HOME, Keluarga

7 Tips Memilih Lemari Pakaian yang Pas untuk Anda

7 Tips Memilih Lemari Pakaian yang Pas untuk Anda

MOMSMONEY.ID - Lemari pakaian merupakan salah satu furnitur yang keberadaannya cukup penting di rumah. Tidak hanya berfungsi untuk menyimpan pakaian, tapi lemari juga dapat digunakan untuk menyimpan barang lainnya, seperti aksesori dan handuk mandi yang belum terpakai.

Oleh karena itu, memilih lemari pakaian yang pas untuk kebutuhan Anda hukumnya juga penting. Lemari pakaian yang pas akan memudahkan Anda dalam menyimpan dan menata koleksi pakaian. Sementara hal sebaliknya akan terjadi jika Anda memilih lemari pakaian yang kurang tepat.

Nah, kira-kira apa saja yang harus diperhatikan saat memilih dan membeli lemari pakaian? Dirangkum dari Homify UK dan Pinkvilla, berikut tipsnya.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Rumah Tangga dari BOLDe yang Terjangkau dan Berkualitas

Ukur ruangan yang akan ditempati oleh lemari

Karena termasuk furnitur yang cukup besar, Anda perlu mengukur ruangan dan area yang akan ditempati oleh lemari pakaian supaya nantinya rumah Anda tidak terasa sesak. Pilihlah lemari pakaian dengan ukuran yang proporsional dengan ruangan yang akan ditempatinya. Menentukan ukuran yang sesuai juga dapat membantu penjual memilihkan lemari pakaian yang pas dengan Anda.

Hitung kapasitas yang Anda perlukan

Selain luas dan besaran lemari, Anda juga perlu menghitung kapasitas lemari sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki pakaian yang perlu digantung, mungkin Anda perlu lemari pakaian yang memiliki gantungan di dalamnya.

Atau, jika Anda hanya memiliki kaus dan kemeja serta memiliki area yang terbatas di rumah, mungkin Anda membutuhkan lemari yang tinggi dengan banyak laci atau rak.

Pilih desain lemari yang cocok dengan gaya interior rumah Anda

Lemari pakaian merupakan furnitur yang cukup mencolok, sehingga Anda perlu memastikan lemari yang Anda pilih akan membaur dengan interior rumah. Misalnya, jika rumah Anda mengusung gaya minimalis yang simpel, jangan memilih lemari pakaian yang terkesan vintage. Intinya, pilihlah lemari yang dapat melengkapi penampilan rumah Anda.

Baca Juga: Inspirasi Ruang Keluarga Bergaya Retro yang Stylish dan Penuh Warna

Pilih model pintu lemari yang tepat

Sedikit berhubungan dengan poin-poin sebelumnya, desain atau model pintu merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih lemari pakaian. Misalnya, jika Anda ingin menghemat ruang, pilihlah lemari dengan model pintu geser. Jika ada cukup ruang di rumah Anda, tidak ada salahnya memilih lemari dengan pintu ayun yang biasa.

Sesuaikan dengan budget

Setelah mengetahui kebutuhan Anda, pilihlah lemari pakaian dengan harga yang sesuai dengan budget atau anggaran Anda. Hindari berkompromi dengan budget atau kebutuhan Anda hanya karena menemukan model lemari pakaian yang disukai. Kuncinya, lakukan riset dan pencarian dengan teliti supaya menemukan lemari yang tepat.

Baca Juga: Mencuci Baju Bayi Tak Boleh Sembarangan, Simak Tipsnya di Sini

Periksa lemari yang diincar secara langsung

Supaya terhindar dari kerugian setelah membeli lemari, ada baiknya Anda memeriksa lemari yang diincar secara langsung. Selain memeriksa apakah ada bagian yang rusak, Anda juga dapat memeriksa apakah lemari yang diincar memang memiliki ruang yang cukup untuk memuat seluruh pakaian Anda.

Periksa apakah ada opsi custom

Beberapa produsen furnitur biasanya menawarkan opsi untuk melakukan custom furnitur sesuai permintaan konsumennya. Jika Anda tidak menemukan lemari pakaian yang sesuai dengan ekspektasi, hal ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan lemari impian Anda.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan saat akan memilih dan membeli lemari pakaian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mempraktikkan!

Selanjutnya: Punya Dapur Sempit? Yuk, Ikuti Tips ini untuk Memaksimalkan Ruang di Dalamnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News