Keluarga

6 Makanan Korea Utara yang Bikin Penasaran, Ada Pyeongyang Naengmyeon Juga

6 Makanan Korea Utara yang Bikin Penasaran, Ada Pyeongyang Naengmyeon Juga

MOMSMONEY.ID - Meski dikenal sebagai negara paling tertutup di dunia, namun ada beberapa jenis makanan Korea Utara yang pastinya akan bikin Anda penasaran.

Sebenarnya makanan Korea Utara tak berbeda jauh dari makanan Korea Selatan. Sebab, kedua negara ini telah berbagi tradisi selama bertahun-tahun sebelum akhirnya berpisah.

Walau begitu, tetap ada perbedaan di antara makanan Korea Utara dan Selatan. Berikut MomsMoney hadirkan 6 makanan Korea Utara yang dilansir dari Lacademie, selengkapnya.

Baca Juga: Garlic Salt dan Garlic Powder, Ini Sederet Perbedaan Fungsi dalam Masakan

Sungo-guk khas Sungai Taedong

Sungo-guk atau Sup Ikan Belanak merupakan makanan Korea Utara yang sangat terkenal.

Sup Ikan Belanak ini berasal dari ikan belanak abu yang banyak tersebar di Sungai Taedong yang membelah ibukota Korea Utara, Pyongyang.

Penduduk lokal biasa mengonsumsi Sungo-guk pada musim dingin karena ikan belanak subur saat musim tersebut.

Sungo-guk juga dikonsumsi sebagai menu perayaan penyambutan bagi keluarga yang berhasil pulang dari Pyongyang setelah selesai wamil.

Baca Juga: Suka Bikin Sambal Sendiri? Ini 4 Cara Bikin Sambal Awet Tahan Lama

Kimchi khas Korea Utara

Kimchi Khas Korea Utara

Meski kimchi dikenal oleh dunia sebagai makanan khas Korea Selatan, namun nyatanya Korea Utara pun punya jenis kimchinya tersendiri.

Ada jenis-jenis kimchi khas Korea Utara yang sangat terkenal.

Kimchi khas Korea Utara ini memiliki warna merah yang lebih terang, tidak terlalu pedas, tetapi rasanya lebih tajam daripada jenis kimchi khas Korea Selatan.

Sama seperti di Selatan, makanan Korea Utara yang satu ini juga jadi menu pendamping yang wajib dihidangkan setiap kali akan makan.

Baca Juga: 7 Jenis Mie yang Paling Enak dan Terkenal di Dunia, Ada Salah Satu yang Anda Suka?

Pyeongyang Naengmyeon

Pyeongyang Naengmyeon makanan korea utara

Anda wajib mencoba mie soba khas Pyongyang. Mie yang lebih dikenal sebagai Mul Naengmyeon atau Pyeongyang Naengmyeon merupakan jenis mie soba berkuah yang disajikan secara dingin.

Pyeongyang Naengmyeon selalu disajikan bersama dongchimi atau sejenis kimchi dingin dan irisan telur rebus.

Baca Juga: 6 Perbedaan Gula Aren, Gula Jawa, dan Gula Merah yang Harus Anda Ketahui

Hoe Naengmyeon

Hoe Naengmyeon

Selain Pyeongyang Naengmyeon, adapun makanan Korea Utara lainnya yang wajib Anda coba, yakni Hoe Naengmyeon atau mie soba pedas.

Jika Pyeongyang Naengmyeon adalah mie soba versi berkuah, maka Hoe Naengmyeon adalah mie soba versi kering yang dicampur dengan saus pedas gochujang.

Hoe Naengmyeon sangat terkenal di wilayah Hamhung, kota terbesar kedua di Korea Utara. Di kota ini, Hoe Naengmyeon disajikan dengan irisan ikan mentah yang telah dimarinasi. Sebab, kota Hamhung terkenal akan seafoodnya yang segar-segar.

Baca Juga: 6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Makan di Prasmanan

Pyongyang Onban

Nasi khas Pyongyang atau Pyongyang Onban adalah salah satu makanan Korea Utara yang wajib dicoba.

Pyongyang Onban biasa disajikan saat perayaan penting. Menu makanan Korea Utara ini begitu simpel karena hanya terdiri atas nasi putih, ayam suwir, dan jamur kering.

Desas-desus mengatakan bahwa menu Pyongyang Onban tercipta dari seorang ibu rumah tangga miskin yang ingin menyiapkan bekal untuk suaminya di penjara. Karena keterbatasan ekonomi, sang ibu rumah tangga tersebut hanya mengocok bahan makanan sisa sehingga terciptalah Pyongyang Onban.

Baca Juga: 4 Kunci Utama Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih Sebagai Bumbu Masakan

Dudubap

Dudubap Makanan Korea Utara

Ada makanan Korea Utara yang bentuknya begitu mirip dengan Baso Tahu khas Bandung, loh! Nama makanan ini adalah Dudubap.

Jika Baso Tahu Bandung adalah tahu goreng yang diisi sedikit aci, maka Dudubap adalah makanan Korea Utara berupa tahu goreng dengan isian nasi.

Dudubap itu sendiri merupakan makanan Korea Utara yang sangat terkenal baik bagi keluarga lokal maupun wisatawan internasional.

Penduduk lokal biasa menyantap Dudubap ini sebagai menu sarapan cepat. Dudubap paling enak disantap bersama saus gochujang sebagai cocolan.

Itulah aneka makanan Korea Utara yang unik dan bikin Anda penasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News