HOME, Keluarga

9 Karakteristik Rumah Gaya Jepang yang Hangat dan Menenangkan

9 Karakteristik Rumah Gaya Jepang yang Hangat dan Menenangkan

MOMSMONEY.ID - Anda penggemar produk kebudayaan Jepang seperti manga, anime, atau dorama? Jika ya, pasti Anda akrab dengan arsitektur dan interior rumah khas Jepang yang kerap ditampilkan di dalamnya.

Gaya rumah khas Jepang memang memiliki ciri khas yang membuat kita langsung mengenalinya saat dilihat. Dengan konsep yang simpel, minimalis, dan down to earth, rumah ala Jepang ini menarik untuk diulas, lo.

Ingin tahu apa saja ciri khas dan karakteristik rumah gaya Jepang? Dilansir dari Lifestyle Asia dan Homify, berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: 4 Inspirasi Kamar Mandi Warna Pink, Terkesan Cantik dan Manis

Pintu geser

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by POJ Studio (@pojstudio)

Pintu geser atau shoji merupakan salah satu elemen yang paling ikonik dari interior rumah gaya Jepang. Pintu geser yang bisa menghemat ruangan ini secara umum terbuat dari rice paper yang dibingkai oleh papan-papan kayu, walaupun versi modernnya mengganti kertas dengan panel kaca yang lebih awet. Penggunaan kertas atau kaca dapat membantu cahaya alami masuk ke ruangan dengan mudah.

Elemen kayu

Elemen natural seperti kayu sangat umum digunakan pada rumah-rumah Jepang, mulai dari material bangunan hingga furniturnya. Supaya penampilan alami kayu tetap terjaga, kayu-kayu tersebut biasanya diberi sentuhan akhir berupa wood stain alih-alih cat.

Tempat masuk khusus

Ketika berada ke rumah Jepang, Anda akan diwajibkan untuk melepas sepatu di depan rumah, tepat setelah pintu masuk. Tempat khusus untuk melepas sepatu ini bernama genkan, dan didesain lebih rendah daripada lantai rumah yang lainnya untuk mencegah debu dan kotoran masuk ke dalam rumah.

Furnitur yang rendah

Secara tradisional, rumah-rumah Jepang banyak menggunakan bantal duduk sehingga bisa lesehan di lantai dengan nyaman. Oleh karena itu, rumah Jepang menggunakan furnitur seperti meja dan kursi dengan ketinggian yang rendah. Biasanya, furnitur ini memiliki desain yang minimalis dan terbuat dari kayu.

Pencahayaan alami

Rumah Jepang banyak menggunakan konsep open space atau ruang terbuka, sehingga keberadaan pencahayaan alami sangat penting. Selain menggunakan jendela besar dengan tirai yang tipis, cahaya alami juga bisa dimasukkan lewat skylight yang dipasang pada atap rumah.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Motif Wallpaper yang Populer, Bikin Interior Rumah Makin Trendi!

Taman batu

Selain kayu, batu merupakan elemen alami yang banyak dijumpai di rumah Jepang. Biasanya, elemen ini hadir dalam bentuk taman batu indoor yang ada di tengah rumah. Taman ini terdiri dari “lantai” yang ditutupi batu, elemen air seperti kolam atau air mancur, dan tanaman hias.

Tatami

Tatami adalah tikar tradisional Jepang yang terbuat dari jerami. Mirip dengan lantai kayu, tatami dapat membantu membuat rumah terasa sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin. Bahkan, ruangan-ruangan di rumah Jepang biasanya diukur berdasarkan berapa banyak tatami yang muat di dalamnya.

Palet warna natural

Karena rumah Jepang banyak menggunakan material alam seperti kayu dan batu, wajar jika palet warna yang digunakan di dalamnya bersifat netral, natural, dan hangat. Warna-warna seperti abu-abu, coklat, hijau, dan keemasan dapat memberi kesan hangat yang nyaman dan menenangkan di dalam rumah.

Konsep minimalis

Rumah Jepang umumnya mengusung konsep minimalisme. Kesan minimalis ini hadir dari minimnya barang-barang yang membuat rumah berantakan, furnitur yang simpel dan minimalis, serta keberadaan bantal-bantal dan kasur yang bisa dilipat dan disimpan sehingga tidak memakan tempat.

Nah, itulah 9 ciri khas atau karakteristik rumah ala Jepang yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, menarik kan konsep rumah yang satu ini? Tertarik mengaplikasikannya ke rumah Anda?

Selanjutnya: Inspirasi Wallpaper Motif Tropis, Serasa Liburan di Pantai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News