Penyebab Kucing Peliharaan Selalu Kabur dari Rumah dan Cara Mengatasinya

Sumber: The Spruce Pets
Rabu, 15 September 2021 | 10:24 WIB
Penyebab Kucing Peliharaan Selalu Kabur dari Rumah dan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI. Penyebab Kucing Peliharaan Selalu Mencoba Melarikan Diri dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mengalami kucing peliharaan mencoba kabur atau bahkan sering mencoba untuk melarikan diri dari rumah? Sebelum Anda terpaksa menaruhnya ke dalam kandang supaya dia tidak mencoba kabur lagi, sebaiknya Anda perlu mengetahui apa penyebabnya.

Pada dasarnya, kucing merupakan binatang yang peka terhadap arah dan dapat kembali ke rumah meski memerlukan waktu agar mereka mau kembali.

Namun, untuk jenis kucing rumahan, Anda tak bisa menjamin hal itu karena mereka tak sepeka kucing liar. Usia kucing rupanya menjadi penentu alasan kenapa mereka ingin kabur.

Baca Juga: Memiliki Hewan Peliharaan, Salah Satu Terapi untuk Autisme

Kucing betina usia 6 bulan dan kucing jantan 1 tahun biasanya menunjukkan perilaku ingin kabur. Pada usia tersebut, kucing sudah birahi sehingga mereka membutuhkan kucing lain untuk kawin.

Maka, Anda perlu melakukan sesuatu untuk mencegah kehamilan yang tak diharapkan. Anda mungkin dapat mengawinkan dengan kucing pilihan Anda atau mensterilkan kucing.

Selain alasan bereproduksi, alasan kucing ingin keluar rumah adalah keinginan untuk berburu dan mencoba mencari mangsa. Dilansir dari The Spruce Pets, kucing rumahan juga masih memiliki dorongan genetik untuk melindungi wilayah mereka dan keluar untuk kawin, serta mencari mangsa.

Kucing jantan biasanya menyemprotkan air seni untuk menandai wilayahnya. Sebab, mereka sangat waspada terhadap potensi bahaya di dalam dan di sekitar rumah. Apalagi jika mereka mengetahui ada kucing lain yang suka mondar-mandir di dekat rumah.

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru