Keluarga

9 Cara Mendekorasi Ruangan Kecil di Rumah Anda

9 Cara Mendekorasi Ruangan Kecil di Rumah Anda

MOMSMONEY.ID - Mendekorasi ruangan kecil rasanya seperti sesuatu yang mustahil dilakukan karena terbatasnya ruang gerak. Namun dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini, mendekorasi ruangan kecil bukan lagi hal yang mustahil. 

Saat mendekorasi ruang kecil di rumah Anda, rasanya Anda ingin ruangan tersebut cukup untuk semua barang tapi tidak mau terlalu sempit. Anda ingin menambahkan dekorasi kesukaan Anda, tanpa harus terlihat berantakan dan sesak. 

Pada akhirnya, terkadang Anda harus mengorbankan gaya yang Anda suka. Sebab, Anda akan mengutamakan ruangan cukup untuk semua barang penting Anda.  Supaya Anda tak bingung lagi, ikuti cara di bawah ini yuk!

Baca Juga: Begini Cara Mengecat Lemari Tanpa Perlu Mengampelas

Cara mendekorasi ruangan kecil di rumah Anda

1. Lantai ruangan harus tetap bersih dari barang-barang

Cara pertama mendekorasi ruangan kecil adalah memperhatikan ruang yang sempurna untuk Anda bergerak. Nah, caranya gunakan peralatan yang mengambang seperti rak dan nakas. 

Pilih peralatan yang bisa Anda pasang di dinding tanpa menggunakan kaki-kaki yang memenuhi lantai. Dengan menggunakan peralatan ini, Anda bisa mendapatkan ruang ekstra untuk penyimpanan. 

2. Pilih perlatan yang bisa dilipat

Anda memang membutuhkan meja kerja dan meja makan, tapi faktanya Anda tidak membutuhkan meja ini seharian penuh. Cara kedua mendekorasi ruangan kecil di rumah Anda adalah memilih meja dan peralatan lain yang bisa dilipat. 

Jadi, Anda bisa melipat meja kerja dan meja makan saat sudah tidak menggunakannya lagi. Ini membuat ruangan Anda terasa lebih laung.

Baca Juga: Ini Pedoman Mendekorasi Ulang Rumah Bergaya Skandinavian

3. Fokus pada pencahayaan

Ruangan kecil seringkali terasa lebih gelap karena jendela yang kecil bahkan tidak ada. Untuk mengatasi kekurangan cahaya ini, gunakan banyak sumber cahaya buatan di dalam ruangan.

Gunakan lampu langit-langit sebagai lampu utama, kemudian tambahkan lampu meja sebagai pelengkap. 

4. Tambahkan cermin di ruangan kecil

Jika Anda tidak diberkati dengan cahaya alami yang melimpah, cermin bisa membantu Anda memantulkan cahaya ke seluruh ruangan. Sehingga, saat mendekorasi ruangan kecil Anda perlu menambahkan cermin. 

Cara ini akan membuat ilusi ruangan jadi terasa lebih luas. Gunakan cermin dinding yang cukup besar. Bisa juga dengan menggunakan bebebapa cermin kecil dengan ukuran yang beragam.

Baca Juga: Ini 6 Kesalahan dalam Menata Dapur Kecil yang Wajib Dihindari

5. Pilih karpet yang tepat

Saat mendekorasi ruangan kecil di rumah Anda, gunakan karpet yang bisa menutupi seluruh permukaan lantai. Sehingga, seluruh furnitur Anda berdiri di atas karpet.

Menggunakan karpet berukuran kecil justru akan membuat ruangan Anda terasa lebih sempit.

6. Jangan takut menggunakan warna-warna berani

Saat memiliki ruangan kecil di rumah, jangan hanya terpaku untuk menggunakan warna putih sebagai warna utama. Anda bisa menggunakan warna yang berani.

Warna gelap di dinding dan langit-langit akan membuat ruangan terasa seperti kotak perhiasan. 

Baca Juga: Yuk Intip Inspirasi Warna Cat Dinding Rumah Kombinasi Dua Warna

7. Pertahankan ruangan untuk tetap kompak

Cara selanjutnya untuk mendekorasi ruangan kecil adalah menjaga kekompakan isinya. Gunakan palet warna yang terbatas, misalkan, terang dan lapang atau gelap dan dramatis.

Kemudian gunakan barang-barang yang sesuai dengan tema supaya terlihat tidak berantakan. 

8. Gunakan peralatan yang serbaguna

Saat mendekorasi ruangan kecil, gunakan peralatan yang serbaguna. Misalkan menggunakan kasur yang sudah built-in dengan laci untuk menyimpan seprai dan selimut. 

9. Bermain dengan skala

Cara mendekorasi ruang kecil di rumah Anda adalah menggunakan benda yang menarik perhatian mata.

Anda bisa menggunakan furnitur dengan ukuran yang biasa dan menggunakan lukisan atau benda dekorasi berukuran besar. Kemudian gunakan sedikit barang untuk mendekorasi rumah Anda. 

Demikian 9 cara mendekorasi ruang kecil Anda di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News