HOME, Keluarga

Mau Mencoba Decluttering? Ini Tips Mudahnya untuk Pemula

Mau Mencoba Decluttering? Ini Tips Mudahnya untuk Pemula

MOMSMONEY.ID - Jika Anda senang mengikuti konten seputar kebersihan rumah, pasti Anda sudah akrab dengan metode decluttering untuk merapikan rumah.

Dikutip dari Waste4Change, decluttering adalah kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai dan tidak berguna (clutter) yang memenuhi rumah kita.

Walaupun terdengar simpel, kenyataannya decluttering dapat terasa merepotkan dan mengintimidasi. Jadi, bagaimana caranya supaya decluttering bisa dilakukan dengan mudah?

Nah, jika Anda termasuk pemula dalam metode decluttering, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kegiatan yang satu ini terasa lebih ringan. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Mengenal Metode Decluttering, Cocok untuk Merapikan Rumah Minimalis!

Mulai dari hal yang kecil

Dilansir dari laman Becoming Minimalist, Anda bisa memulai kebiasaan decluttering dengan mulai melakukan hal kecil dahulu, seperti membersihkan rumah selama 5 menit, menyingkirkan satu barang setiap hari, atau menyingkirkan satu barang setiap kali membeli barang baru.

Buat checklist

Mengutip Homes and Gardens, membuat checklist dapat membantu Anda melakukan decluttering dengan lebih efisien. Sebagai langkah awal, buat checklist mengenai prioritas ruangan di rumah yang perlu dirapikan, lalu lanjutkan membuat checklist untuk area di ruangan tersebut yang perlu diurus terlebih dahulu.

Sisihkan waktu untuk decluttering

Anda perlu menyisihkan waktu khusus untuk melakukan decluttering. Jika Anda sudah terbiasa membersihkan rumah selama 5 menit, Anda bisa menyisihkan waktu hingga 10-30 menit, bahkan 1 jam. Hal ini akan membantu Anda untuk fokus dan melakukan decluttering dengan cepat.

Baca Juga: Dianggap Bawa Sial dalam Feng Shui, Jangan Letakkan Tanaman Hias di Area Ini

Siapkan wadah untuk menyortir barang

Salah satu kegiatan utama saat melakukan decluttering adalah menyortir barang-barang yang ada di rumah. Untuk memudahkan kegiatan ini, siapkan beberapa wadah atau kontainer dengan label berbeda, misalnya wadah untuk sampah, wadah untuk barang yang akan disumbangkan, hingga wadah untuk barang yang akan disimpan.

Pertimbangkan beberapa hal saat menyortir barang

Dikutip dari Apartment Therapy, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan saat menyortir barang Anda. Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan apakah barang tersebut masih layak digunakan, apakah masih diperlukan, atau apakah barang tersebut membuat Anda bahagia.

Baca Juga: Ada Banyak Sinar Matahari di Rumah? Ini Cara Memanfaatkannya

Foto sebelum dan sesudah

Sebelum dan sesudah melakukan decluttering, sempatkan untuk memotret area yang dibersihkan. Dengan melihat area yang bersih tersebut, Anda akan termotivasi untuk lebih sering melakukan decluttering di rumah sehingga akan terasa lebih ringan.

Jangan ragu meminta bantuan

Jika Anda merasa decluttering cukup merepotkan, jangan ragu untuk meminta bantuan dari teman atau keluarga. Selain membuat decluttering lebih ringan, Anda akan memiliki teman untuk membantu menentukan barang apa saja yang perlu disimpan atau disingkirkan.

Itulah beberapa tips mudah untuk pemula yang baru akan mencoba melakukan decluttering. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News