Keluarga

7 Jenis Mie yang Paling Enak dan Terkenal di Dunia, Ada Salah Satu yang Anda Suka?

7 Jenis Mie yang Paling Enak dan Terkenal di Dunia, Ada Salah Satu yang Anda Suka?

MOMSMONEY.ID - Mie merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup mengenyangkan dan cukup mudah dibuat. Tak heran apabila mie digemari oleh berbagai orang di seluruh dunia.

Ada begitu banyak jenis-jenis mie di dunia. Tapi kali ini, MomsMoney akan menyajikan 7 jenis mie yang paling terkenal di antaranya.

Merangkum dari laman Tasting Table dan Times of India, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Salad Dressing Terlezat untuk Berbagai Sajian

Mie telur

Mie telur merupakan jenis mie paling umum yang digunakan pada banyak masakan Asia.

Mie telur ini terbuat dari campuran telur dan gandum. Bentuknya beragam, mulai dari tebal, tipis, pipih, bulat, basah, hingga kering.

Udon

Udon adalah jenis mie yang juga terkenal di dunia. Udon atau yang lebih dikenal sebagai mie Jepang terbuat dari tepung terigu putih dengan bentuk mie yang tebal dan tekstur kenyal.

Mie udon merupakan salah satu komponen penting dalam masakan di wilayah Selatan Jepang. Biasanya udon disajikan pada masakan berjenis sup.

Baca Juga: Perbedaan Saus Tiram dan Saus Bumbu Rasa Tiram, Mana yang Lebih Enak?

Soba

Soba juga merupakan jenis mie klasik dari Jepang. Soba terbuat dari bahan gandum hitam, sehingga menghasilkan warna mie yang kecoklatan.

Mie soba dapat digunakan dalam berbagai hidangan panas maupun dingin.

Spaghetti

Selanjutnya ada spaghetti, yakni salah satu jenis mie yang paling terkenal di dunia. Seperti yang sudah diketahui, spaghetti terbuat dari gandum keras yang dibentuk menjadi untaian panjang.

Tom Yum Spaghetti

Melansir dari Mi’Talia Kitchen, “Spaghetti” berasal dari kata “Spago” yang artinya tali atau benang. Di Italia, mie spaghetti dimasak sampai Al Dente atau bertekstur agak kenyal dan tak terlalu lembek/lembut.

Baca Juga: Kecap Asin vs Kecap Ikan, Berikut 4 Perbedaannya

Shirataki

Shirataki merupakan mie yang juga popular di dunia. Mie ini merupakan jenis mie sehat karena terbuat dari tanaman konjak yang tipis dan tembus pandang.

Mie shirataki merupakan mie rendah kalori dengan serat yang tinggi, sehingga cocok dikonsumsi saat sedang melakukan diet.

Baca Juga: Yakiniku dan Teriyaki, Ini Dia Perbedaan Kedua Menu Kuliner Khas Jepang Tersebut

Bihun

Bihun atau rice vermicelli merupakan salah satu jenis mie yang terbuat dari tepung beras dan bentuknya sangat tipis. Warnanya putih, namun tak secerah Soun.

Bihun memiliki bentuk yang kasar dan tidak semulus jenis mie lainnya. Bihun juga sangat mudah patah. Biasanya bihun disajikan di berbagai masakan Asia, terutama Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Baca Juga: Perbedaan Ragam Kuliner Jepang: Sushi, Sashimi, Maki hingga Nigiri

Kwetiaw

Mie kwetiaw atau Flat rice noodle merupakan jenis mie yang juga terbuat dari tepung beras, namun dengan bentuk yang lebih pipih dan lebar.

Mie kwetiaw ini sangat terkenal di kawasan Asia, terutama Asia Tenggara, yakni di Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News