HOME, Keluarga

Yakiniku dan Teriyaki, Ini Dia Perbedaan Kedua Menu Kuliner Khas Jepang Tersebut

Yakiniku dan Teriyaki, Ini Dia Perbedaan Kedua Menu Kuliner Khas Jepang Tersebut

MOMSMONEY.ID - Sering mendengar kata “Teriyaki” dan “Yakiniku” namun tak tahu apa artinya? Coba simak artikel berikut ini untuk mendapatkan penjelasannya, yuk!

Baik Teriyaki maupun Yakiniku, keduanya merupakan istilah-istilah yang sering hadir dalam masakan Jepang, terutama jika Anda penggemar daging.

Agar lebih jelas mengenai perbedaan keduanya, mari simak artikel di bawah ini. Dirangkum dari Eattology dan MamaSuka, berikut perbedaan Yakiniku dan Teriyaki!

Baca Juga: Perbedaan Saus Tiram dan Saus Bumbu Rasa Tiram, Mana yang Lebih Enak?

Beda arti

Yakiniku dengan Teriyaki memiliki perbedaan pada jenis hidangan yang disediakan.

Pada dasarnya, kata “Yaki” dalam Yakiniku & Teriyaki, sama-sama memiliki arti “Dibakar” atau “Dipanggang”. Ini menunjukkan bahwa baik Teriyaki maupun Yakiniku merujuk pada metode memasak.

Sementara kata “Niku” pada Yakiniku memiliki arti “Daging”. Kata “Teri” artinya “Mengkilap”.

Secara keseluruhan, Teriyaki adalah sesuatu yang dipanggang dan mengkilat. Sementara Yakiniku adalah teknik memasak daging panggang atau yang dikenal sebagai Japanese Barbeque.

Baca Juga: Kecap Asin vs Kecap Ikan, Berikut 4 Perbedaannya

Definisinya

Setelah mengetahui makna per kata, kita harus mengatahui makna definisi dari Yakiniku dan Teriyaki.

Yakiniku didefinisikan sebagai teknik memasak daging dengan cara dibakar dengan menggunakan metode Japanese Barbeque.

Sementara Teriyaki didefinisikan sebagai teknik memasak makanan Jepang dengan cara dipanggang/dibakar serta dilapisi dengan kecap atau mirin.

Baca Juga: 4 Perbedaan Utama Mentega dan Margarin, Mulai dari Tekstur hingga Kegunaan

Perbedaan saus yang digunakan

Saus yang digunakan pada Teriyaki dan Yakiniku pada dasarnya hampir sama. Keduanya terbuat dari kecap. Tapi yang membedakan keduanya sebenarnya adalah bahan tambahannya.

Saus Yakiniku dibuat dari kecap asin, mirin, gula, bawang putih, minyak wijen, dan biji wijen sangrai. Ciri khas Yakiniku ini ada pada biji wijennya yang dapat menambah rasa unik pada saus.

Saus Teriyaki dibuat dari shoyu atau kecap asin, gula, dan mirin. Pada hidangan Teriyaki, daging terlebih dahulu dimarinasi dalam saus teriyaki. Hasil akhirnya, daging jadi mengkilap karena telah direndam.

Saus teriyaki tak hanya berfungsi sebagai bahan perendam saja, tapi juga sebagai bahan olesan untuk sate.

Baca Juga: Perbedaan Ragam Kuliner Jepang: Sushi, Sashimi, Maki hingga Nigiri

Perbedaan daging

Di Jepang, terdapat perbedaan daging yang dipilih pada hidangan Yakiniku dan Teriyaki.

Daging dalam menu Yakiniku biasanya adalah daging ayam, sapi, babi, hingga daging ikan samon dan cakalang. Sementara daging dalam menu Teriyaki adalah daging sapi, cumi, ikan, ayam, babi, dll.

Yang membedakan keduanya adalah jika bahan Teriyaki dipotong-potong setelah dipanggang, sementara bahan Yakiniku dipotong sebelum dipanggang.

Baik Yakiniku maupun Teriyaki memiliki bahan pelengkap berupa sayuran untuk dipanggang.

Baca Juga: 4 Jenis Saus Masakan yang Cocok untuk Berbagai Jenis Hidangan

Perbedaan rasa dan tekstur

Saus yakiniku bertekstur cair, emiliki warna coklat yang sedikit samar & tak terlalu pekat, serta didominasi oleh rasa gurih dengan sedikit rasa asin dan aroma wijen yang kuat.

Sementara saus teriyaki bertekstur lebih kental karena adanya karamelisasi gula dan tepung maizena, didominasi oleh rasa manis, dan sangat cocok bagi Anda yang tak suka makanan pedas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News