Keluarga

Ingin Mengubah Dinding Rumah menjadi Dinding Batu Bata Alami? Begini Caranya!

Ingin Mengubah Dinding Rumah menjadi Dinding Batu Bata Alami? Begini Caranya!

MOMSMONEY.ID -  Jika Anda bosan dengan dinding berlapis cat di rumah dan ingin menjadi dinding batu bata alami, begini caranya!

Menggunakan dinding batu bata yang terekspos membuat ruangan Anda memiliki karakter tersendiri. Dinding batu bata ini juga cukup populer digunakan dalam beberapa tahun terakhir, karena mewakili kesan alami sekaligus industrial. 

Kini keinginan memiliki dinding batu bata yang terekspos ini bukan hanya mimpi. Anda bisa mewujudkannya di rumah Anda dengan melakukannya sendiri. Melansir Ideal Home, begini caranya!

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mengatasi Frustasi saat Bekerja, Bisa Dicoba Nih Moms!

Cara membuat dinding batu bata yang terekspos di rumah sendiri

1. Tentukan dinding sebelah mana yang ingin Anda ekspos unsur batu-batanya

Cara membuat dinding batu bata yang pertama tentunya memilih sisi dinding sebelah mana yang ingin Anda ekspos. Pastikan dinding tersebut tidak memiliki jendela dan pintu untuk memudahkan kerja Anda. 

Selain itu, copot terlebih dahulu colokan listrik di dinding tersebut. Untuk mempermudah kerja Anda, pilih dinding dengan area tersempit. 

2. Periksa kembali apakah dinding Anda cocok dijadikan dinding batu bata

Cara kedua membuat dinding batu bata di rumah Adalah memeriksa kembali dinding yang akan Anda ubah. Ambil drill dan buat sedikit lubang untuk memastikan benar-benar ada batu bata di belakangnya. 

Jika batu bata Anda dalam kondisi baik, lanjutkan pekerjaan Anda. Jika batu bata Anda dalam kondisi tidak baik, panggil jasa profesional untuk memeriksa dinding dan fondasinya. Kemudian pertimbangkan menggunakan slip batu bata untuk mendapatkan tampilan yang baik. 

3. Siapkan ruangan Anda

Cara ketiga untuk membuat dinding batu bata terekspos di rumah adalah menutup segala yang ada di rumah Anda supaya tidak terkena debu dan kotorannya. Sebab mengekspos batu bata bisa membuat banyak kekacauan di kamar Anda. 

Saat mengerjakannya, siapkan juga kaca mata, sarung tangan dan baju lama yang tidak akan Anda gunakan untuk berpergian.  Lalu, singkirkan furnitur dari ruangan jika memungkinkan. 

4. Mulai kupas dinding Anda

Jika ruangan Anda sudah terlindungi sepenuhnya, Anda bisa mulai untuk mengupas dinding Anda. Mulai degan memukul dinding Anda dengan palu untuk memecah lapisan terluasnya.

Mulai dari kiri ke kanan kemudian hati-hati mengupas bagian terluar dinding dengan sekop atau pisau dempul. Untuk mulai mengelupas plester kenakan peralaan keselamatan Anda, ambil pahat dan palu. 

Pegang pahat pada sudut 45 derajat dan ketuk palu di bagian belakangnya untuk mengetahui jumlah tekanan yang dibutuhkan. Hindari merusak bata dengan mengikis plester pada sudut 90 derajat. 

Baca Juga: Pahami 6 Cara Menggunakan Body Lotion dengan Benar untuk Hasil Maksimal

5. Rapikan batu bata Anda

Setelah And selesai mengelupas bagian luar dinding dan batu bata Anda sudah terlihat semua, hilangkan debu sebanyak mungkin. Gunakan sikat kawat dengan campuran air sabun gula dan garam. Bersihkan dengan larutan tersebut kemudian diamkan hingga kering selama satu malam. 

6. Selesaikan dengan menggunakan produk seal batu bata
Menggunakan seal batu bata dapat melindungi dinding dari kelembapan. Terutama jika dinding berada di dapur dan kamar mandi. Gunakan dua lapis sealant untuk perlindungan yang lebh efektif. 

Demikian cara mengubah dinding kamar Anda menjadi dinding batu bata yang terekspos. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News