Keluarga

Perbedaan 6 Jenis Susu Sapi Berdasarkan Tekstur, Rasa, hingga Kandungan Gizinya

Perbedaan 6 Jenis Susu Sapi Berdasarkan Tekstur, Rasa, hingga Kandungan Gizinya

MOMSMONEY.ID - Ada begitu banyak jenis susu sapi. Meski sama-sama dihasilkan dari sapi, tetapi jenis susu berikut ini memiliki nilai gizi hingga rasa yang berbeda-beda.

Perbedaan ini terletak dari penghilangan atau penambahan enzim serta bahan tertentu pada susu yang akan dihasilkan.

Bagi Anda yang masih bingung, mari simak 6 jenis susu sapi yang dilansir dari Instacart, Frisian Flag, Gonna Need Milk, hingga Ashitaki, selengkapnya.

Baca Juga: Susu Kental Manis vs Susu Evaporasi, Ini 3 Perbedaannya dari Rasa hingga Tekstur

Susu murni

Susu murni atau whole milk dikenal dengan sebutan lain berupa susu full cream. Jenis susu inilah yang kerap dianggap sebagai “susu biasa” karena masih mengandung gizi utuh, termasuk lemaknya.

Lemak pada susu murni sebenarnya tak terlalu besar, yakni sekitar 3,25% dari beratnya.

Namun ada pula kandungan nutrisi lainnya yang bermanfaat seperti 150 kalori dan 8 gram lemak yang memenuhi 12% gizi dari nilai harian gizi yang dibutuhkan.

Karena masih mengandung lemak utuh, maka susu murni atau susu full cream ini punya cita rasa gurih, serta bertekstur kental.

Baca Juga: Perbedaan Susu Biasa, Susu Low Fat, dan Susu Skim, Mana yang Lebih Baik?

Susu rendah lemak

Reduce fat milk atau yang lebih dikenal sebagai Susu Rendah Lemak memiliki kandungan lemak yang hanya sebesar 2% saja dari total berat susu. Rasa susu ini tergolong lebih ringan daripada susu lainnya.

Susu rendah lemak memiliki gizi dengan nilai 130 kalori, 8 gram protein, dan 5 gram lemak.

Susu skim

Susu Sapi

Susu skim merupakan jenis susu yang tidak mengandung lemak sama sekali (lemak 0%). Susu skim kerap kali diminum oleh orang-orang yang melakukan diet ketat.

Susu ini memiliki tekstur yang encer, serta biasanya ditambahkan perasa ataupun susu bubuk agar rasanya sedikit lebih gurih & bertekstur.

Meski lemaknya sedikit, namun kandungan protein dalam susu skim sama besarnya seperti jenis susu lainnya. Hanya saja lemak dan kalorinya terbilang cukup rendah.

Baca Juga: Punya Karakter Rasa Berbeda, Ini 5 Jenis Susu yang Cocok Dipadukan Bersama Kopi

Susu organik

Jenis susu organik mungkin jarang terdengar gaungnya. Namun susu organik cukup diminati oleh banyak orang.

Susu organik diambil dari sapi yang tidak diberi hormon tambahan, tidak diberi antibiotik, serta hanya makan rumput yang diberi pestisida organik. Nantinya sapi-sapi ini akan menghasilkan susu organik.

Susu organik yang diberi makan rumput mengandung 147% Omega-3 jauh lebih tinggi daripada susu konvensional.

Baca Juga: Kurang Kalsium? Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi dari Susu

Susu bebas laktosa

Susu bebas laktosa terbuat dari susu sapi asli, tetapi dengan satu perbedaan, yakni dengan menambahkan enzim tertentu.

Jenis susu bebas laktosa diciptakan karena ada segelintir orang yang tidak toleran terhadap laktosa. Laktosa itu sendiri merupakan komponen gula pada susu.

Pada orang yang intoleran laktosa, biasanya komponen gula dalam susu akan mengendap dalam pencernaan dan menimbulkan masalah pencernaan.

Maka untuk membuat susu bebas laktosa, ditambahkanlah enzim Laktase yang fungsinya memecah laktosa dalam susu. Meski ditambahkan enzim laktase, namun susu bebas laktosa tidak berdampat pada rasa maupun tekstur susu tersebut.

Baca Juga: 5 Food Combining yang Sehat dan Cocok Dikombinasikan dengan Daging

Raw milk

Raw milk atau susu mentah merupakan jenis susu yang diperah langsung dari sapi. Jenis susu ini belum melalui tahap pasteurisasi, sehingga masih mengandung banyak bakteri dan belum aman untuk diminum.

Itu dia berbagai jenis susu sapi yang punya nilai gizi hingga tekstur berbeda-beda. Sekarang, Anda bisa gunakan rtikel ini sebagai referensi sebelum memilih jenis susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News