Alasan Kenapa Kucing Takut dan Benci dengan Air

Sumber: The Spruce Pets
Rabu, 15 September 2021 | 14:14 WIB
Alasan Kenapa Kucing Takut dan Benci dengan Air

ILUSTRASI. Alasan Kenapa Kucing Takut dan Benci dengan Air.

MOMSMONEY.ID - Pernahkah kucing peliharaan Anda memberontak saat akan dimandikan? Atau barangkali Anda mengingat pertemuan pertama kali kucing Anda dengan air? Kucing memang selalu buruk bila berhadapan dengan air. Apalagi saat akan dimandikan.

Sebenarnya, kucing tidak benar-benar membenci air. Mereka hanya tidak menyukai efek dan pengalaman mereka saat terkena air. Dilansir dari Thesprucepets.com, banyak pengalaman kucing dengan air tidak positif, terjebak dalam hujan deras tanpa perlindungan, disemprot dengan air, dan mandi paksa. Ya, mandi memang selalu menjadi hal buruk bagi kucing mana pun.

Baca Juga: Memiliki Hewan Peliharaan, Salah Satu Terapi untuk Autisme

Kucing memiliki indera penciuman yang lebih hebat daripada manusia. Itulah kenapa aroma yang kuat seperti sampo dan parfum dapat menyebabkan kucing tidak menyukai mandi. Bahkan ada beberapa spekulasi bahwa kucing tidak menyukai aroma bahan kimia dari air keran.

Alasan lainnya, ketika bulu kucing terkena air, itu akan menjadi sangat berat, sehingga sulit bagi mereka untuk kembali ke keadaan kering dan hangat dengan cepat. Meski Anda tengah mengeringkan kucing dengan suatu alat, mereka terkadang akan menjadi marah karena tidak menyukai suara mesin pengering rambut yang ribut. Lagi-lagi, ini pengalaman buruk lainnya untuk mereka.

Faktor lainnya yang menyebabkan kucing takut air adalah karena kejutan. Sensasi air yang dingin akan mengejutkan kucing yang tak biasa dengan hal itu. Apalagi jika kucing jatuh ke dalam bak atau dimandikan dengan air yang dingin, tentu responnya akan buruk terhadap air.

Meski demikian, ketakutan dan kebencian kucing terhadap air tidak berlaku untuk semua ras. Latar belakang evolusi menjadi alasan mereka enggan dengan air. Untuk ras Van Turki dan Anggora Turki bahkan dikenal menyukai air dan kemampuan berenang. Sedangkan jenis lain seperti Bengal, Maine coon, dan American bobtail juga pecinta air.

Baca Juga: Kucing Peliharaan Sebaiknya Tidak Mengonsumsi Tikus Karena Risiko

Kendati demikian, masalah kucing dengan air ini dapat diatasi kok, Moms. Salah satunya dengan cara menciptakan hal positif tentang air dan mandi. Misalnya, mengajaknya bermain-main di bak mandi yang kering selama beberapa hari sebelum mereka mandi di tempat yang sama.

Anda juga dapat memancingnya dengan treats kesukaannya agar kucing memahami bahwa selalu ada makanan enak saat mandi. Memandikan kucing dengan air hangat juga bisa menjadi solusi untuk kucing yang takut. Sensasi air yang hangat akan menenangkan kucing yang cemas dan tidak akan mengejutkan mereka. 

Selanjutnya: Penyebab Kucing Peliharaan Selalu Kabur dari Rumah dan Cara Mengatasinya

 

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru