Keluarga

Ini 6 Kesalahan dalam Menata Dapur Kecil yang Wajib Dihindari

Ini 6 Kesalahan dalam Menata Dapur Kecil yang Wajib Dihindari

MOMSMONEY.ID -  Ruangan yang cukup adalah hal yang paling berharga di dapur kecil. Nah, maka Anda perlu menghindari 6 kesalahan ini saat menata dapur kecil. 

Saat Anda menata dapur dengan cara yang salah, Anda tidak akan mendapatkan ruang penyimpanan yang cukup serta pengalaman memasak yang menjengkelkan. Maka Anda perlu menata dapur dengan tepat supaya tetap fungsional dan nyaman digunakan. 

Baca Juga: Simak Daftar Kegiatan di Rumah yang Paling Banyak Membakar Kalori

Dari sekian banyaknya dapur kecil yang mudah ditemui di kehidupan modern ini, setidaknya ini 6 kesalahan yang perlu Anda hindari saat menata dapur kecil!

1. Pemanfaatan dapur yang tidak efisien
Melansir Homes and Garden, kesalahan pertama dalam menata dapur mungil adalah tidak memperhatikan kemudahan dalam penggunaan dan keamanannya. Memilih tata letak dapur yang tepat khususnya di dapur yang kecil sangat penting karena dimensi yang berkurang. 

Kesalahan yang sering terjadi adalah menata dapur tanpa pertimbangan matang sehingga membuat dapur terasa padat dan tidak teratur. Untuk menghindarinya, maka Anda perlu memperhitungkan dimensi peralatan dan fungsinya. 

Pastikan ada ruang yang cukup di sekitar peralatan dan meja untuk memudahkan pergerakan. Gunakan aturan jarak ruang dapur untuk menciptakan jalan setapak yang sesuai dan tempat penyimpanan peralatan yang pas.

2. Countertop yang berantakan

Kesalahan kedua dalam menata dapur mungil adalah menyimpan terlalu banyak barang di atas countertops. Kesalahan ini cukup sering terjadi. 

Karena ruang yang sangat minim, seringkali dapur mungil memiliki countertop yang penuh dan berantakan. Jika bisa, rencanakan ruang khusus untuk peralatan memasak Anda. Singkirkan microwave, pemanggang roti dan mesin espresso dari countertop sehingga Anda memiliki ruang yang cukup untuk menyiapkan makanan. 

3. Memiliki peralatan yang terlalu besar

Kesalahan ketiga dalam menata dapur kecil adalah Anda memiliki peralatan yang terlalu besar di dapur. Peralatan yang terlalu besar bisa membuat dapur terasa ramai dan menghalangi ruang gerak. 

4. Pencahayaan yang terlalu terang

Kesalahan selanjutnya dalam menata dapur kecil adalah menggunakan pencahayaan yang terlalu terang. Ini membuat dapur justru terasa sempit. 

Saat menata dapur kecil mempertimbangkan skala dan proporsi saat bekerja sangatlah penting untuk membuat dapur harmonis . Anda bisa memilih lampu indah yang elegan dengan bahan cantik untuk dapur kecil Anda. 

5. Menutup cahaya alami

Berhati-hatilah dalam menata dapur kecil yang bisa mengurangi jumlah cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan. Menempatkan wastafel di bawah jendela membuat are tetap terbuka. Anda mungkin juga membutuhkan dapur yang bisa meningkatkan jumlah cahaya matahari yang masuk  untuk membuat dapur jadi lebih terang. 

Baca Juga: Ingin Mengubah Dinding Rumah menjadi Dinding Batu Bata Alami? Begini Caranya!

6. Menggunakan kabinet atas untuk menyimpan terlalu banyak barang

Menggunakan kabinet di bagian atas bisa sangat membantu mendapat ruang penyimpanan yang banyak. Namun  di dapur kecil, kabinet atas justru membuat ruangan terasa berat dan sesak.

Sebaiknya hindari membuat dinding kabinet atas penuh. Justru gunakan kabinet dinding atas untuk memajang karya tercantik Anda. Jika sangat dibutuhkan pasang kabinet atas ini sampai ke langit-langit. 

Demikian 6 kesalahan saat menata dapur yang sebaiknya Anda hindari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News