ads

Mengapa Nanas Harus di Rendam dalam Air Garam? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Reporter: Raissa Yulianti
Kamis, 04 Agustus 2022 | 09:51 WIB
Mengapa Nanas Harus di Rendam dalam Air Garam? Ini Penjelasan Ilmiahnya

ILUSTRASI. Buah nanas (dok/Country Life)


MOMSMONEY.ID - Saat Anda membeli buah nanas di supermarket ataupun tukang buah, Anda seringkali melihat buah nanas direndam dalam air garam. Tahukah Anda apa alasannya? Simak terus selengkapnya!

Ketika tengah mengonsumsi buah nanas, kerap kali kita merasa kesemutan pada lidah. Kesemutan ini terjadi bukan karena nanas punya cita rasa manis & asam yang ekstrim, melainkan karena adanya kandungan bromelain.

Baca Juga: Tak Disangka, 6 Makanan Sehat Ini Bisa Sebabkan Asam Lambung Naik

Bromelain merupakan adalah sebuah enzim yang hanya ditemukan di dalam buah nanas.

Jus nanas

Baca Juga: 3 Trik Teruji Cegah Buah Alpukat Berubah Warna Jadi Kecoklatan

Melansir dari The Plant Aide, Bromelain sendiri dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada bagian mulut sehingga dapat menyebabkan rangsangan pada selaput lendir, kesemutan lidah, hingga pusing kepala dan muntah-muntah.

“Bromelain dapat memecah protein sehingga menyebabkan sensasi yang tidak menyenangkan (kesemutan lidah) pada beberapa orang,” kata Michael Tunik, seorang asisten professor klinis seni kuliner dan ilmu makanan dari Drexel University di Philadelphia yang dilansir MomsMoney dari Eating Well.

Baca Juga: 3 Trik Permudah Mengupas Cangkang Telur Supaya Mulus Tanpa Sisa

Sayangnya, banyak orang yang tak menyadari bahwa sensasi kesemutan akibat mengonsumsi buah nanas adalah sebuah hal yang tak normal.

Enzim bromelain itu sendiri membuat jus nanas jadi bahan yang bagus sebagai bahan perendam yang membantu melunakkan daging karena kandungannya yang dapat memecah gelatin.

Baca Juga: Promo Baru Pizza Hut Agustus 2022, Aneka Menu Merah Putih dari Minuman hingga Pizza

Rendam nanas pada air garam

Ada sebuah solusi mencegah sensasi kesemutan lidah akibat makan buah nanas. Tak lain dan tak bukan dengan merendamnya pada air garam.

Melansir dari Eating Well, garam memicu enzim bromelain bekerja, sehingga ketika Anda akan memakannya, enzim tersebut telah berhasil dinon-aktifkan.

Cara yang mudah untuk dapat menon-aktifkan bromelain pada buah nanas adalah dengan merendamnya selama 15 menit dalam air garam.

Sekarang, Anda sudah tahu kan alasan mengapa Anda harus merendam buah nanas dalam air garam?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER