Keluarga

Begini Cara Mengecat Lemari Tanpa Perlu Mengampelas

Begini Cara Mengecat Lemari Tanpa Perlu Mengampelas

MOMSMONEY.ID - Saat akan mengganti warna cat lemari, hal yang paling membuat malas adalah Anda perlu mengampelasnya. Namun, ada cara mengecat lemari tanpa perlu mengampelas, lo.

Melansir Homes and Gardens, mengecat lemari tanpa mengampelasnya adalah pekerjaan yang sangat mudah dilakukan. Dengan melewati tahapan ini, Anda juga lebih bisa menghemat waktu dan tenaga. 

Namun, sebenarnya proses mengampelas sebelum mengecat lemari cukup penting dilakukan. Cara lama ini bisa membuat hasil akhir cat lemari Anda jadi lebih halus. 

Nah, bahan lemari Anda bisa membuat cara yang berbeda dalam mengecat tanpa perlu mengampelasnya.

Furnitur yang sudah dilaminasi dan ingin dicat tanpa perlu diampelas membutuhkan semacam deglosser, ampelas cair atau primer pengikat untuk membuat cat menempel dengan benar. 

Sedangkan mengecat furntir kayu, Anda bisa menggunakan cat dasar kayu biasa dan lapisan atas tergantung pada jenis cat yang digunakan.

Baca Juga: Ini Lo Jenis Cat yang Cocok untuk Dapur Anda

Cara mengecat lemari tanpa perlu diamplas

1. Bersihkan lemari Anda

Sama seperti membersihkan dinding sebelum mengecatnya, membersihkan permukaan lemari sangatlah penting untuk memastikan setiap lapisan cat bisa dengan halus menempel pada furnitur dan tidak mudah mengelupas. 

Untuk cara ini, Designer Archute Jacky Chou menyarankan Anda untuk melepaskan perangkat keras seperti kenop atau tarikan dan bersihkan seluruh permukaan dengan detergen ringan untuk menghilangkan kotoran dan minyak. 

2. Gunakan ampelas cair pada lemari yang sudah dilaminasi

Jika furnitur Anda sudah dilapisi laminasi, seperti produk-produk di IKEA, Anda bisa melakukan deglossing atau menggunakan ampelas cair untuk membantu memperhalus permukaan sebelum dicar. 

Tenang saja, meski namanya menggunakan ampelas cair, Anda tak perlu mengeluarkan tenaga untuk menggosok lemari Anda. Hanya saja, Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk membiarkan produk ini mengerjakan tugasnya. 

Baca Juga: Jangan Salah Pilih Warna Cat Dinding Rumah, 5 Warna Ini Sudah Ketinggalan Zaman

3. Tambahkan lapisan dasar pengikat

Jika Anda tidak ingin mengamplas lemari sebelum mengecatnya, gunakan cat lapisan dasar dengan kualitas tinggi. Lapisan dasar pengikat kualitas tinggi ini akan membantu cat Anda semakin menempel pada permukaan lemari. 

Tapi, jangan sembarangan memberi lapisan dasar pengikat cat ini. Anda perlu tahu jumlah yang diperlukan.

Cari tahu terlebih dahulu pada instruksi pemakaian atau gunakan dua lapis. Biarkan lapisan pertama mengering terlebih dahulu, sebelum Anda memberikan lapisan kedua. 

4. Pilih cat khusus untuk furnitur

Jenis cat juga sangat berpengaruh pada hasil akhir cat lemari Anda. Saat mengecat lemari tanpa mengampelasnya, Anda punya tiga pilihan jenis cat yaitu cat mineral, cat kapur dan cat susu dengan agen pengikatnya. 

Cat mineral adalah pilihan yang tepat karena melekat dengan baik pada berbagai jenis permukaan tanpa perlu pelapis dasar atau pengampelasan yang berat. 

Sedangkan cat kapur memberikan hasil akhir yang indah dan membutuhkan persiapan permukaan yang sedikit sehingga ideal untuk mengecat lemari tanpa perlu mengampelas. 

Adapun cat susu dan agen pengikat adalah pilihan yang tepat jika Anda mencari produk non-toksik. Anda bisa mencampurkan cat susu dengan agen pengikat yang kemudian akan berbentuk pasta yang akan melekat baik pada permukaan tanpa pengamplasan. 

Baca Juga: Ini Pedoman Mendekorasi Ulang Rumah Bergaya Skandinavian

5. Lengkapi dengan top-coat untuk hasil yang tahan lama

Saat mengecat lemari tanpa mengampelas, Anda membutuhkan top-coat untuk membuat cat tahan lama. Jadi setelah mengecat, Anda harus melapisi cat lemari Anda.

Anda bisa menggunakan top-coat berbahan dasar air untuk supaya hasil cat tahan lama dan tetap melindungi permukaan lemari. Dengan top-coat ini, lemari Anda bisa jadi lebih kokoh. 

Demikian cara mengecat lemari tanpa mengampelasnya. Jika Anda melewati proses mengampelas sebelum mengecat dan tidak melengkapi langkah persiapan lain seperti membersihkan dan memberi cat pelapis dasar, maka cat akan mudah mengelupas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News