Keluarga

6 Tips Masak Cepat untuk Persingkat Waktu di Dapur, Cocok Ditiru Para Moms

6 Tips Masak Cepat untuk Persingkat Waktu di Dapur, Cocok Ditiru Para Moms

MOMSMONEY.ID - Moms pasti malas memasak makanan yang ribet, bukan? Agar memasak jadi hal yang mudah, mari tiru tips masak cepat untuk persingkat waktu memasak.

Persingkat waktu memasak ternyata tak sulit dilakukan. Perlu banyak trik dimulai dari persiapan bahan hingga pada saat proses memasak dilakukan. Selain itu, Moms juga dapat memilih resep masakan yang singkat dan praktis.

Untuk lebih lanjut, mari simak tips masak cepat, yang dilansir dari Palmia dan The Kitchn, berikut ini.

Baca Juga: Ingin Bisa Masak? Ikuti 5 Tips untuk Pemula yang Ingin Belajar Masak

Siapkan ide masakan

Agar bisa persingkat waktu memasak, tips masak cepat yang pertama dimulai dengan menyiapkan ide masakan. Sebaiknya, persiapkan ide sejak semalam, agar ketika pagi tiba, Anda tak lagi kebingungan ingin masak apa untuk keluarga.

Pilih resep yang praktis

Meski sudah dipersiapkan sejak semalaman, namun belum tentu masakan yang ingin Moms buat bisa dimasak dalam waktu singkat.

Maka dari itu, pilihlah resep yang praktis dan dapat dibuat dalam waktu singkat. Pastikan juga masakan tersebut punya nilai gizi yang seimbang agar kebutuhan gizi keluarga tetap terpenuhi.

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Bikin Memasak Jadi Lebih Mudah dan Masakan Enak

Siapkan bahan-bahan

Setelah punya ide masakan, maka siapkan bahan-bahannya. Pastikan semua bahan yang ingin digunakan telah tersedia di depan mata.

Jangan sampai Anda kehabisan bahan masakan atau bahkan bumbu dasar karena bisa berakibat fatal bagi masakan yang Anda buat.

Biasakan diri Anda untuk selalu menyimpan stok bumbu siap saji seperti bumbu nasi goreng instan, bumbu sayur sop instan, dan sebagainya, agar Moms bisa masak cepat.

Baca Juga: Pengguna Air Fryer, Ini 7 Makanan yang Tak Cocok Dimasak dalam Air Fryer

Gunakan peralatan masak elektronik

Tips Masak Cepat, Persingkat Waktu Memasak

Peralatan masak elektronik tak hanya mempermudah proses memasak, tapi juga dapat mempersingkat waktu memasak.

Maka dari itu, tips masak selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan masak seperti food processor, blender, mixer, microwave, ataupun slow cooker.

Sederet peralatan masak di atas punya banyak fungsi yang akan mempersingkat waktu Moms saat memasak. Jadi pastikan alat-alat di atas ada di rumahmu, terutama microwave dan food processor.

Baca Juga: 4 Metode Food Pairing Buah yang Hasilkan Rasa Mewah di Mulut

Masak sekaligus

Apabila Moms sangat sibuk dan hanya punya sedikit waktu luang, maka usahakan untuk memasak sekaligus dalam jumlah banyak.

Cara ini dinilai lebih menghemat waktu dibandingkan memasak sedikit-sedikit dan dalam frekuensi yang sering.

Dengan memasak banyak, maka makanan sisa masih bisa dimasukkan ke dalam kulkas agar awet. Agar bisa dimakan kembali, jangan lupa hangatkan masakan Anda.

Baca Juga: Perbedaan 6 Jenis Susu Sapi Berdasarkan Tekstur, Rasa, hingga Kandungan Gizinya

Jadilah multitasking

Tips persingkat waktu memasak bisa dilakukan dengan menjalankan kemampuan multitasking.

Pada saat Moms sedang memanaskan wajan, maka Moms bisa memotong/mencincang bumbu dan bahan makanan. Hal ini dilakukan agar ketika wajan telah panas, bumbu-bumbu siap dimasukkan.

Sayangnya cara ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang telah terbiasa memasak. Namun bagi pemula, hal ini cukup sulit dilakukan.

Itulah sederet tips persingkat waktu memasak yang bisa Moms tiru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News