HOME, Keluarga

Mencuci Baju Bayi Tak Boleh Sembarangan, Simak Tipsnya di Sini

Mencuci Baju Bayi Tak Boleh Sembarangan, Simak Tipsnya di Sini

MOMSMONEY.ID - Berbeda dengan orang dewasa, bayi yang baru lahir jauh lebih sensitif dan rentan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga segala hal yang berhubungan dengan bayi harus diperlakukan dengan hati-hati.

Hal tersebut termasuk cara mencuci baju bayi. Karena termasuk benda yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda harus ekstra hati-hati saat mencuci bajunya supaya tidak mengiritasi kulit dan memicu alergi.

Dilansir dari Popsugar dan bhg.com, berikut tips untuk mencuci baju bayi.

Baca Juga: Ini Cara Merawat Lantai Kayu yang Benar Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

Baca label pada pakaian

Sama seperti pakaian biasa, Anda perlu membaca dan memperhatikan label pada baju bayi untuk melihat apakah ada instruksi-instruksi tertentu mengenai cara mencuci baju tersebut. Misalnya, ada baju yang tidak boleh dicuci dengan air panas, ada yang tidak boleh disetrika, dan lain-lain.

Dengan membaca label pada baju bayi, Anda bisa menentukan cara pencucian yang tepat dan membantu mempertahankan kualitas baju supaya tetap nyaman dikenakan bayi.

Cuci baju baru sebelum digunakan

Baju bayi yang masih baru bisa saja masih mengandung bahan pewarna, residu, dan bakteri yang tertinggal di serat-serat kainnya. Hal tersebut tentu dapat mengiritasi kulit bayi, sehingga Anda perlu mencuci baju bayi yang masih baru sebelum digunakan untuk pertama kalinya.

Rendam dan bersihkan noda yang menempel sebelum dicuci

Sudah bukan rahasia lagi jika baju bayi rentan terkena noda, mulai dari liur, ingus, hingga fesesnya. Noda-noda ini perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum Anda mencucinya, sebab noda tersebut penuh dengan bakteri yang sulit dibersihkan hanya dengan satu kali pencucian.

Sebagai langkah pertama, Anda bisa merendam baju bayi terlebih dahulu untuk membantu “melepaskan” noda yang menempel. Lalu, sikat noda tersebut perlahan dengan sikat yang lembut, misalnya sikat gigi bekas. Setelah nodanya teratasi, barulah cuci baju seperti biasa.

Baca Juga: Tips Untuk Mencegah Bau Apek di Rumah Saat Musim Hujan, Mudah Dilakukan!

Cuci baju setiap kali selesai dikenakan

Masih berhubungan dengan poin di atas, Anda harus mencuci baju bayi setiap kali selesai dikenakan. Selain noda-noda yang disebutkan sebelumnya, menggunakan baju yang sama dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan penumpukan keringat dan memicu biang keringat yang membuat bayi tidak nyaman.

Gunakan deterjen yang lembut

Saat mencuci baju bayi, sebaiknya Anda menggunakan deterjen dengan kandungan yang gentle atau lembut, misalnya tidak menggunakan pewangi atau bahan kimia yang keras. Pasalnya, deterjen dengan kandungan yang keras layaknya deterjen biasa dapat meninggalkan residu yang mengiritasi atau memicu alergi pada kulit bayi.

Pisahkan baju bayi dengan cucian lainnya

Jika memungkinkan, cuci baju bayi secara terpisah dengan pakaian Anda. Hal ini dapat membantu mencegah baju bayi terkena bakteri atau partikel merugikan lainnya yang datang dari cucian lain. Jika Anda menggunakan mesin cuci untuk mencuci baju bayi, gunakan mesh laundry bag supaya baju yang dicuci tidak mudah tercecer.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat mencuci baju bayi. Selamat mencoba!

Selanjutnya: 6 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik yang Berkualitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News