CLOSE [X]
ads

Kucing Peliharaan Sebaiknya Tidak Mengonsumsi Tikus Karena Risiko

Sumber: The Spruce Pets
Minggu, 12 September 2021 | 14:15 WIB
Kucing Peliharaan Sebaiknya Tidak Mengonsumsi Tikus Karena Risiko


MOMSMONEY.ID - Sejak zaman dahulu, kucing banyak dipelihara di pekarangan rumah untuk mengendalikan hama tikus di malam hari. Pendengarannya sangat tajam dan sangat tepat untuk menangkap sesuatu. Ya, kucing adalah hewan pemburu yang baik. Memakan tikus bagi kucing juga merupakan sifat biologi yang alami, faktor keturunan, dan nalurinya.

Namun, di zaman sekarang, kucing-kucing banyak dipelihara dan diberikan makanan yang sesuai untuknya dalam bentuk kemasan. Pemilik akan menjadi khawatir bila suatu saat kucing mereka akan menangkap tikus dan memakannya saat berkeliaran di rumah. Lalu, apakah hal ini aman?

Baca Juga: 5 Hal yang Dibenci Kucing Peliharaan dari Pemiliknya

Sebagai pemakan daging, kucing membutuhkan taurin dan asam amino esensial yang hanya didapat dari daging. Bagi kucing, tikus adalah daging yang berarti makanannya. Apalagi tikus memiliki gerakan yang menarik, sehingga kucing tergiur memburunya.

Sayangnya, tikus adalah hewan pengerat yang mengandung banyak panyakit. Dilansir dari The Spruce Pets, tikus dapat membawa virus, bakteri, parasit, dan bahkan racun yang dapat mempengaruhi kehidupan kucing Anda. Parasit yang menjangkit di tubuh kucing dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti toksoplasma, infeksi usus (cacing gelang), bakteri wabah, dan leptospirosis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tak membiarkan kucing menangkap atau memakan tikus.

Baca Juga: Nasi Boleh Diberikan Kepada Kucing, Asalkan Tidak Melebihi Ketentuan Ini

Kendati demikian, kucing rumahan tidak memiliki banyak akses untuk berburu, bila mereka tidak diizinkan keluar dari rumah. Kucing rumahan yang dipelihara sejak kecil tidak akan memiliki ilmu berburu dan tidak memahami apakah hewan tikus itu bisa dimakan atau tidak. Ketika mereka menemukannya, mereka hanya akan membawakannya kepada Anda sebagai hadiah karena tidak paham cara membunuh atau memakannya.

Meski ini adalah hal yang lucu sekaligus menjijikan, Anda sebaiknya memperhatikan kondisi kucing setelah menangkap tikus untuk Anda. Bagaimana pun, kucing Anda telah terpapar oleh hewan pengerat. Hubungi dokter hewan jika kemudian kucing menunjukkan gejala penyakit. 

Selanjutnya: Jangan Dipotong! Ini Pentingnya Fungsi Kumis pada Hewan Kucing

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER