3 Cara Bikin Buah Alpukat Tak Berubah Warna Jadi Kecoklatan, Sudah Terbukti!

Reporter: Raissa Yulianti
Sabtu, 24 September 2022 | 06:10 WIB
3 Cara Bikin Buah Alpukat Tak Berubah Warna Jadi Kecoklatan, Sudah Terbukti!


MOMSMONEY.ID - Ada beberapa buah yang mudah teroksidasi, salah satunya alpukat. Buah alpukat yang didiamkan di ruang terbuka lama kelamaan akan berubah warna jadi kecoklatan. Warna kecoklatan ini disebut melanin.

Meskipun sebenarnya aman, namun warna kecoklatan pada buah alpukat sangat mengganggu. Secara visual, alpukat yang kecoklatan jadi tak menggugah selera sehingga membuat orang berpikir bahwa buah tersebut sudah tak lagi segar, padahal tidak.

Untuk cegah oksidasi pada buah alpukat, laman Taste of Home, All Recipes, dan Well and Good telah mengujinya. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 4 Tips Efektif Bikin Potongan Buah Apel Jadi Cerah Tanpa Teroksidasi

Buah lemon/jeruk

Trik pertama yang ampuh cegah buah alpukat berubah warna jadi kecoklatan adalah dengan mengoleskan buah lemon/jeruk ke daging alpukat.

Secara alami buah lemon dan jeruk mengandung antioksidan yang tinggi yang bekerja melawan oksigen untuk perlambat kebusukan atau kecoklatan pada makanan tertentu.

Baca Juga: Pusing Setelah Makan Daging? Ini Cara Perbaiki Pola Makan Akibat Kolesterol

Minyak alpukat

Ada trik mudah lainnya untuk cegah perubahan warna jadi kecoklatan pada buah alpukat.

Triknya adalah dengan mengoles minyak alpukat ke seluruh potongan alpukat sebelum disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas.

Trik ini bukan hanya mudah dilakukan, tapi juga sudah terbukti tetap menjaga alpukat bertahan dalam kondisi baiknya selama 5 hari.

Kabar baiknya, minyak alpukat tak memberika rasa aneh pada buah alpukat. Minyak alpukat malah memberi rasa manis pada buah alpukat yang dipotong.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 7 Jenis Minuman Kopi Paling Umum ala Kafe Agar Tak Salah Beli

Bawang

Trik selanjutnya juga bisa cegah buah alpukat dari kecoklatan akibat oksidasi, yakni dengan memotong bawang.

Sebenarnya, bawang dikenal sebagai “teman” dari buah alpukat. Bawang mengandung senyawa belerang yang ketika dilepaskan, maka akan memperlambat oksidasi yang menyebabkan alpukat jadi berubah warna kecoklatan.

Baca Juga: Anda Penggemar Kopi? Simak 4 Cara Bikin Kopi Seenak Buatan Kafe

Bawang merah

Baca Juga: Suka Makanan Laut? Intip 4 Cara Efektif Hilangkan Bau Amis saat Masak Seafood

Caranya, cincang bawang merah secara kasar dan tempatkan dalam toples kedap udara. Taruh buah alpukat yang sudah dipotong ke dalam wadah tersebut dengan dilapisi plastik tipis/tissue sehingga alpukat tidak menyentuh bawang secara langsung.

Trik ini dapat membuat alpukat bertahan 2 hari penuh dalam masa terbaiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER