HOME, Keluarga

Inspirasi Ruang Keluarga Bergaya Retro yang Stylish dan Penuh Warna

Inspirasi Ruang Keluarga Bergaya Retro yang Stylish dan Penuh Warna

MOMSMONEY.ID - Jika Anda menyukai tampilan ruang keluarga yang ceria tapi masih memiliki sentuhan klasik, gaya retro bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dikutip dari Interiio Singapore dan The Spruce, interior dengan gaya retro mengambil inspirasi dari gaya yang populer pada tahun 1950-an hingga 1970-an. Namun, berbeda dengan gaya vintage, gaya retro tidak mengharuskan penggunaan furnitur atau dekorasi yang terlihat kuno atau antik, sehingga Anda dapat memasukkan banyak sentuhan modern pada gaya interior ini.

Selain terlihat unik dengan perpaduan gaya klasik dan modern, gaya retro juga identik dengan penggunaan warna-warna yang berani, tapi terkesan kalem sehingga masih nyaman di mata. Jadi, gaya retro dapat membantu menghidupkan suasana ruang keluarga Anda.

Ingin tahu bagaimana penggunaan gaya ini untuk dekorasi ruang keluarga? Yuk, tengok inspirasinya di bawah ini!

Baca Juga: Mengenal Interior Gaya Retro yang Stylish dan Penuh Nostalgia

Sofa biru sebagai titik fokal

Seperti yang sudah disebutkan di atas, gaya retro identik dengan penggunaan warna-warna yang berani, tapi masih tergolong aman sehingga tidak terlalu mencolok dan menyakiti mata. Misalnya, Anda bisa menggunakan warna biru gelap, merah marun, hingga coklat.

Contohnya seperti ruang keluarga di atas. Sofa berbentuk L dengan warna biru tua menjadi salah satu titik fokal yang menarik di ruangan tersebut, bersamaan dengan warna-warna ceria lainnya. Untuk mengimbangi warna-warna tersebut, pemilik rumah memilih untuk menggunakan warna netral pada lantai dan dinding ruang keluarga.

Warna oranye yang segar

Masih berbicara soal penggunaan warna ceria, Anda bisa menggunakan warna oranye pada ruang keluarga bergaya retro untuk memberi kesan hangat dan segar seperti gambar di atas.

Supaya tidak membosankan, Anda bisa menggunakan karpet berwarna oranye dengan pola yang simpel tapi tetap eyecatching untuk menjadi titik fokal di ruang keluarga. Lalu, gunakan furnitur dan dekorasi bergaya klasik dengan sentuhan minimalis untuk memaksimalkan kesan retro.

Baca Juga: Ini Cara Merawat Lantai Kayu yang Benar Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

Perpaduan warna dan pola

Jika Anda berani memaksimalkan penggunaan warna-warna pada gaya retro, coba tiru interior ruang keluarga yang satu ini. Tidak hanya memadukan warna, pemilik rumah juga berani menggunakan beragam pola yang berbeda di dalam ruang keluarga tersebut.

Menggunakan cat berwarna kuning muda kehijauan pada dinding, pemilik rumah memilih untuk menggunakan furnitur-furnitur yang tidak nyambung dengan warna dan pola yang mencolok. Sofa dan kursi yang digunakan juga terlihat lama, sehingga menekankan unsur nostalgia pada gaya retro.

Kesan klasik sekaligus modern

Walaupun mengambil inspirasi dari gaya dari tahun 1950-an dan 1970-an, Anda masih bisa menggunakan unsur-unsur modern pada ruang keluarga bergaya retro.

Contohnya seperti ruang keluarga di atas. Beberapa furniturnya memiliki desain yang modern dan minimalis, tapi masih ada kesan klasik yang dihadirkan melalui penggunaan dekorasi dan beberapa furnitur lainnya di ruangan tersebut. Perpaduan antara kesan klasik dan modern yang ditambah dengan warna-warna cerah membantu menonjolkan gaya retro pada ruang keluarga itu.

Selanjutnya: Punya Dapur Sempit? Yuk, Ikuti Tips ini untuk Memaksimalkan Ruang di Dalamnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News