Keluarga

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Makan di Prasmanan

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Makan di Prasmanan

MOMSMONEY.ID - Saat pergi ke pesta pernikahan, hampir selalu ada makanan yang disediakan secara prasmanan. Tak jarang kita semua kalap dan mengambil berbagai jenis makanan yang disediakan.

Namun ternyata, tak semua makanan prasmanan bisa Anda konsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari demi kesehatan tubuh.

Jenis makanan apa sajakah itu? Merangkum dari laman Showbiz Cheat Sheet, She Knows, dan Times of India, simak artikel ini selengkapnya!

Baca Juga: Makanan Terlalu Manis? Gunakan Tips Ini untuk Perbaiki Cita Rasa Masakan

Makanan yang digoreng

Stik Tempura Ikan

Makanan yang digoreng adalah makanan yang disarankan untuk dihindari saat makan di prasmanan. Pasalnya, makanan yang digoreng mengandung lemak yang tinggi dan sedikit manfaat kesehatan.

Selain itu, kita belum tentu tahu apakah minyak yang dipakai untuk menggoreng masih layak atau tidak. Belum lagi minyak yang masih menempel pada permukaan makanan yang tak ditiriskan dengan benar.

Baca Juga: Cara Mudah Pakai Sumpit untuk Makan Mie ala Orang Korea

Tauge

Tauge juga termasuk ke dalam jenis makanan yang harus dihindari saat makan di prasmanan.

Meski tauge termasuk makanan yang menyehatkan, namun tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang paling sulit dibersihkan. Ini akan membuat tauge rentan terhadap bakteri yang dibawa oleh makanan.

Baca Juga: 4 Alasan Cepat Mengantuk Setelah Makan dan Cara Mencegahnya

Makanan mentah

Makanan mentah juga harus dihindari saat makan di prasmanan. Makanan mentah akan terjaga kesegarannya apabila ditempatkan di ruangan bersuhu dingin. Jika tidak, makanan mentah akan rentan terhadap virus dan bakteri.

Aneka jenis makanan mentah ini termasuk salmon, tuna, dll.

Nasi goreng

Nasi Goreng Kampung Ala Hotel

Nasi goreng merupakan salah satu menu utama yang wajib ada di prasmanan. Tapi tahukah Anda bahwa nasi goreng prasmanan sarat dengan kalori ekstra berkat banyaknya minyak untuk menggoreng nasi sekaligus?

Minyak inilah yang akan merusak kesehatan karena mengandung lemak jenuh yang akan merusak kesehatan jantung. Selain itu, ada risiko bahwa nasi goreng akan mengering karena diletakkan di dalam panci prasmanan selama berjam-jam.

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Lari Sore untuk Anda yang Super Sibuk

Homemade ice cream

Hindarilah mengonsumsi homemade ice cream pada prasmanan. Ini karena homemade ice cream terbuat dari telur mentah.

Jika panitia prasmanan tidak menyimpan homemade ice cream itu dengan benar, maka homemade ice cream dapat dihinggapi aneka jenis bakteri berbahaya yang dapat meracuni tubuh.

Baca Juga: Cara Terbaik Simpan 6 Bahan Makanan Ini agar Tetap Segar dan Tak Busuk

Hidangan berbahan dasar krim

Makanan selanjutnya yang harus dihindari saat makan di prasmanan adalah hidangan yang berbahan dasar krim.

Hidangan seperti sup krim hingga pasta dengan saus krim memiliki lemak jenuh yang tinggi dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika anda ingin mengambil pasta, disarankan utnuk mengambil saus merah dan bukan saus putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News