan kesan ruangan yang nyaman dan homey, Anda bisa menggunakan furnitur dan dekorasi dengan desain simpel dan warna netral yang serasi. Anda juga bisa menggunakan furnitur berbahan kayu untuk menghadirkan kesan alami yang dapat melengkapi lantai semen.

Supaya perpaduan warnanya tidak terasa monoton, tambahkan warna hitam yang kontras dan pekat sebagai warna aksen pada pernak-pernik ruangan. Tambahkan juga karpet pada lantai sebagai variasi tekstur dan mencegah penghuni rumah tergelincir karena lantai semen yang licin.

Selanjutnya: Inspirasi Desain Tempat Tidur Minimalis, Cocok Untuk Beragam Gaya Interior Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News