HOME, Keluarga

6 Tips Mencuci dan Merawat Baju Putih Supaya Tetap Awet dan Kinclong

6 Tips Mencuci dan Merawat Baju Putih Supaya Tetap Awet dan Kinclong

MOMSMONEY.ID - Pakaian atau baju putih merupakan salah satu fashion item yang sifatnya paling mendasar, sehingga menjadi barang wajib bagi setiap orang.

Walaupun termasuk pakaian dasar, baju putih membutuhkan pencucian dan perawatan yang cermat. Pasalnya, baju putih mudah sekali memudar atau menguning, sehingga mengurangi masa pakainya.

Kedengarannya sulit, tapi merawat baju putih bukan hal yang mustahil, kok. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk merawat baju putih supaya awet dan tetap kinclong walaupun sudah berkali-kali digunakan. Yuk, simak tipsnya di bawah!

Baca Juga: Segar Bagai di Laut, Ini Dia Inspirasi Kamar Mandi Minimalis Warna Tosca

Pisahkan baju putih dan berwarna

Dilansir dari The Spruce, memisahkan baju putih dan berwarna merupakan langkah paling mendasar untuk menjaga kualitas baju Anda. Sebab, pakaian berwarna dapat melunturkan warnanya pada baju putih jika dicuci bersamaan, sehingga membuat pakaian putih Anda kusam.

Hindari mengisi mesin cuci terlalu penuh

Ketika mencuci baju, mungkin Anda tergiur untuk langsung mencuci banyak pakaian dalam sekali waktu. Namun, mesin cuci yang diisi terlalu penuh dapat menyebabkan baju putih Anda tidak bersih dengan sempurna. Karena terlalu penuh, kotoran dari baju tidak akan terbilas dengan bersih sehingga membuat proses pencucian tidak maksimal.

Cuci baju putih setelah dipakai satu atau dua kali

Dikutip dari Cheatsheet.com, baju putih yang dibiarkan terlalu lama tanpa dicuci dapat terlihat kotor dan menguning akibat tumpukan keringat dan kotoran dari tubuh. Sebaiknya, cuci baju putih Anda setelah dipakai satu atau dua kali untuk menghindari hal tersebut.

Baca Juga: 4 Inspirasi Ruang Keluarga Warna Abu-Abu yang Cozy dan Sejuk

Gunakan deterjen seperlunya

Jika memungkinkan, gunakan deterjen dengan formula khusus untuk baju putih. Lalu, gunakan deterjen sesuai takaran karena penggunaan deterjen yang berlebihan dapat meninggalkan residu yang membuat baju putih Anda makin kotor.

Jangan tunda membersihkan noda

Jika baju putih Anda terkena noda, segera bersihkan saat itu juga. Jika tidak memungkinkan untuk dicuci segera, tekan-tekan dengan air untuk membantu mengurangi noda pada baju. Membersihkan noda dengan segera dapat menghindarkan Anda dari noda yang membandel pada pakaian.

Rendam dulu sebelum mencuci baju yang sangat kotor

Adakalanya baju putih Anda sangat kotor akibat aktivitas berat seperti olahraga atau berkebun. Sebelum memasukannya ke mesin cuci, ada baiknya Anda merendam baju tersebut lebih dulu. Merendam baju kotor dapat membantu melepaskan kotoran dan mempermudah proses pencucian nantinya.

Itulah beberapa tips untuk mencuci dan merawat baju putih Anda. Bagaimana, tipsnya cukup mudah kan? Selamat mempraktikkan!

Selanjutnya: Supaya Tempat Tidur Terlihat Estetik, Yuk Gunakan 7 Benda Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News