HOME, Keluarga

6 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Merapikan Rumah

6 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Merapikan Rumah

MOMSMONEY.ID - Merapikan dan menata rumah merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan supaya rumah terasa nyaman untuk ditempati.

Sekilas, merapikan dan menata rumah memang terdengar simpel. Walaupun begitu, masih banyak orang yang melakukan kesalahan-kesalahan tertentu sehingga seisi rumah malah makin berantakan.

Tidak mau ‘kan, rumah terlihat makin berantakan karena tidak merapikannya dengan benar? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui kesalahan apa saja yang sering terjadi saat merapikan dan menata rumah.

Baca Juga: Mau Mencoba Decluttering? Ini Tips Mudahnya untuk Pemula

Hanya menumpuk barang-barang dengan rapi

Terkadang, orang-orang merasa rumahnya sudah cukup terorganisir hanya karena menumpuk barang-barang tertentu di suatu tempat dengan rapi.

Melansir Bobvila, pemikiran ini tidak akan membuat rumah benar-benar rapi karena tumpukan barang hanya dirapikan sekadarnya. Jadi, supaya rumah Anda rapi dengan sempurna, simpan barang-barang tersebut atau singkirkan jika sudah tidak terpakai.

Menyimpan barang-barang yang tidak terpakai

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, banyak orang yang merapikan rumah dengan cara menyimpan barang-barang yang tidak terpakai karena merasa sayang.

Kenyataannya, tidak semua barang-barang tersebut akan benar-benar terpakai, sehingga membuat rumah makin sumpek dan sesak. Jadi, lebih baik Anda menyingkirkan barang-barang tersebut dengan cara dibuang, dijual, maupun disumbangkan. Rumah Anda pun akan lebih lega dan dapat menampung barang lainnya yang lebih berguna.

Membeli beragam wadah dan label

Ketika melihat foto-foto rumah yang tertata rapi dengan berbagai wadah dan label, mungkin Anda tergoda untuk melakukan hal yang sama. Akhirnya, Anda pun membeli beragam wadah dan label yang terlihat estetik.

Padahal, tidak semua wadah dan label itu nantinya akan bermanfaat, bahkan dapat berakhir menjadi sampah. Dikutip dari Real Simple, Anda bisa mulai merapikan rumah terlebih dahulu, barulah menentukan wadah-wadah apa saja yang dibutuhkan untuk barang yang akan disimpan.

Baca Juga: Tak Ingin Rumah Terlihat Norak? Hindari 6 Kesalahan Dekorasi Ini

Tidak mengukur tempat untuk menyimpan barang

Walaupun terdengar sepele, nyatanya Anda perlu mengukur area yang akan digunakan untuk menyimpan barang. Mengutip Huffpost, hal ini akan membantu  menciptakan tampilan rumah yang lebih tertata setelah selesai dirapikan.

Jika tempat atau wadah-wadah tertentu tidak dapat memuat barang yang disimpan, tentu rumah akan terlihat penuh.

Baca Juga: Awas, Jangan Gunakan Cuka untuk Membersihkan Benda-Benda Ini!

Merapikan banyak tempat sekaligus

Satu kesalahan yang kerap dilakukan orang-orang adalah mencoba untuk merapikan banyak tempat sekaligus dalam satu waktu. Hal ini tentu dapat menimbulkan rasa kewalahan sehingga Anda cepat lelah dan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dengan efisien.

Untuk menghindari hal tersebut, buatlah rencana mengenai area mana saja yang perlu dirapikan terlebih dahulu, dan fokus di tempat tersebut sampai rapi dengan sempurna. Setelahnya, barulah dapat melanjutkan di tempat lain.

Tidak menjaga kerapian rumah

Merapikan rumah bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan sesekali. Justru, jika  ingin rumah selalu terlihat rapi, Anda perlu menjaga kerapian tersebut dengan baik.

Misalnya, luangkan waktu selama beberapa menit dalam satu hari untuk merapikan dan membersihkan tempat-tempat tertentu di rumah. Hal ini akan membantu membangun kebiasaan baik dalam menjaga dan merawat rumah.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat merapikan dan menata rumah. Yuk, mulai hindari kesalahan tersebut dari sekarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News