Keluarga

Agar Tak Salah Pilih, Ini 4 Cara Ketahui Tingkat Kematangan Buah Nanas

Agar Tak Salah Pilih, Ini 4 Cara Ketahui Tingkat Kematangan Buah Nanas

MOMSMONEY.ID - Kesulitan untuk mengetahui tingkat kematangan nanas? Ikuti beberapa cara ketahui tingkat kematangan nanas berikut ini!

Nanas memang cukup sulit untuk ditelaah tingkat kematangannya. Ini karena nanas memiliki kulit luar yang begitu keras dan tebal.

Namun ternyata, nanas masih bisa diketahui tingkat kematangannya hanya dengan melihat, mencium, dan meraba kulit luarnya, loh!

Mau tahu apa saja cara ketahui tingkat kematangan nanas agar tak salah pilih? Merangkum dari laman Parade dan Master Class, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Mengapa Nanas Harus di Rendam dalam Air Garam? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Pilih yang besar

Cara ketahui tingkat kematangan nanas adalah dengan memilih nanas yang terlihat paling montok dan besar. Semakin besar buah nanas secara keseluruhan, maka memungkinkan daging buah nanas yang didapatkan juga besar.

Periksa pangkalnya

Buah Nanas yang belum matang karena warna kulitnya secara keseluruhan masih berwarna hijau

Baca Juga: Cepat Mengantuk Setelah Makan? Tenyata Ini Penyebabnya

Sebetulnya, apa sih warna buah nanas itu? Apakah kuning atau hijau, ya? Ternyata, warna pangkal dari kulit luar buah nanas dapat mengindikasikan tingkat kematangan dari nanas itu sendiri, loh!

Apabila warna kulit luar buah nanas secara keseluruhan berwarna kuning, maka buah nanas dapat dikatakan telah matang. Sementara kulit luar buah nanas yang masih berwarna hijau mengindikasikan buah nanas belum matang sepenuhnya.

Perlu diketahui, buah nanas yang telah dipetik dari pohonnya tidak lagi dapat mengalami proses pematangan, sehingga penting untuk selalu mengecek kulit luar buah nanas sebelum membelinya, ya!

Baca Juga: 4 Makanan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Energi Secara Cepat saat Sedang Kelelahan Akut

Cium baunya

Untuk ketahui tingkat kematangan nanas, cukup cium baunya dari luar. Buah nanas yang telah matang memiliki rasa manis yang khas. Sementara buah nanas yang belum matang memiliki bau asam seperti cuka.

Tekstur

Buah Nanas yang telah matang karena warna kulitnya kuning secara keseluruhan

Baca Juga: 3 Cara Bikin Buah Alpukat Tak Berubah Warna Jadi Kecoklatan, Sudah Terbukti!

Cara mengetahui tingkat kematangan nanas bisa dilakukan dengan menekan kulit luarnya. Buah nanas yang sudah matang memiliki tekstur yang sedikit lunak jika dibandingkan dengan nanas yang masih mentah.

Itu dia beberapa cara ketahui tingkat kematangan nanas. Jika Moms ingin membeli buah nanas utuh di swalayan, maka tak ada salahnya untuk menerapkan cara-cara di atas sebelum membelinya, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News